ARTIKEL PENGGUNAAN MODEL MNEMONIK DENGAN MEDIA LCD PROYEKTOR UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR IPS KELAS V SEMESTER II SD NEGERI 2 BANDUNGREJO KALINYAMATAN TAHUN 2013 ?óÔé¼ÔÇ£ 2014

Nariswati Asriyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan meningkatkan keaktifan dan hasil belajar IPS dengan
menggunakan model mnemonik dengan media LCD proyektor bagi siswa kelas V
semester II SD Negeri 2 Bandungrejo tahun 2013 ?óÔé¼ÔÇ£ 2014.
Penelitian ini dilaksanakan bersiklus, bertempat di SD Negeri 2 Bandungrejo
Kecamatan Kalinyamatan Kabupaten Jepara. Adapun subyek penelitian adalah siswa
kelas V SD Negeri 2 Bandungrejo dengan jumlah siswa sebanyak 30 siswa, yang terdiri
16 siswa laki ?óÔé¼ÔÇ£ laki dan 14 siswa perempuan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran dengan
menggunakan model mnemonik dengan media LCD proyektor dapat meningkatkan
keaktifan dan hasil belajar siswa. Hal ini terbukti dari hasil belajar siswa pada
pelaksanaan penelitian. Pada kondisi awal menggunakan teknik konvesional hasil nilai
ulangan harian rata ?óÔé¼ÔÇ£ rata 54,7 dengan tingkat ketuntasan mencapai 30%. Pada siklus I
hasil belajar meningkat menjadi nilai rata ?óÔé¼ÔÇ£ rata 70,6 dengan tingkat ketuntasan
mencapai 67 %.Kemudian pada siklus II mencapai hasil rata ?óÔé¼ÔÇ£ rata 77,3 dengan tingkat
ketuntasan mencapai 80 %.
Kata kunci : model mnemonik, media LCD proyektor

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26877/sasindo.v1i2/septembe.680

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





Sasindo: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Prodi PBSI FPBS UPGRIS didistribusikan di bawah Lisensi Creative Commons 4.0.

© 20132025, Prodi PBSI FPBS Universitas PGRI Semarang