POLA INTERAKSI DAN IMPLIKATUR PERCAKAPAN DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI GRUP WHATSAPP PADA MASA PANDEMI COVID-19 KELAS X TKRO 1 SMK NEGERI 2 KENDAL TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Neneng Kurniasih

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pola interaksi, implikatur percakapan, dan frekuensi kemunculannya dalam pembelajaran bahasa Indonesia di Grup WhatsApp pada Masa Pandemi Covid-19 kelas X TKRO 1 SMK Negeri 2 Kendal tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Data dalam penelitian ini berupa tuturan guru dan peserta didik dalam pembelajaran bahasa Indonesia di Grup WhatsApp. Pengumpulan data dilakukan dengan metode simak dan teknik catat. Analisis data menggunakan metode padan ekstralingual dengan teknik dasar Pilah Unsur Penentu (PUP) dan teknik lanjutan, yaitu teknik HBS, teknik HBB, dan teknik HBSP. Berdasarkan hasil identifikasi data, analisis pola interaksi dan implikatur percakapan dalam pembelajaran bahasa Indonesia di Grup WhatsApp ditemukan bahwa frekuensi kemunculan terbanyak, yakni pola interaksi satu arah sebanyak 56,25% dan pelanggaran prinsip kesantunan pada bidal keperkenanan sebanyak 18,75%.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26877/sasindo.v8i2.6821

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





Sasindo: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Prodi PBSI FPBS UPGRIS didistribusikan di bawah Lisensi Creative Commons 4.0.

© 20132025, Prodi PBSI FPBS Universitas PGRI Semarang