WAYANG KARDUS SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MENGONVERSI NASKAH DRAMA UNTUK SMP

Muhammad Rifa’i; Sri Suciati; Siti Fatimah

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang variatif dan inovatifnya pembelajaran drama bagi siswa, terutama pada siswa kelas VIII J SMP N 3 Mranggen. Siswa kurang berminat dalam mengikuti kegiatan pembelajaran dan berakibat pada kurang maksimalnya pemahaman yang diterima oleh siswa terutama dalam mengonversi naskah drama. Pemilihan wayang sebagai media pembelajaran dirasa sangat tepat untuk menarik antusiasme siswa ketika belajar mengajar, sehingga materi pembelajaran lebih mudah dipahami. Maka digunakanlah media wayang kardus dalam pembelajaran pengonversian naskah drama pada siswa kelas VIII J SMP N 3 Mranggen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif (qualitative research). Pemerolehan data mengggunakan gabungan metode observasi, wawancara dengan guru dan siswa, serta dokumentasi. Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah kelas VIII J SMP Negeri 3 Mranggen yang berjumlah 35 siswa. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 27 November 2017. Anaisis akhir Penerapan Media Wayang Kardus dalam Pembelajaran Mengonversi Naskah Drama menunjukan peningkatan antusiasme selama proses pembelajaran, respon yang yang posisitif dari siswa, serta ketercepaian hasil belajar berupa kemampuan siswa dalam mengonversi cerpen menjadi naskah drama. Saran yang dapat peneliti sampaikan adalah guru sebagai fasilitator dituntut mampu menyajikan pembelajaran yang variatif dan inovatif  menyenangkan dan mampu merangsang antusias dan semangat siswa dalam setiap kegiatan belajar mengajar.

Keywords


Kata kunci : Media Wayang, Pembelajaran Drama, Mengonversi Naskah

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.






ISSN   : 2461-0011

e-ISSN: 2461-0283

Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Program Pascasarjana UPGRIS