Eksperimentasi Model Discovery Learning dan Problem Based Learning Materi Usaha dan Energi Menggunakan Schoolgy Ditinjau Dari Sikap Ingin Tahu Siswa SMA
Abstract
Abstrak. Penulisan makalah ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui ada dan tidaknya perbedaan hasil belajar kognitif antara model pembelajaran Discovery Learning dan Problem Based Learning pada materi Usaha dan Energi menggunkan Schoology ditinjau dari sikap ingin tahu siswa. (2) Mengetahui ada dan tidaknya perbedaan pengaruh antara sikap ingin tahu siswa tingkat tinggi, sedang, dan rendah terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi Usaha dan Energi. (3) Mengetahui ada dan tidaknya interaksi pengaruh antara model pembelajaran Discovery Learning dan Problem Based Learning menggunakan Schoology dengan sikap ingin tahu siswa terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi Usaha dan Energi. Penelitian ini menggunakan metode eksperimental semu (Quasi eksperimental) dengan desain faktorial 2x3. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas X SMA Negeri 5 Surakarta tahun pelajaran 2020/2021. Sampel terbagi dalam 2 kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama. Berdasarkan hasil analisis diperoleh kesimpulan bahwa: (1) Ada perbedaan pengaruh antara penggunaan model pembelajaran Discovery Learning dan Problem Based Learning menggunakan Schoology terhadap hasil belajar kognitif siswa materi Usaha dan Energi. (2) Ada perbedaan pengaruh antara sikap ingin tahu siswa kategori tinggi, sedang, dan rendah terhadap kemampuan kognitif siswa pada materi Usaha dan Energi. (3) Tidak ada interaksi pengaruh antara model pembelajaran Discovery Learning dan Problem Based Learning menggunakan Schoology dengan sikap ingin tahu siswa terhadap hasil belajar kognitif siswa SMA pada materi Usaha dan Energi.
Â
Kata kunci: Model pembelajaran, sikap ingin tahu siswa, hasil belajar kognitif
Full Text:
PDFReferences
Sun L, Tang Y, & Zuo W 2020 Coronavirus pushes education online Nature Materials 19 687 DOI: https://doi.org/10.1038/s41563-020-
Bao W 2020 COVID-19 and online teaching in higher education : A case study of Peking University Hum. Nehav. & Emerg. Tech. 2 p 113-115 DOI: https://doi.org/10.1002/hbe2.191
Basilaia G & Kvavadze D 2020 Transition to Online Education in Schools during a SARS-CoV-2 Coronavirus (COVID-19) Pandemic in Georgia Pedagogical Research 5(4) DOI: https://doi.org/10.29333/pr/7937
Sapriya 2009 Pendidikan IPS Konsep dan Pembelajaran (Bandung: Remaja Rosda karya)
Depdiknas 2006 Permendiknas No 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi (Jakarta : Depdiknas)
Effendi L A 2012 Pembelajaran matematika dengan model penemuan terbimbing untuk meningkatkan kemampuan representasi dan pemecahan masalah matematis siswa SMP Jurnal Penelitian Pendidikan 13(2).
Ratumanam 2015 Inovasi Pembelajaran (Yogyakarta: Ombak)
Glazer E 2001 Problem Based Instruction, in M Orey (Ed.) Emerging Perspective on Learning, Teaching, and Technology.
Asyari M, Al Muhdhar M H, & Ibrohim H S 2016 Improving Critical Thinking Skills Through The Integration of Problem Based Learning And Group Investigation International Journal for Lesson and Learning Studies 5(1) p 36-44.
Arends L. Richard 2008 Learning to Teach (Yogyakarta: Pustaka Pelajar)
Ameliah I H, Munawaroh M, & Muchyidin A 2016 Pengaruh Keingintahuan dan Rasa Percaya Diri Siswa terhadap Hasil belajar Matematika Kelas VII MTs Negeri I Kota Cirebon EduMa 5(1) p 9-21
Kemendiknas 2010 Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa (Jakarta:Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum. Universitas Negeri Yogyakarta, 2 (2) p 213-224)
Ulum D F, Maridib, & Yudi R 2015 Pengaruh Model Pembelajaran Guided Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Biologi di SMA Negeri 2 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2013/2014 Jurnal Pendidikan Biologi 7 (2) p 68-79
Henita, Mashuri & Margana 2019 Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Rasa Ingin Tahu Siswa Kelas XII IPA 2 SMAN 5 Semarang PRISMA: Prosiding Seminar Nasional Matematika p 79-83
Asih D A S 2017 Pengaruh Penggunaan Fasilitas Belajar di Lingkungan Alam Sekitar Terhadap Keterampilan Proses Sains Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA 7(1) p 13–21 DOI: https://doi.org/10.30998/formatif.v7i1.1331
Giancoli DC 2011 Fisika. Edisi Kelima Jilid 1 (Jakarta: Penerbit Erlangga)
Yuliani H 2017 Pembelajaran fisika menggunakan media animasi Macromedia Flash – MX dan gambar untuk meningkatkan pemahaman konsep mahasiswa Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-BiRuNi 6(1) p 13-21 DOI: 10.24042/jpifalbiruni.v6i1.596
Mustofa Z, Sutopo, & Mufti N 2016 Pemahaman Konsep Siswa SMA Tentang Usaha dan Energi Mekanik Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA Pascasarjana UM 1 p 519–528.
Gunawan I, Hui L K, Ma'sum M A, & Sukawati N N 2020 Enhancing Learning Effectiveness by Using Online Learning Management System. Proceedings - 2020 6th International Conference on Education and Technology, ICET 2020 p 48–52 DOI: https://doi.org/10.1109/ICET51153.2020.9276553
Aminoto T & Pathoni H 2014 Penerapan Media E-Learning Berbasis Schoology untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Materi Usaha dan Energi di Kelas XI SMA N 10 Kota Jambi Jurnal Sainmatika 8(1) p 13–21
Budiyono 2004 Statistik untuk Penelitian (Surakarta: UNS Press)
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta.
Nasrudin J 2019 Metodelogi Penelitian Pendidikan (Bandung: PT. Kencana. Terra Firma)
Gusmalisa D 2015 Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Geografi di SMA Negeri 1 Merapi Barat Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Geografi 3(4) p 1–8
Fitria E 2023 Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Pencemaran Lingkungan di SMA Negeri 2 Ternate Jurnal Bioedukasi 6(2) p 345–350
Wahyudi R, Rukmini D, & Bharati D A L 2019 Developing Discovery Learning-Based Assessment Module to Stimulate Critical Thinking and Creativity of Students' Speaking Performance English Education Journal 9(2) p 172–180 DOI: https://doi.org/10.15294/eej.v9i2.28992
Diyah Hartina D D, Haryanto Z, Romadon Ningrum M V, & Goma E I 2021 Perbedaan Hasil Belajar Menggunakan Model Discovery Learning Dan Problem Based Learning Pada Materi Posisi Strategis Indonesia Sebagai Poros Maritim Dunia Jurnal Georafflesia: Artikel Ilmiah Pendidikan Geografi 9(1) p 1–9.
Aji H W 2018 Pengaruh Disiplin Belajar dan Rasa Ingin Tahu terhadap Prestasi Belajar IPA Kelas V Sekolah Dasar
Slameto P 2010 Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya (Jakarta: Rineka Cipta)
DOI: https://doi.org/10.26877/lpt.v3i3.20201
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Lontar Physics Today

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright of Lontar Physics Today ISSN 2828-0970 (online)
Gedung Utama GU.2.01 FPMIPATI, Universitas PGRI Semarang
Jl. Lontar No. 1-Dr. Cipto, Kampus 1 UPGRIS, Semarang
Email:Â [email protected]