Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Kelas VII SMP Swasta Al Manar Materi Gerak Dan Gaya

Siti Nurhidayati Parinduri, Suci Hati, Putri Zakiah, Dwi Novita Sari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemahaman konsep siswa kelas VIII SMP Swasta Al-Manar pada materi gerak dan gaya. Subjek penelitian terdiri dari 23 siswa. Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan instrumen tes yang mencakup soal essay, yang dirancang untuk mengukur indikator pemahaman seperti menyatakan ulang konsep, mengklasifikasikan objek, menerapkan konsep dalam pemecahan masalah. Hasil analisis menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan pemahaman konsep siswa berada pada kategori cukup dengan nilai rata-rata 80. Indikator dengan penguasaan tertinggi adalah mengklasifikasikan objek dan menerapkan konsep dalam pemecahan masalah, sedangkan menyatakan ulang konsep memiliki persentase terendah. Temuan ini menunjukkan perlunya pengembangan strategi pembelajaran yang lebih efektif untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep gerak dan gaya.

Full Text:

PDF

References


Sasmita P R, Sakdiah H, & Hartoyo Z 2020 Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Interactive Lecture Demonstrations (ILDs) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Fisika Siswa Silampari Jurnal Pendidikan Ilmu Fisika 2(1) p 55–65 DOI:10.31540/sjpif.v2i1.931

Pertiwi C M, Muliyati D, & Serevina V 2016 Rancangan Tes dan Evaluasi Fisika yang Informatif dan Komunikatif pada Materi Kinematika Gerak Lurus Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika 2(1) p 81–88 DOI: 10.21009/1.02112

Dani R, Latifah N A, & Putri S A 2019 Penerapan Pembelajaran Berbasis Discovery Learning Melalui Metode Talking Stick Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Gerak Lurus EduFisika 4(2) p 24–30 DOI: 10.22437/edufisika.v4i02.6058

Ubaidillah M 2018 Metode Field Trip Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Fisika Dan Mengakses Keterampilan Proses Sains Scholar.Archive.Org 6(2)93–103

Elisa E, Mardiyah A, & Ariaji R 2017 Peningkatan Pemahaman Konsep Fisika Dan Aktivitas Mahasiswa Melalui Phet Simulation PeTeKa 1(1) p 15-20 DOI: doi.org/10.31604/ptk.v1i1.15-20

Azizah Z, Taqwa M R A, & Assalam I T 2020 Analisis Pemahaman Konsep Fisika Peserta Didik Menggunakan Isntrumen Berbantukan Quizizz Edu Sains Jurnal Pendidikan Sains & Matematika 8(2) p 1–11

DOI: 10.23971/eds.v8i2.1707

Yulisa Y, Hakim L, & Lia L 2020 Pengaruh Video Pembelajaran Fisika Terhadap Pemahaman Konsep Siswa SMP Jurnal Luminous: Riset Ilmiah Pendidikan Fisika 1(1) DOI: 10.31851/luminous.v1i1.3445

Sasmita P R, & Hartoyo Z 2020 Pengaruh Pendekatan Pembelajaran STEM Project Based Learning terhadap Pemahaman Konsep Fisika Siswa Silampari Jurnal Pendidikan Ilmu Fisika 2(2) p 136–148

DOI: 10.31540/sjpif.v2i2.1081

Puri R A & Perdana R 2023 Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Fisika Peserta Didik SMA Di Bantul Pada Materi Fluida Statis Dan Upaya Peningkatannya Melalui Model Pembelajaran Visualization Auditory Kinesthetic MAGNETON: Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika UNWIRA 1(2) p 93–101 DOI: 10.30822/magneton.v1i2.2463

Sari E M & Yudhanegara M R 2023 Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas Ix Dalam Menyelesaikan Soal Materi Lingkaran Judika (Jurnal Pendidikan Unsika) 11(2) p 177–195

DOI: 10.35706/judika.v11i2.8497




DOI: https://doi.org/10.26877/lpt.v4i1.21586

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Lontar Physics Today

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Copyright of Lontar Physics Today ISSN 2828-0970 (online)


Gedung Utama GU.2.01 FPMIPATI, Universitas PGRI Semarang
Jl. Lontar No. 1-Dr. Cipto, Kampus 1 UPGRIS, Semarang
Email: [email protected]

View My Stats