TREN PENGGUNAAN SOFTWARE TRACKER DALAM FISIKA: SYSTEMATIC-REVIEW
Abstract
Abstrak. Penggunaan teknologi dalam pendidikan fisika terus berkembang, salah satunya adalah Software Tracker, perangkat lunak yang memungkinkan analisis gerak berbasis video dengan akurasi tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tren pemanfaatan Tracker Software dalam bidang fisika sebelum dan sesudah pandemi COVID-19, serta menganalisis distribusi topik penelitian yang menggunakan teknologi ini. Sebanyak 25 artikel dipilih melalui pencarian di database Scopus menggunakan kata kunci "Tracker Software" dan "Using Tracker", kemudian dianalisis untuk mengelompokkan fokus penelitian berdasarkan topik utama. Hasil analisis menunjukkan bahwa mayoritas penelitian menggunakan Tracker dalam pendidikan fisika (34.6%) dan fisika mekanika (26.9%), mendukung pembelajaran dan eksperimen untuk menganalisis gerak dan dinamika. Selain itu, aplikasi Tracker juga ditemukan pada fisika fluida (15.4%), fisika osilasi (11.5%), fisika optik dan magnetisme (7.7%), serta bidang biofisika dan astrofisika masing-masing sebesar 3.8%. Perbandingan sebelum dan sesudah pandemi menunjukkan peningkatan signifikan dalam jumlah penelitian, dari 43.5% sebelum pandemi (2016–2019) menjadi 56.5% setelah pandemi (2020–2023). Lonjakan ini mencerminkan respons terhadap kebutuhan pembelajaran jarak jauh selama pandemi, di mana Tracker menjadi solusi efektif untuk menggantikan praktikum laboratorium. Kesimpulannya, Tracker Software telah membuktikan fleksibilitasnya dalam mendukung berbagai penelitian dan pembelajaran fisika. Namun, terdapat peluang untuk memperluas penggunaannya pada bidang-bidang yang masih kurang tereksplorasi, seperti biofisika dan astrofisika, guna memaksimalkan potensi teknologi ini dalam pendidikan dan penelitian fisika.
Kata kunci: Tracker, physics, sistematis-review
Full Text:
PDFReferences
Rodrigues M and Carvalho P S 2014 Teaching optical phenomena with Tracker Physics Education 49 (6) DOI: 10.1088/0031-9120/49/6/671
Amoroso A & Rinaudo M 2018 Study of oscillatory motion using smartphones and tracker software Study of oscillatory motion using smartphones and tracker software J. Phys.: Conf. ser. 1076 012013 DOI: 10.1088/1742-6596/1076/1/012013
Wee L K, Chew C, Goh G H, Tan S and Lee T L 2012 Using Tracker as a Pedagogical Tool for Understanding Projectile Motion Physics Education 47(4) DOI: 10.1088/0031-9120/47/4/448
Muliyati D Septiningrum A D, Ambarwulan D, and Astra I M 2020 The Development of Guided Inquiry Student Worksheet using Tracker Video Analysis for Kinematics Motion Topics J. Phys. Conf. Ser. 1491 012062 DOI: 10.1088/1742-6596/1491/1/012062
Prima E C, Winarno N, Mawaddah M, and Sriwulan W 2016 Kinematics Investigations of Cylinders Rolling Down a Ramp Using Tracker AIP Conf. Proc. 070010 p 1-6 DOI: 10.1063/1.4941183
Tiandho Y 2021 Practicum implementation for kinematics using tracker: solutions for practicum implementation during the COVID-19 pandemic J. Phys. Conf. Ser. 1816 012104 DOI: 10.1088/1742-6596/1816/1/012104
Fianti, Listiagfiroh W and Susilo 2020 Video tracker analysis: a strategy for measuring students' communication and collaboration skills J. Phys. Conf. Ser. 1567 022019 DOI: 10.1088/1742-6596/1567/2/022019
Akhlis I, Syaifurrozaq M, Sugiyanto, Marwoto P, Iswari R S 2020 The determination of fluid viscosity using tracker-assisted falling ball viscosimeter J. Phys. Conf. Ser. 1567 042102 DOI: 10.1088/1742-6596/1567/4/042102
Trimayanti E, Khtimah S N, Wibobo I, and Viridi 2021 Determination of Motility and Charge Type of Mencit Sperm (Mus musculus) Through Study of Exposure to Electrical Fields J. Phys. Conf. Ser. 1949 012021 DOI: 10.1088/1742-6596/1949/1/012021
Habibbulloh M, Anggaryani M, Satriawan M, Saputra O, Zakaria A & Septiawan F 2023 A Suitability of Torricelli’s Theorem Formulation in Cases of Leaking Reservoirs with Video Analysis Tracker J. Phys. Conf. Ser. 2623 012021 DOI: 10.1088/1742-6596/2623/1/012021
Azhar T A N et al 2021 Video analysis of basketball throws for parabolic motion learning materials J. Phys. Conf. Ser. 1816 012077 DOI: 10.1088/1742-6596/1816/1/012077
Suárez A, Baccino D, & Marti A C 2019 An experiment to address conceptual difficulties in slipping and rolling problems arXiv:1904.12758
Souza V D P et al 2022 Experimental study of coupled oscillations on a Slinky Wilberforce pendulum Rev. Bras. Ensino FÃs. 44 DOI: 10.1590/1806-9126-RBEF-2022-0037
Amoroso M R A 2018 Study of oscillatory motion using smartphones and tracker software IOP Conf. Series: Journal of Physics: Conf. Series 1076 012013 DOI :10.1088/1742-6596/1076/1/012013
Rodrigues M, Marques M B and Carvalho P S 2015 Measuring and teaching light spectrum using Tracker as a spectrometer Proc. of SPIE DOI: 10.1117/12.2223120
Aguilar-MarÃn P and Chavez-Bacilio M 2018 Using analog instruments in Tracker video-based experiments to understand the phenomena of electricity and magnetism in physics education European Journal of Physics 39(3) 1–18 DOI: 10.1088/1361-6404/aaa8f8
Rufino G and Accardo D 2017 An effective procedure to operate tests of star tracker software routines using a sensor model Proc. SPIE 10569 DOI: 10.1117/12.2307885
Pratidhina E, Rosana D, Kuwanto H 2021 Implementation of a Tracker-Assisted Modeling Activity in an Online Advanced Physics Experiment Course Int. J. Phys. Educ. 8(2) p 222–229 DOI: 10.20448/journal.509.2021.82.222.229
DOI: https://doi.org/10.26877/lpt.v3i3.21878
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Lontar Physics Today

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright of Lontar Physics Today ISSN 2828-0970 (online)
Gedung Utama GU.2.01 FPMIPATI, Universitas PGRI Semarang
Jl. Lontar No. 1-Dr. Cipto, Kampus 1 UPGRIS, Semarang
Email:Â [email protected]