Tren Penelitian IoT dalam Pembelajaran Berbasis STEM pada Pendidikan Fisika: Bibliometric Analysis

Algi Nurahman Miladanta, Chaerul Rochman, Yulia Sukmawardani, Ade Yeti Nuryantini

Abstract


Penelitian ini mengkaji tren penerapan Internet of Things (IoT) dalam pembelajaran fisika berbasis STEM. Tujuannya adalah untuk menelusuri perkembangan penelitian dalam konteks pendidikan serta mengungkap pola kolaborasi dan dampak ilmiahnya. Metode analisis bibliometrik digunakan dengan bantuan Publish or Perish (PoP) dan VOSviewer untuk mengumpulkan data kutipan, memetakan tren topik, dan memvisualisasikan jejaring kolaborasi. Analisis dari Google Scholar dan Scopus menunjukkan peningkatan minat terhadap integrasi IoT dalam pendidikan STEM, meskipun masih menghadapi tantangan dalam hal visibilitas dan dampak penelitian. Hasil temuan menegaskan pentingnya penguatan fokus pada implementasi IoT dalam pembelajaran fisika dan peningkatan kerja sama antara peneliti. Penelitian selanjutnya direkomendasikan untuk lebih menekankan aspek penerapan, memperluas kolaborasi, serta meningkatkan kontribusi riset terhadap perkembangan pendidikan STEM.


 

Kata kunci: Internet of Things, Pembelajaran Fisika, STEM, Bibliometrik



Full Text:

PDF

References


Ainun F P, Mawarni H S, Sakinah L, Lestari N A dan Purna T H 2022 Identifikasi Transformasi Digital Dalam Dunia Pendidikan Mengenai Peluang dan Tantangan di Era Disrupsi J. Kewarganegaraan 6, 1570–1580.

Manurung L M I, Sukoco Y C dan Sinuhaji M S C 2024 Mengapa Perspektif Kurikulum STEAM penting di abad ke-21? J. Pembelajaran IPA Terpadu PELITA 4, 47–56.

Guan N H, Bunyamin M A H dan Khamis N 2020 Perspectives of STEM Education from Physics Teachers’ Points of View: A Quantitative Study Univers. J. Educ. Res. 8, 72–82.

Puspitasari E, Dwi Aristya Putra P dan Handayani R D 2021 Pengembangan Buku Ajar Fisika Berbasis Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) pada Pokok Bahasan Suhu dan Kalor di SMA J. Literasi Pendidik. Fis. 2, 44–52.

Viviyanti M 2023 Pendidikan STEM: Mempersiapkan Siswa untuk Masa Depan yang Teknologi- Centric GUAU J. Pendidik. Profesi Guru Agama Islam 3, 207–215.

Habib K, Kai E E T, Saad M H M, Hussain A, Ayob A, dan Ahmad A S S 2021 Internet of Things (IoT) Enhanced Educational Toolkit for Teaching and Learning of Science, Technology, Engineering and Mathematics (STEM) IEEE 11th International Conference on System Engineering and Technology (ICSET) 194–199. doi:10.1109/ICSET53708.2021.9612579.

Abichandani P, Sivakumar V, Lobo D, Iaboni C and Shekhar P 2022 Internet-of-Things Curriculum, Pedagogy, and Assessment for STEM Education: A Review of Literature IEEE Access 10, 38351–38369.

Paolone G, Iachetti D, Paesani R, Pilotti F, Marinelli M and Paolino D F 2022 A Holistic Overview of the Internet of Things Ecosystem IoT 3, 398–434.

Nanade S and Nanade A 2023 Internet of Things (IoT) and Its Important Role In The Progress of Education J. Namibian Stud. Hist. Polit. Cult. 33, 2197–5523.

Ritonga A F, Wahyu S and Purnomo F O 2020 Implementasi Internet of Things (IoT) untuk Meningkatkan Kompetensi Siswa SMK Jakarta 1 Risenologi 5, 1–8.

Puspita J, Gustina G, Wahyono U, Untara K A A, Santoso R dan Ilmianih R 2025 Pengembangan Alat Pendeteksi Banjir Berbasis Internet of Things (IoT) sebagai Media Pembelajaran Fisika untuk Siswa SMA JPFT (Jurnal Pendidik. Fis. Tadulako Online) 12, 169–177.

Liana Y R, Linuwih S and Sulhadi S 2020 The Development of Thermodynamics Law Experiment Media Based on IoT: Laboratory Activities Through Science Problem Solving for Gifted Young Scientists J. Penelit. Pengemb. Pendidik. Fis. 6, 51–64.

Susanti E, Maulidah R A, dan Makiyah Y S 2019 Peran Guru Fisika Di Era Revolusi Industri 4.0 Difraction 1, 48–52.

Alfitroh M I dan Wardana H K 2023 Rancang Bangun Sistem Monitoring Arus, Tegangan, Kecepatan Putar Turbin dan Suhu Berbasis IoT Pada Pembangkit Listrik Tenaga Uap Mini Skala Laboratorium Rekayasa 16, 9–16.

Sharma S, Gupta K and Gupta D 2021 The Amalgamation of Internet of Things and Recommender Systems J. Phys. Conf. Ser. 1969, 012040.

Kurdi M S dan Kurdi M S 2021 Analisis Bibliometrik dalam Penelitian Bidang Pendidikan: Teori dan Implementasi J. Educ. 3, 518–537.

Bardakci S, Soylu M Y, Akkoyunlu B and Deryakulu D 2022 Collaborations, concepts, and citations in educational technology: A trend study via bibliographic mapping Educ. Inf. Technol. 27, 4321–4346.

Susilawati A, Kustiawan I, Rochintaniawati D and Hasanah L 2023 Research Trends About STEM of Internet of Things for Science Teachers: a Bibliometric Analysis J. Eng. Sci. Technol. 18, 41–50.

Susilawati A, Rochintaniawati D, Permanasari A and Kustiawan I 2022 Research Trends About Internet of Things on Science Education: a Bibliometric Analysis J. Eng. Sci. Technol. 17, 17– 24.

Annisa T R and Haryani F F 2023 Internet of Things For Physics Education Future: A Scoping Review SNPF (Seminar Nas. Pendidik. Fis.

Muhammad I and Triansyah F A 2023 Bibliometric Analysis: STEM Research in High Schools (1988-2023) J. Ilmu Pendidik. STKIP Kusuma Negara 15, 102–113.

Khan A, Hassan M K, Paltrinieri A, Dreassi A and Bahoo S A 2020 bibliometric review of takaful literature Int. Rev. Econ. Financ. 69, 389–405.

Ratnasari A and Dwisusanto Y B 2024 Pemetaan Bibliometrik Perkembangan Penelitian Biofilik di Indonesia J. Arsit. ALUR 7, 1–11.

Eck N J V and Waltman L 2023 VOSviewer.

Dewi I S dan Jauhariyah M N R 2021 Analisis Bibliometrik Implementasi Pembelajaran Fisika Berbasis STEM pada Tahun 2011-2021 J. Ilm. Pendidik. Fis. 5, 368.

Supriyadi E, Turmudi, Dahlan J A and Juandi D 2023 Publication Trends from STEAM in Education from Scopus Database: Bibliometric Analysis J. Penelit. Pendidik. IPA 9, 104–111.

Lima C C D, Schlemmer E and Morgado L 2020 Internet das Coisas e Educação: uma revisão sistemática da literatura Res. Soc. Dev. 9, e6039119674.

Ardiyanti F, Ristanto S dan Nuroso H 2022 Pengembangan Bahan Ajar Fisika Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) untuk SMA Kelas X Semester Ganjil Lontar Phys. Today 1, 113–119




DOI: https://doi.org/10.26877/lpt.v4i2.23481

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Lontar Physics Today

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Copyright of Lontar Physics Today  ISSN 2828-0970 (online)


Gedung Utama GU.2.01 FPMIPATI, Universitas PGRI Semarang
Jl. Lontar No. 1-Dr. Cipto, Kampus 1 UPGRIS, Semarang
Email:  [email protected]

View My Stats