Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Self Efficacy Peserta Didik Melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Scratch Pada Materi Gerak Parabola
Abstract
Sebagian pembelajaran fisika di sekolah masih bersifat konvensional, dengan fokus pada pemberian materi dan soal kepada peserta didik. Terdapat modul ajar yang digunakan sudah berbasis Discovery Learning, tetapi implementasinya belum optimal dan kurang memanfaatkan media pembelajaran interaktif. Akibatnya, kemampuan berpikir kritis dan self efficacy peserta didik belum terlatih dengan baik selama proses pembelajaran. Oleh karena itu, diperlukan upaya penyediaan bahan ajar yang dapat mendorong hal itu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan modul ajar berbasis Problem Based Learning dan meningkatkan kemampuan berpikir kritis serta self efficacy peserta didik melalui penerapan model PBL berbantuan Scratch pada materi gerak parabola. Metode yang digunakan adalah eksperimen dengan desain Quasi-Experiment menggunakan teknik One Group Pretest-Posttest. Subjek penelitian terdiri atas 36 siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Mijen Demak, dengan pelaksanaan penelitian pada bulan Oktober hingga November 2024. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul ajar berbasis PBL dengan media Scratch dinyatakan layak digunakan oleh tiga validator ahli dengan skor rata-rata 91,3%. Implementasi model PBL berbantuan media Scratch juga mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik dengan nilai N-Gain sebesar 0,39 termasuk dalam kategori sedang dan tingkat self efficacy peserta didik ke dalam kategori tinggi.
Kata kunci: Berpikir Kritis, Problem Based Learning, Self Efficacy
Full Text:
PDFReferences
Russitta N, Putra I, Wulandari K, & Hasbullah K 2023 Implementasi Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Materi Dinamika Partikel Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik MAN 3 Jombang Proceedings of Life and Applied Sciences 1 p 144-147
Sabono R, Nirahua J, & Sapulete H 2023 Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Monopoli Untuk Meningkatkan Penguasaan Materi Alat-Alat Optik PHYSIKOS Journal of Physics and Physics Education 2(1) p 9-19
Nirahua J & Matulessy D M 2024 Laboratorium Virtual Simulasi PhET Terintegrasi Model Pembelajaran Discovery Learning Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Materi Gerak Parabola PHYSIKOS Journal of Physics and Physics Education 3(1) p 1-9
Saputra D K & Perdana R 2024 Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbantuan 3D Application Scratch Pada Topik Tekanan Hidrostatis MAGNETON: Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika 2(1) p 61-68
Abidah A, Aklima A & Razak A 2022 Tantangan Guru Sekolah Dasar dalam Menghadapi Era Society 5.0. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan 7(2c) p 769-776
Gunada I W, Ismi R, Verawati N N S P & Sutrio S 2023 Analisisis Tes Kemampuan Pemecahan Masalah dan Berpikir Kritis Pada Materi Gelombang Bunyi Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan 8(1) p 489-495
Nuraeni S, Feronika T & Yunita L 2019 Implementasi self-efficacy dan keterampilan berpikir kritis siswa pada pembelajaran kimia di abad 21 Jambura Journal of Educational Chemistry 1(2) p 49-56
Nurlinda E, Azis Z & Nasution M D 2024) Students' Mathematical Reasoning Ability and Self-Efficacy Viewed from the Application of Problem Based Learning and Contextual Teaching and Learning Models Assisted JMEA: Journal of Mathematics Education and Application 3(2) p 54-61
Satriana N, Yusran & Basrul 2019 Perbandingan Penggunaan Aplikasi Scratch dan Macromedia Flash 8 terhadap Minat Belajar Pada Mata Pelajaran Animasi 2D Jurusan Multimedia di SMK Negeri 1 Mesjid Raya Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi 3(1) p 41–49
Aulia S, Zetriuslita Z, Amelia S & Qudsi R 2021 Analisis Minat Belajar Matematika Siswa dalam Menggunakan Aplikasi Scratch pada Materi Trigonometri JURING (Journal for Research in Mathematics Learning) 4(3) p 205–214
Ennis R H 1996 A Critical Thinking Freeman
Burnama N C & Hariyono E 2024 Penerapan E-LKPD Interaktif Berbasis PBL Pada Pembelajaran Fisika Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Kelas X SMA Kartika IV-3 Surabaya IPF: Inovasi Pendidikan Fisika 13(2) p 94-101
Dewi S E & Salirawati D 2023 Pengaruh Penerapan Problem Based Learning Terhadap Self-Efficacy dan Kemandirian Peserta Didik Kelas XI Pada Materi Asam Basa Jurnal Riset Pembelajaran Kimia 8(1) p 24–35
DOI: https://doi.org/10.26877/lpt.v4i2.23551
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Lontar Physics Today

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright of Lontar Physics Today ISSN 2828-0970 (online)
Gedung Utama GU.2.01 FPMIPATI, Universitas PGRI Semarang
Jl. Lontar No. 1-Dr. Cipto, Kampus 1 UPGRIS, Semarang
Email: [email protected]