Penerapan Model Pembelajaran Logan Avenue Problem Solving untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Pada Materi Fluida Dinamis
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan pemecahan masalah pada peserta didik kelas XI MIPA MAN 1 Tasikmalaya menggunakan bantuan model pembelajaran logan avenue problem solving. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Pre-Experimental dengan desain one-group pretest-posttest, peneliti melakukan pengukuran awal (pretest) terhadap keterampilan pemecahan masalah peserta didik, kemudian perlakuan (treatment) berupa penerapan model pembelajaran kepada subyek penelitian berjumlah 32 orang. rata-rata pretest peserta didik adalah sebesar 36, pretest dilakukan sebelum menerapkan model pembelajaran logan avenue problem solving (LAPS-heuristik) dalam kegiatan pembelajaran. Sedangkan nilai rata-rata posttest peserta didik adalah sebesar 75, posttest dilakukan setelah diterapkannya model pembelajaran logan avenue problem solving (LAPS-heuristik) dalam kegiatan pembelajaran. Nilai pretest dan posttest kemudian dianalisis untuk mengukur peningkatan keterampilan pemecahan masalah peserta didik sehingga diperoleh nilai N-gain. Nilai N-gain yang didapatkan adalah sebesar 0.62 yang berada dalam kategori sedang. Oleh karena itu, keterampilan pemecahan masalah peserta didik dapat dikatakan mengalami peningkatan dengan diterapkannya model pembelajaran logan avenue problem solving (LAPS-heuristik).
Kata kunci: pemecahan masalah, logan avenue problem solving (LAPS), fluida dinamis
Abstract. This study aims to determine the improvement of problem-solving skills in class XI MIPA MAN 1 Tasikmalaya students using the help of the Logan Avenue problem-solving learning model. The method used in this study is the Pre-Experimental method with a one-group pretest-posttest design, researchers conducted an initial measurement (pretest) of students' problem-solving skills, then treatment in the form of applying the learning model to 32 research subjects. The average pretest of students is 36, the pretest was conducted before applying the Logan Avenue problem-solving learning model (LAPS-heuristic) in learning activities. While the average posttest value of students is 75, the posttest was conducted after the application of the Logan Avenue problem-solving learning model (LAPS-heuristic) in learning activities. The pretest and posttest values were then analyzed to measure the improvement of students' problem-solving skills to obtain the N-gain value. The N-gain value obtained was 0.62 which is in the moderate category. Therefore, it can be said that students' problem-solving skills have increased with the implementation of the Logan Avenue problem-solving (LAPS-heuristic) learning model.
Keywords: problem solving, logan avenue problem solving (LAPS), fluid dynamics
Full Text:
PDFReferences
Syahputra E 2018 Pembelajaran Abad 21 Dan Penerapannya Di Indonesia Conference: Seminar Nasional Sains, Teknologi, Humaniora dan Pendidikan (SINASTEKMAPAN )1 p 1276–1283.
Aryana I B P 2018 Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kompetensi 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking Dancreative Thinking) Untukmenyongsong Era Abad 21 66(3) p 37–39
Akbar P, Hamid A, Bernard M, & Sugandi A I 2017 Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Disposisi Matematik Siswa Kelas Xi Sma Putra Juang Dalam Materi Peluang Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika 2(1) p 144–153 doi: 10.31004/cendekia.v2i1.62
Susanto R, Sofyan H, Rozali Y A, Nisa M A, Umri C A, Nurlinda B D, Oktafiani O, & Lestari T H 2020 Pemberdayaan Kompetensi Pedagogik Berbasis Kemampuan Reflektif Untuk Peningkatan Kualitas Interaksi Pembelajaran di SDN Duri Kepa 03 International Journal of Community Service Learning 4(2) p 125–138 doi 10.23887/ijcsl.v4i2.25657
Rohmah L P, Hardono S B P, & Yushardi 2018 Analisis kesalahan siswa dalam memecahkan masalah fisika berdasarkan polya pada pokok bahasan fluida statis di SMAN Jember Jurnal Pembelajaran Fisika 7(4) p 328–333, doi: 10.19184/jpf.v7i4.9653
Docktor & Heller H J 2016 Assesing student written problem solution: a problem-solving rubric with aplication to introductory physics Physical review physics education research
Nuraeni A 2018 Penggunaan lembar kegiatan berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi fluida dinamis (Issue July) UIN Sunan Gunung Djati Bandung
Cahyani D P 2020 Analisis Implementasi Model Pembelajaran Logan Avenue Problem Solving (Laps)-Heuristic Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematissiswa skripsi: unpas
Misbahudin D, Rochman C, Nasrudin D, & Solihati I 2018 Penggunaan Power Point Sebagai Media Pembelajaran: Efektifkah? WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika) 3(1) doi: 10.17509/wapfi.v3i1.10939
Novitasari N T, & Shodikin A 2020 Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Logan Avenue Problem Solving (LAPS-Heuristik) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah pada Soal Cerita Barisan dan Deret Aritmetika Jurnal Tadris Matematika 3(2) p 153–162 doi: 10.21274/jtm.2020.3.2.153-162
Agustiana E, Putra F G, & Farida 2018 Pengaruh Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) dengan Pendekatan Lesson Study terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Desimal-Jurnal Matematika 1(1) p 1–6
Nursyarifah R, Rochman C, Nasrudin D, Yuningsih E K, & Latif A 2018 Efektivitas Proses Pembelajaran Fisika Menggunakan Pendekatan Saintifik WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika) 3(2) doi: 10.17509/wapfi.v3i2.13723
Rahayu N, Karso K, & Ramdhani S 2019 Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Keaktifan Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran LAPS-Heuristik IndoMath: Indonesia Mathematics Education 2(2) p 83-94 doi: 10.30738/indomath.v2i2.4536
Purba O N 2017 Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Padamateri Trigonometri Dengan Model Laps-Heuristicpada Kelas X Sma Shafiyyatul Amaliyah Prosiding Seminar Nasional Multidisiplin Ilmu UNA
DOI: https://doi.org/10.26877/lpt.v4i2.23976
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Lontar Physics Today

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright of Lontar Physics Today ISSN 2828-0970 (online)
Gedung Utama GU.2.01 FPMIPATI, Universitas PGRI Semarang
Jl. Lontar No. 1-Dr. Cipto, Kampus 1 UPGRIS, Semarang
Email: [email protected]