PENGARUH PENGUNAAN MEDIA AUGMENTED REALITY TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATERI BAGIAN-BAGIAN TUMBUHAN DAN FUNGSINYA DI SDN KARANGSONO 03 MRANGGEN DEMAK

Andrias Wibowo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media augmented reality terhadap minat belajar siswa kelas IV pada materi bagian-bagian tumbuhan dan fungsinya di SDN Karangsono 03 Mranggen Demak. Jenis penelitian menggunakan pendekatan eksperimen kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SDN Karangsono 03 Mranggen Demak terdiri dari kelas IV A dengan jumlah 26 siswa dan kelas IV B dengan jumlah 27 siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest posttest. Model persamaan diolah dengan menggunakan aplikasi SPSS for windows versi 22. Teknik analisis data menggunakan validitas, reliabilitas dan analisis regresi linier. Dari hasil penelitian diketahui hasil uji independen samples t-test diperoleh nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,042 lebih kecil dari 0,05 maka Ha diterima yang artinya terdapat pengaruh augmented reality positif dan signifikan terhadap minat belajar siswa kelas IV pada materi bagian-bagian tumbuhan dan fungsinya di SDN Karangsono 03 Mranggen Demak. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang didapat disampaikan adalah agar penerapan media augmented reality dapat digunakan sebagai salah satu alternatif guru dalam mengajar.


Keywords


augmented reality, minat belajar siswa

Full Text:

PDF

References


Andriyadi, Anggi. 2011. Augmented Reality With ARToolkit. Bandar Lampung: Augmented Reality Team.

Arsyad, Azhar. 2017. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Azhar, Arsyad. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Fatria, Fita, dan Listari. 2017. “Penerapan Media Pembelajaran Google Drive Dalam.†Jurnal Penelitian Bahasa dan Sastra 2 (1): 138–44.

Hery, Maria Theresia. 2015. “Upaya Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Dengan Menggunakan Penerapan Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif.†Jurnal Ilmiah Edukasi Matematika 1 (1).

Islamuddin, Haryu. 2012. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Mulyani, Sri. 2006. Anatomi Tumbuhan. Yogyakarta: Kanisius.

Mustaqim, Ilmawan. 2016. “Pemanfaatan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran.†Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan 13 (2): 174. https://doi.org/10.1109/SIBIRCON.2010.5555154.

Mustika, Ceppi Gustiar Rampengan, Rheno Sanjaya, dan Sofyan. 2015. “Implementasi Augmented Reality sebagai Media Pembelajaran Interaktif.†Citec Journal 2 (4): 277–91. http://citec.amikom.ac.id/main/index.php/citec/article/view/55%0Ahttp://citec.amikom.ac.id/main/index.php/citec/article/viewFile/55/55.

Pamoedji, Andre Kurniawan, Maryuni, dan Sanjaya Ridwan. 2017. Mudah Membuat Game Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR) dengan Unity 3D. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Samatowa, Usman. 2006. Bagaimana Membelajarkan IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: Direktorat Pendidikan Nasional.

Saputro, Rujianto Eko, dan Dhanar Intan Surya Saputra. 2015. “Pengembangan Media Pembelajaran Mengenal Organ Pencernaan Manusia Menggunakan Teknologi Augmented Reality.†Jurnal Buana Informatika 6 (2): 153–62. https://doi.org/10.24002/jbi.v6i2.404.




DOI: https://doi.org/10.26877/jwp.v5i1.19000

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Andrias Wibowo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Wawasan Pendidikan Journal

ISSN 2807-5714 (Print), ISSN 2807-4025 (Online)

Universitas Persatuan Guru Republik Indonesia Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang

Prasena Arisyanto, S.Pd., M.Pd.
Email: [email protected]

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Â