ANALISIS APLIKASI MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN MATERI DAUR HIDUP HEWAN PADA SISWA KELAS III SD NEGERI 3 SIRAU

Sopiyah Sopiyah, Muhammad Arief Budiman, Mei Fita Asri Untari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media video pembelajaran dalam meningkatkan keaktifan dan hasil belajar Bahasa Indonesia materi Daur Hidup Hewan pada siswa kelas III SD Negeri 3 Sirau. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus. Subjek penelitian adalah 20 siswa kelas III SD Negeri 3 Sirau. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media video pembelajaran dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Keaktifan belajar meningkat dari 57,7% (cukup aktif) pada observasi awal menjadi 82% (sangat aktif) pada siklus II. Sementara hasil belajar meningkat dari rata-rata 66,75 dengan ketuntasan 33,25% pada observasi awal menjadi rata-rata 82 dengan ketuntasan 85% pada siklus II. Dengan demikian, media video pembelajaran efektif digunakan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa

Keywords


Metode Pembelajaran, Media Video Pebelajaran, Hasil Belajar, Keaktifan Belajar

Full Text:

PDF

References


Amaliah, A. (2022). Pengembangan media pembelajaran berbasis video animasi pada materi

daur hidup hewan terintegrasi ayat Al-qur'an pada peserta didik kelas IV di SDN 09

Matekko

Heinich. (1993). Intructional Media and New Technology of Instruction. New York: Memilan

Publishing.

Isdayanti. (2020). Pengembangan media pembelajaran audio visual berbasis Adobe Flash

pada materi daur hidup hewan pada peserta didik kelas IV B SD N Melandang.

Kunandar. (2012). Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan

Kurikulum). Jakarta. Rajawali Pers

Sardiman, A.M. (2011). Interaksi dan Motivasi BelajarMengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Shokheh, dkk.(2017). Peran Guru Sejarah dalam pengembangan Karakter Siswa Melalui

Pembelajaran. Indonesian Journal of History Education. 5(2), 44-51

Sianturi,R (2022) Pengaruh Media Berbasis Video dengan Menggunakan Aplikasi Inshot

Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPA Materi Daur Hidup Hewan Kelas

IV SD N Kemenangan Tani Tahun Ajaran 2021/2022.




DOI: https://doi.org/10.26877/jwp.v5i1.19548

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Sopiyah Sopiyah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Wawasan Pendidikan Journal

ISSN 2807-5714 (Print), ISSN 2807-4025 (Online)

Universitas Persatuan Guru Republik Indonesia Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang

Prasena Arisyanto, S.Pd., M.Pd.
Email: [email protected]

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Â