ANALISIS IMPLEMENTASI PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SEKOLAH DASAR NEGERI KECAMATAN CANDISARI KOTA SEMARANG

Indah Damayanti, Suyitno Suyitno, Eka Sari Setianingsih

Abstract


Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah kurangnya pemahaman guru mengenai projek penguatan profil pelajar Pancasila serta kurangnya sarana dan prasana yang mendukung proses berjalannya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Candisari Kota Semarang. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data menggunakan angket mengenai proses mendesain Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Angket diberikan kepada kepala sekolah di empat Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Candisari Kota Semarang. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan proses mendesain Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di keempat Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Candisari Kota Semarang sudah berjalan dengan baik. Meskipun dalam beberapa tahapan masih belum dilakukan secara menyeluruh. Berdasarkan hasil penelitian dan kesimpulan maka penulis mengajukan saran  bagi sekolah untuk lebih memaksimalkan lagi proses mendesain projek penguatan profil pelajar Pancasila dengan mengadakan seminar dan pelatihan untuk guru sehingga dalam pelaksanaannya dapat berjalan dengan baik dan sesuai.


Keywords


Implementasi, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

References


Astuti, Andarweni & Ambrosius Heri, K. (2023). Pelaksanaan Kegiatan P5 Kurikulum Merdeka Di SD Marsudirini Gedangan Semarang. Jurnal Pendidikan Agama Katekese dan Pastoral (Lumen), 2(1), 126-145. https://doi.org/10.55606/lumen.v2i1.151

Auliah, F., Febriyanti, N., & Rustini, T. (2023). Analisis Hambatan Guru dalam Penerapan Model Problem Based Learning pada Pembelajaran IPS Kelas IV di SDN 090 Cibiru Bandung. Journal on Education, 5(2), 2025-2033. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.846

Mukhid, Abd. (2020). METODOLOGI PENELITIAN PENDEKATAN KUANTITATIF. Surabaya: CV. Jakad Media Publishing.

Nabila, W., Encep Andriana, & Rokmanah, S. (2023). KESULITAN GURU DALAM MENERAPKAN PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SEKOLAH DASAR . Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(5), 2865 - 2874. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i5.2164

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : CV Alfabeta.

Ulandari, Sukma & Desinta Dwi, R. (2023). Implemetasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila sebagai Upaya Menguatkan Karakter Peserta Didik. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 8(2), 116-132. https://doi.org/10.21067/jmk.v8i2.8309




DOI: https://doi.org/10.26877/jwp.v5i1.19770

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Indah Damayanti, Suyitno Suyitno, Eka Sari Setianingsih

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Wawasan Pendidikan Journal

ISSN 2807-5714 (Print), ISSN 2807-4025 (Online)

Universitas Persatuan Guru Republik Indonesia Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang

Prasena Arisyanto, S.Pd., M.Pd.
Email: [email protected]

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Â