KEEFEKTIFAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) BERDIFERENSIASI TERJADAP HASIL BELAJAR IPAS KELAS 4 SDN RACI BATANGAN PATI

Fadhilah Zainatunnisa, Arfilia Wijayanti, Duwi Nuvitalia

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya hasil belajar siswa kelas 4 pada materi IPAS karena kurangnya penggunaan model pembelajaran yang variatif dan penerapan pembelajaran berdiferensiasi pada kurikulum merdeka. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan model project based learning berdiferensiasi terhadap hasil belajar IPAS kelas 4 SDN Raci Batangan Pati. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk desain pre-experimental berupa one-group pretest posttest design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 4 SDN Raci Batangan Pati tahun Pelajaran 2023/2024. Sampel yang diambil adalah 28 siswa dengan menggunakan teknik non-probability sampling dengan jenis simple random sampling. Hasil analisis pada kelas control nilai pretest diperoleh nilai terendah 40 dan nilai tertinggi 80 dengan rata-rata 62,85. Sedangkan nilai posttest memperoleh nilai terendah 60 dan nilai tertinggi 100 dengan rata-rata 87,42. Berdasarkan analisis uji t paired sample T-test diperoleh thitung sebesar 14.332 sedangkan ttabel 2.532 dan taraf signifikan 5% sebesar 55 karena hasil thitung > ttabel jadi H0 ditolak Ha diterima, maka dapat disimpulkan bahwa model project based learning berdiferensiasi efektif terhadap hasil belajar IPAS kelas 4 SDN Raci Batangan Pati.


Keywords


Hasil Belajar, Project Based Learning, Berdiferensiasi

Full Text:

PDF

References


Aszari, E., Nuvitalia, D., & Artharina, F. P. (2024). EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN COOPERTATIVE TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) KELAS IV MATERI WUJUD ZAT DAN PERUBAHANNYA TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS DAN KETERAMPILAN KOLABORASI DI SD N 3 NGAMBAKREJO. Wawasan Pendidikan, 4(1), 32–42. https://doi.org/10.26877/wp.v4i1.16588

Hadiyati, N., & Wijayanti, A. (2017). KEEFEKTIFAN METODE EKSPERIMEN BERBANTU MEDIA BENDA KONKRET TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. In PENDIDIKAN IPA VETERAN (Vol. 1, Issue 1). http://e-journal.ivet.ac.id/index.php/jipva

Jojor, A., & Sihotang, H. (2022). Analisis Kurikulum Merdeka dalam Mengatasi Learning Loss di Masa Pandemi Covid-19 (Analisis Studi Kasus Kebijakan Pendidikan). EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(4). https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3106

Luqyana, N. A., & Wijayanti, A. Keefektifan Model Project Based Learning Berbantu Media Montase Terhadap Hasil Belajar Tematik Siswa Kelas 3 SD Negeri Candi 01 Semarang. JURNAL HANDAYANI PGSD FIP UNIMED, 11(2), 11-21.

Maulana, R. Al, Wijayanti, A., & Huda, C. (2024). KEEFEKTIFAN MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBANTU MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPA TEMA 2 SUBTEMA 1 DI SD NEGERI 4 TAMBAHREJO. Wawasan Pendidikan, 4(1), 212–223. https://doi.org/10.26877/wp.v4i1.17363

Natty, R. A., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2019). PENINGKATKAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Basicedu, 3(4). https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i4.262

Purwowidodo, A., & Zaini, M. (2023). Teori dan Praktik Model Pembelajaran Berdiferensiasi Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar. Yogyakarta: Penebar Media Pustaka, 65.

Putri, R. K., Kusuma W, H., & Ayuningtias W, N. (2023). PENERAPAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA PADA MATERI PANTUN KELAS V SDN ORO-ORO OMBO. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1). https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.8728

Ratumanan, T. G. (2015). Inovasi Pembelajaran. Yogyakarta:Ombak Dua

Slameto. (2010). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta:Rinera Cipta.

Suciani, T., Lasmanawati, E., & Rahmawati, Y. (2018). Pemahaman Model Pembelajaran Sebagai Kesiapan Praktik Pengalaman Lapangan (Ppl) Mahasiswa Program Studi Pendidikan Tata Boga. Media Pendidikan, Gizi, Dan Kuliner, 7(1).

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. CV. Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. CV. Alfabeta.

Sukmadinata, Syaodih, N., & Syaodih Erliana. (2012). Kurikulum dan Pembelajaran Kompetensi.

Suparlan, S. (2019). Teori konstruktivisme dalam pembelajaran. Islamika, 1(2), 79-88.

Tri Wibowo, A., Nuvitalia, D., Wakhyudin, H., & Profesi Guru, P. (n.d.). ANALISIS GAYA BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SD NEGERI SENDANGMULYO 02.

Zhaida Kusumaningrum, A., & Wijayanti, A. (2020). Keefektifan Model Pembelajaran Project Based Learning Berbantu Media Montase Terhadap Hasil Belajar Tematik. 8(3), 364–371.




DOI: https://doi.org/10.26877/jwp.v5i1.19773

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Fadhilah Zainatunnisa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Wawasan Pendidikan Journal

ISSN 2807-5714 (Print), ISSN 2807-4025 (Online)

Universitas Persatuan Guru Republik Indonesia Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang

Prasena Arisyanto, S.Pd., M.Pd.
Email: [email protected]

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Â