ANALISIS FAKTOR PENYEBAB PENGAJARAN CALISTUNG PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI DESA KUTA KECAMATAN BELIK KABUPATEN PEMALANG

Yesi Resmiasih, Khusnul Fajriyah, Singgih Adhi Prasetyo

Abstract


Konteks penelitian yang mendorong penelitian ini adalah ditemukanya pengajaran calistung yang sudah dilakukan oleh orang tua pada anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini bertujuan menganalisis faktor penyebab pengajaran calistung pada anak usia 5-6 tahun. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Tujuan digunakannya metode kualitatif adalah untuk mendapatkan data yang mendalam. Data yang diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari penelitian yang dilakukan menunjukan faktor penyebab pengajaran calistung pada anak usia 5-6 tahun yaitu harapan orang tua, persiapan akademik, perkembangan kognitif anak, pengaruh teknologi, upaya yang sudah dilakukan orang tua dalam pengajaran calistung yaitu dengan menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan, menggunakan alat bantu visual, mengadakan waktu belajar khusus, penggunaan teknologi, mengikuti bimbingan belajar. Simpulan dari penelitian ini yaitu ketika belajar calistung anak antusias semua dalam belajar akan tetapi terkadang anak merasa bosan dalam belajar calistung, anak menyukai belajar yang menarik yaitu belajar dengan bantuan visual, audio visual dan aplikasi pembelajaran calistung yang diunduh oleh orang tua.


Keywords


analisis, faktor penyebab, pengajaran, calistung

Full Text:

PDF

References


Ardiana, R. (2022). Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Majemuk dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 1-12. https://doi.org/10.37985/murhum.v3i1.65 (diakses pada tanggal 25 April 2024)

Haryanti, D., & Tejaningrum, D. (2020). Keaksaraan Awal Anak Usia Dini. Penerbit NEM. (diakses pada tanggal 30 Mei 2024) https://staidarussalamlampung.ac.id/ejournal/index.php/azzahra/article/view/109. (diakses pada tanggal 6 September 2023 pukul 12.30)

Ardiana, R. (2022). Strategi guru dalam mengembangkan kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun di taman kanak kanak. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 1-10. https://doi.org/10.37985/murhum.v3i2.116 (diakses pada 30 November 2023)

Fatimah, S., Herawati, N., & Purwanti, E. (2019). Pengenalan Membaca Permulaan Anak Usia Dini Menggunakan Media Gambar Pada Usia 5-6 Tahun Di Raudlatul Athfal Darul Isitiqomah 2 Karang Anyar. Azzahra: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 53-68.

Hajaratullailah, N. (2023). Upaya guru dalam pembudayaan calistung pada anak usia 4-5 tahun di TK IT Anak Sholeh Mataram (Doctoral dissertation, UIN Mataram). (dikases pada tanggal 6 Maret 2024)

Hanifah, A. Z., Putri, N. B. T., & Hakim, I. (2023). Pentingnya Pengenalan Calistung Terhadap Anak Usia Dini Oleh Pola Asuh Orang Tua Di Desa Cicangkanggirang. Proceedings UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 3(2), 264-276. https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/3021 (diakses pada tanggal 29 Mei 2024)

Hergenhahn, B.R & Olson, Matthew.H. (2008). Theopries Of Learning (Teori Belajar) Edisi Ketujuh. Penerbit Media Grafika. (diakses pada tanggal 1 Agustus 2024)

Humaida, R. T., & Abidin, M. Z. (2021). Penggunaan Media Busy Book Terhadap Kognitif Pengenalan Kemampuan Berhitung pada Anak Usia Dini. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 9(1), 135-156.

DOI: http://dx.doi.org/10.21043/thufula.v9i1.10293 (diakses pada tanggal 6 September 2023 pukul 13.00)

Mahendra, Y., Apriza, B., & Rohmani, R. (2022). Learning Loss Pembelajaran Calistung Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(6), 9294-9303. (diakses pada tanggal 2 Maret 2024)

Muinnah, I. R. (2019). Strategi Pengenalan Calistung Pada Anak Usia Dini Di Sentra Persiapan PAUD Terpadu Alam Berbasis Karakter “Sayang Ibu†Banjarmasin. URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/13372 (diakses pada tanggal 24 September 2023 pukul 08.00)

Mumpuni, A., & Afifah, N. (2022). Analisis Pembelajaran Membaca Dan Menulis Permulaan Siswa Sekolah Dasar. Buletin Ilmiah Pendidikan, 1(2), 73-80.




DOI: https://doi.org/10.26877/jwp.v5i1.19876

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Yesi Resmiasih

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Wawasan Pendidikan Journal

ISSN 2807-5714 (Print), ISSN 2807-4025 (Online)

Universitas Persatuan Guru Republik Indonesia Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang

Prasena Arisyanto, S.Pd., M.Pd.
Email: [email protected]

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Â