PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF TIPE SNOWBALL THROWING BERBANTU MEDIA PAKAPER DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS II SD NEGERI REJOSARI 03

Desy Pita Sari, Intan Rahmawati, Asep Ardiyanto

Abstract


Latar Belakang yang mendorong penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas II SD Negeri Rejosari 03 pada pembelajaran matematika materi perkalian. Hal tersebut disebabkan kurangnya pembelajaran efektif serta model dan media pembelajaran yang kurang bervariasi. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah model pembelajaran Snowball Throwing berbantu media PAKAPER dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas II SD Negeri Rejosari 03?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Snowball Throwing berbantu media PAKAPER dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas II SD Negeri Rejosari 03. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan pendekatan Pre-Experimental Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II SD Negeri Rejosari 03 berjumlah 25 siswa dengan menggunakan teknik sampling yaitu Nonprobability Sampling. Data dalam penelitian ini dieroleh melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Data yang dikumpulkan kemudian dianalisis menggunakan uji-t, yang sebelumnya di uji normalitas awal dan akhir. Dari hasil penelitian rata-rata nilai pretest sebesar 64 dan rata-rata nilai hasil posttest 83. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh rata-rata hasil belajar pretest dan posttest kemudian dianalisis akhir menggunakan uji-t diketahui N=25 didapatkan nilai hitung sebesar 11,199 dan db = 25 + 25-1 maka diperoleh 49 dengan taraf signifikan 1% didapatkan ttabel sebesar 2,679. Maka nilai thitung > ttabel (11,199 > 1,679), sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya, ada perbedaan hasil belajar matematika kelas II SD Negeri Rejosari 03 antara sebelum dan sesudah diterapkan model pembelajaran Snowball Throwing berbantu Media PAKAPER. Dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran Snowball Throwing berbantu Media PAKAPER berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas II SD Negeri Rejosari 03.


Keywords


Snowball Throwing, Media PAKAPER, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Amelia Putri Wulandari, A. A. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Journal on Education Volume 05, No. 02, Januari-Februari 2023, 3928-3936.

Angely Noviana Ramadani, K. C. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Dunia Pendidikan (Studi Literatur). Vol.2, No.6 April 2023, 749 - 756.

Bintang Kasih Lumban Gaol, P. J. (2022). Pengaruh Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Tema Lingkungan Sahabat Kita di Kelas V SD. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran) Volume 6 Nomor 3 Mei 2022, 767 - 782.

Haizatul Faizah, R. K. (2024). Belajar Dan Pembelajaran. Jurnal Basicedu Volume 8 Nomor 1 Tahun 2024 Halaman 466 - 476, 466 - 476.

Meyniar Albina, A. S. (2022). Model Pembelajaran di Adab Ke 21. Volume 16, Nomor 4:939-955 Oktober 2022, 939 - 955.

Setiyawan, H. (2023). Model Pembelajaran Snowball Throwing Di Sekolah Dasar. JPBB: Jurnal Pendidikan, Bahasa dan Budaya Vol.2, No.3 September 2023, 53 - 59.

Susi Sihombing, H. R. (2021). Analisis Minat Dan Motivasi Belajar, Pemahaman Konsep Dan Kreativitas Siswa Terhadap Hasil Belajar Selama Pembelajaran Dalam Jaringan. Volume 4, Nomor 1, Januari-Juni 2021, 41 - 55.

Rahmita Hala, Y. H. (2024). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Trhrowing pada Mata Pelajaran IPS di Kelas IV SDN 1 Mongkoinit Kabupaten Bolaang Mongondow. Journal on Education Volume 06, No. 03, Maret-April 2024, 16899-16907.

Zuyyina Isnaina, M. R. (2022). Peranan Media Audio Visual Pada Keaktifan Bertanya Mata Pelajaran Matematika Kelas 2 SD. JPM UIN Antasari Vol. 09 No. 1 Januari – Juni 2022, 38 - 50.

Pane, Aprida, and Muhammad Darwis Dasopang. "Belajar dan pembelajaran." Fitrah: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman 3.2 (2017): 333-352.




DOI: https://doi.org/10.26877/jwp.v5i1.19961

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Desy Pita Sari, Intan Rahmawati, Asep Ardiyanto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Wawasan Pendidikan Journal

ISSN 2807-5714 (Print), ISSN 2807-4025 (Online)

Universitas Persatuan Guru Republik Indonesia Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang

Prasena Arisyanto, S.Pd., M.Pd.
Email: [email protected]

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Â