KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN NHT BERBANTU MEDIA INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPAS PADA SISWA KELAS V SD NEGERI SELOKARTO 01
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran NHT berbantu media interaktif terhadap hasil belajar mata pelajaran IPAS pada siswa kelas V SD Negeri Selokarto 01. Dengan menggunakan model NHT (Numbered Head Together), penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis eksperimen. Desain penelitian ini menggunakan pre experimental design dengan menggunakan one-group pretest-posttest design yang digunakan dalam satu kelompok subjek. Sampel yang digunakan dalam penelitian  ini adalah 23 siswa kelas V SD Negeri Selokarto 01. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian setelah mendapat perlakuan menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dilihat dari hasil pretest dan posttest. Nilai rata-rata pretest yaitu 42,7 dan posttest sebesar 77,9. Hal ini dibuktikan dengan diperoleh thitung = 16.87148374 dan untuk mengetahui ttabel dengan nilai signifikan 5% didapatkan nilai ttabel sebesar 2.073873068. Jadi nilai thitung > ttabel yang artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran NHT berbantu media interaktif efektif terhadap hasil belajar mata pelajaran IPAS pada siswa kelas V SD Negeri Selokarto 01.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Awang, I. S. (2015). KESULITAN BELAJAR IPA PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR. Kesulitan Belajar, 6(2).
Bujuri, D. A. (2018). Analisis Perkembangan Kognitif Anak Usia Dasar dan Implikasinya dalam Kegiatan Belajar Mengajar. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 9(1), 37. https://doi.org/10.21927/literasi.2018.9(1).37-50
Diah Purwati, N. L. P., Wibawa, I. M. C., & Margunayasa, I. G. (2019). Pengaruh Numbered Head Together Berbantuan Gambar Terhadap Penguasaan Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 2(3), 282. https://doi.org/10.23887/jp2.v2i3.19275
Habib, A., Astra, I. M., & Utomo, E. (2020). Media Pembelajaran Abad 21: Kebutuhan Multimedia Interaktif Bagi Guru dan Siswa Sekolah Dasar. JARTIKA : Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan, 3(1), 25–35. https://doi.org/10.36765/jartika.v3i1.20
Nourhasanah, F. Y., & Aslam, A. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 5124–5129. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.3050
Pahlevi, A., Damayani, A. T., & . K. (2019). Keefektifan Model NHT (Numbered Heads Together) Berbantu Media Sapuan Terhadap Hasil Belajar Matematika. International Journal of Elementary Education, 3(1), 9. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i1.17278
Pandu, R., Purnamasari, I., & Nuvitalia, D. (2023). Pengaruh Pertanyaan Pemantik Terhadap Kemampuan Bernalar Kritis dan Hasil Belajar Peserta Didik. Pena Edukasia, 1(2), 127–134.
Rahma, R. A., Azizah, M., & Damayani, A. T. (2023). KEEFEKTIFAN MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBANTU MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS KELAS IV SDN SENDANGGUWO 02 KOTA SEMARANG. DIMENSI PENDIDIKAN Universitas PGRI Semarang, 19(1), 57–68.
Salsabila, Q. N., Faradita, M. N., & Afiani, K. D. A. (2023). Analısıs Penerapan Model Number Head Together (NHT) Dilihat Dari Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Dan Sosial (IPAS) Pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 9(3), 1651–1658. https://doi.org/10.58258/jime.v9i3.5341
Santika, N. D. (2024). PENGARUH MODEL Numbered Heads Together ( NHT ) BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI RANTAI MAKANAN THE INFLUENCE OF THE NUMBERED HEADS TOGETHER ( NHT ) MODEL ASSISTED WITH AUDIO VISUAL MEDIA ON STUDENT LEARNING OUTCOMES I. Prosiding Seminar Nasional PSSH (Pendidikan, Saintek, Sosial Dan Hukum), 3(1), 225.
Sofiatun, Wijayanti, R., & Aini, N. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Berbantuan Media Interaktif Berbasis Animasi terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa UPTD SMP Negeri 1 Kokop. Journal of Basic Educational Studies, 4(1), 141–155. https://doi.org/47467/eduinovasi.v4i1.488
Sugiyono, D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan. ALFABETA.
Zulfa, E., Nuroso, H., & Reffiane, F. (2020). Keefektifan Model Pembelajaran Terpadu Tipe Sequenced Berbantu Media Puzzle Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(1), 18. https://doi.org/10.23887/jppp.v4i1.24938
DOI: https://doi.org/10.26877/jwp.v5i1.19968
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Widia Siska Pratiwi, Fine Reffiane, Duwi Nuvitalia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Wawasan Pendidikan Journal
ISSN 2807-5714 (Print), ISSNÂ 2807-4025 (Online)
Universitas Persatuan Guru Republik Indonesia Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang
Prasena Arisyanto, S.Pd., M.Pd.
Email: [email protected]
Â
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Â