PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS STEAM DALAM PEMBELAJARAN IPAS KELAS IV “GAYA DI SEKITAR KITA†DI SDN 3 SUROKONTO KULON
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abror, Mhd., Lina E. R., Nadya N. R., Syukri E. N. S. S. (2021). Pelatihan Metode Pembelajaran Aktif Dan Menyenangkan Berbasis Steam Bagi Guru PAUD Se-Kecamatan Gunung Kijang Provinsi Kepulauan Riau. JCE (Journal of Childhood Education). 5(2),2598-2184.
Agustina, Nurul Saadah, Babang R., Ika R., Yusup M. (2022). Analisis Pedagogical Content Knowledge terhadap Buku Guru IPAS pada Muatan IPA Sekolah Dasar Kurikulum Merdeka. Jurnal Basicedu, 6(5), 9180-9187.
Aliyah, Siti & Ai Siti Nurjanah. (2022). Penerapan Pendekatan Steam Dalam Mengembangkan Aspek Kognitif Anak Usia Dini Kelompok B Di TKIT Al-Latief Bayongbong-Garut. Jurnal Anaking, 01(01), 1-9.
Aulia, Nadira., Sarinah, Juanda. (2023). Analisis Kurikulum Merdeka dan Kurikulum 2013. Jurnal Literasi dan Pembelajaran Indonesia, 3(1), 14-20.
Azizah, Fatihatul. (2022). Pengembangan E-Modul Berbasis STEAM Berbantuan Flip Book Maker Pada Pokok Bahasan Transformasi Geometri Kelas XI MAN 2 Indramayu.
Danny, Garry., Tri Y., Merina P. (2022). Aplikasi Media Pembelajaran Interaktif Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). JUTEKINF, 10(1), 1-5.
Fadilah, Aisyah, Kiki R. N., Nasywa A. K., Sulis P. H., Usep S. (2023). Pengertian Media, Tujuan, Fungsi, Manfaat dan Urgensi Media Pembelajaran. Journal of Student Research, 1(2), 01-17.
Fikri, Hasnul., Ade S. M., (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif. Bantul DIY:Penerbit Samudra Biru.
Fricticarani, Ade., Amalia H., Ramdani, Irva H., & Gina M. R. (2023). Strategi Pendidikan Untuk Sukses Di Era Teknologi 5.0. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Tekonologi Informasi, 4(1), 56-68.
Gunawan, Heri Indra., Nasmal H., Fanni E. T. (2022). Sosialisasi Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif dalam Proses Pembelajaran di Pondok Pesantren Ar Rosyidiyah Cikupa. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2)
HM. Nasron, HK, Yeti Apriani, Dora Ayu S3, Nova Novita & Ardhea Rizka M. (2023). Model-Model Desain Intruksional: Dick & Carey, Assure, Dan Addie, Dalam Pengembangan Alat Peraga Edukatif. Journal Of Early Childhood Islamic Education, 7(1), 51-69.
Imamah, Zakiyatul., Muqowim. (2020). Pengembangan kreativitas dan berpikir kritis pada anak usia dini melalui metode pembelajaran berbasis STEAM and loose part. Jurnal Studi Islam, Gender, dan Anak, 15(2).
Indriyani, Lemi. (2019). Pemanfaatan Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kognitif Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, FKIP, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, 2(1), 17-26.
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia. (2020). Capaian Pembelajaran Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Fase A-Fase C.
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia. (2022). Pengertian Capaian Pembelajaran (CP).
Mu’minah, Iim Halimatul. (2021). Studi Literatur: Pembelajaran Abad-21 Melalui Pendekatan Steam (Science, Technology, Engineering, Art, And Mathematics) Dalam Menyongsong Era Society 5.0. Seminar Nasional Pendidikan, FKIP UNMA, 584-594.
Mu’minah, Iim Halimatul & Yeni suryaningsih. (2020). Implementasi STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts And Mathematics) Dalam Pembelajaran Abad 21. Jurnal Bio Educatio, 5(1), 65-73.
Novita, Juliana. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran IPS SD Materi Globalisasi Melalui Video Animasi Pada Siswa Kelas VI SDN Pelem 2. Research Journal, 9(1), 135-150.
Nurfadhillah, Septi. (2021). Media Pembelajaran Pengertian Media Pembelajaran, Landasan, Fungsi, Manfaat, Jenis-jenis Media Pembelajaran, dan Cara Penggunaan Kedudukan Media pembelajaran. Jawa Barat:CV Jejak. Link: https://books.google.co.id/books?id=zPQ4EAAAQBAJ&lpg=PP1&ots=LSZId90yN5&dq=pengertian%20media%20pembelajaran&lr&hl=id&pg=PA2#v=onepage&q=pengertian%20media%20pembelajaran&f=true, diakses 23 November 2023.
Parniati, Wahidat., Yul A. H., Zulfadli H., & Muhammad H. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis STEAM Pada Pembelajaran Tematik Integratif di Kelas IV MI NW Ajan Tahun 2021/2022. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 6170-6176.
Perdani, Zullafa E., Roshayanti, F., Wijayanti, A. (2023). Keefektifan Media Pembelajaran Berorientasi Life Skills Berbasis STEAM (Science, Technologi, Engineering, Art, And Mathematic) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Kelas IIIB SD Negeri Rejosari 03. Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri. 09(04).
Pondoki, Pironica H., Zusje W. M. W. & Jovialine A. R. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Animasi Berbasis Steam Terhadap Hasil Belajar IPA Materi Pencemaran Lingkungan Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 6 Tondano. SOSCIED, 6(1).
Pratiwi, Lire. (2021). Penggunaan Pendekatan Steam Pada Kegiatan Pendidikan Anak Usia Dini (Paud) Untuk Melatih Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun Di Pendidikan Anak Usia Dini (Paud) Hang Tuah Kota Bengkulu.
Putri, Diana N. S., Fitriah I., Tyara A., Arita M. (2022). Analisis Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Media Interaktif Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora, 2(2), 365-376.
Raden, Zulkifli. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Proyek Berbasis STEAM Pada Materi Kingdom Plantae Untuk Meningkatkan Kreativitas peserta didik di SMAN 1 Limboto.
Rahmayanti, Emma Savila. (2021). Pengembangan Bahan Ajar STEAM Berbasis Lingkungan.
Rusdi.M.2018.Penelitian Desain dan Pengembangan Kependidikan. Jakarta:Rajawali Pres
.
Saputri, Ela Melisa. (2021). Pengembangan E-Modul Berbasis STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts Dan Mathematic) Dilengkapi Multimedia Pada Materi Sistem Koordinasi Kelas XI MIPA SMA N 1 Rambatan.
Suryani, Nunuk., Achmad S., & Aditin P. (2018). Media Pembelajaran Inovatif Dan Pengembangannya. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Tripani, Enggar K., Nawang S., Dian F. N. A. (2023). Implementasi Pembelajaran STEAM Berbasis PjBL Terhadap Kemampuan Problem Solving pada Materi Energi Alternatif di SD. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. 13(2),176-187.
Widiawati, Nanda. (2022). Pengaruh Model PjBL (Project Based Learning) Dengan Pendekatan Steam (Science, Technology, Engineering, Arts And Mathematics) Terhadap Kemampuan Computational Thinking Pada Pelajaran Fisika.
Widyaningsih, Nina., Mahilda D. K., Heru P. (2021). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Online Pada Guru Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Community and Service (IJOCS), 1(2), 347-361.
Wijayanti, A., Wiyanto, W., Ridlo, S., & Parmin, P. (2022, October). Implementation of STEAM in Science Learning: A Systematic Literature Review. In International Conference on Science, Education, and Technology (Vol. 8, pp. 238- 245).
Wijayanti, A., & Sukamto. (2017). Development of heat transfer learning media based on android application inventor (AI) to instill student self directed learning article information. Journal of Innovative Science Education, 6(2), 205–211. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jise
DOI: https://doi.org/10.26877/jwp.v5i1.19994
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Dian Astuti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Wawasan Pendidikan Journal
ISSN 2807-5714 (Print), ISSNÂ 2807-4025 (Online)
Universitas Persatuan Guru Republik Indonesia Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang
Prasena Arisyanto, S.Pd., M.Pd.
Email: [email protected]
Â
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Â