PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTU MEDIA KOLASETOT TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS IV SDN 1 TANJUNGMOJO

Riznati Mustika Dewi, Aries Tika Damayani, Qoriati Mushafanah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran Discovery Learning Berbantu Media Kolasetot Terhadap Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas 4 SDN 1 Tanjungmojo. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan PreExperiment Desaign dengan desain One Group Pretest-Posttest. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas I SDN 1 Tanjungmojo. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai pretest dengan rata-rata 48,7 dan rata-rata nilai posttest 82,7. Hasil uji hipotesis yang diperoleh nilai signifikan sebesar 0.000 < probabilitas 0,05 yang menunjukkan ð» 0 ditolak dan ð» 1 diterima, artinya terdapat pengaruh terhadap hasil belajar IPAS dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning Berbantu Media Kolasetot terhadap hasil belajar IPAS Siswa Kelas IV SDN 1 Tanjungmojo.

 


Keywords


Discovery Learning, Model Pembelajaran dan Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Aditrisna, D., Witono, H., & Nisa, K. (2021). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Gambar terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar Gugus 4 Mataram Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(3), 455-460.

Dimiyanti, & Mudjiono. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Husni, R., Suryawan, A., & Rahmawati, P. (2022). Pengaruh model pembelajaran discovery learning berbantuan media benda konkret terhadap hasil belajar IPA. Borobudur Educational Review, 2(1), 10-22.

Khasinah, S. (2021). Discovery learning: definisi, sintaksis, keunggulan dan kelemahan. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 11(3), 402-413.

Safitri, dkk. (2022). Pentingnya Memahami Karakteristik Peserta Didik Sekolah Dasar untuk Meningkatkan Efektivitas Belajar dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6 (2) 9333-9339.

Sugiyono. (2013). Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Suhelayanti, S. Z. (2023). Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS). Langsa: Yayasan Kita Menulis

Tafonao, T. (2018). Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar mahasiswa. Jurnal komunikasi pendidikan, 2(2), 103-11

Wiranti, S. (2015). SPSS untuk Penelitian. Yogyakarta : Pustaka Baru Press.




DOI: https://doi.org/10.26877/jwp.v5i1.20011

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Riznati Mustika Dewi, Aries Tika Damayani, Qoriati Mushafanah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Wawasan Pendidikan Journal

ISSN 2807-5714 (Print), ISSN 2807-4025 (Online)

Universitas Persatuan Guru Republik Indonesia Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang

Prasena Arisyanto, S.Pd., M.Pd.
Email: [email protected]

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Â