PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTU MEDIA KOLASETOT TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS IV SDN 1 TANJUNGMOJO
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran Discovery Learning Berbantu Media Kolasetot Terhadap Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas 4 SDN 1 Tanjungmojo. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan PreExperiment Desaign dengan desain One Group Pretest-Posttest. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas I SDN 1 Tanjungmojo. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai pretest dengan rata-rata 48,7 dan rata-rata nilai posttest 82,7. Hasil uji hipotesis yang diperoleh nilai signifikan sebesar 0.000 < probabilitas 0,05 yang menunjukkan ð» 0 ditolak dan ð» 1 diterima, artinya terdapat pengaruh terhadap hasil belajar IPAS dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning Berbantu Media Kolasetot terhadap hasil belajar IPAS Siswa Kelas IV SDN 1 Tanjungmojo.
Â
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aditrisna, D., Witono, H., & Nisa, K. (2021). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Gambar terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar Gugus 4 Mataram Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(3), 455-460.
Dimiyanti, & Mudjiono. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Husni, R., Suryawan, A., & Rahmawati, P. (2022). Pengaruh model pembelajaran discovery learning berbantuan media benda konkret terhadap hasil belajar IPA. Borobudur Educational Review, 2(1), 10-22.
Khasinah, S. (2021). Discovery learning: definisi, sintaksis, keunggulan dan kelemahan. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 11(3), 402-413.
Safitri, dkk. (2022). Pentingnya Memahami Karakteristik Peserta Didik Sekolah Dasar untuk Meningkatkan Efektivitas Belajar dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6 (2) 9333-9339.
Sugiyono. (2013). Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Suhelayanti, S. Z. (2023). Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS). Langsa: Yayasan Kita Menulis
Tafonao, T. (2018). Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar mahasiswa. Jurnal komunikasi pendidikan, 2(2), 103-11
Wiranti, S. (2015). SPSS untuk Penelitian. Yogyakarta : Pustaka Baru Press.
DOI: https://doi.org/10.26877/jwp.v5i1.20011
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Riznati Mustika Dewi, Aries Tika Damayani, Qoriati Mushafanah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Wawasan Pendidikan Journal
ISSN 2807-5714 (Print), ISSNÂ 2807-4025 (Online)
Universitas Persatuan Guru Republik Indonesia Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang
Prasena Arisyanto, S.Pd., M.Pd.
Email: [email protected]
Â
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Â