PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK MENGGUNAKAN TEKNIK REBT TERHADAP RASA PERCAYA DIRI SISWA KORBAN BULLYING DI SMP N 1 KLIRONG
Abstract
Abstrak
Krisdianti, “PengaruhLayanan Konseling Kelompok Menggunakan Teknik REBT Terhadap Rasa Percaya Diri Siswa Korban Bullying Di SMP N 1 Klirong”. Skripsi Program Studi Bimbingan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang Tahun 2021. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya rasa percaya diri siswa yang mengalami perilaku bullying oleh teman sekelas maupun luar kelas, seperti mengejek, mendorong, mencaci, mencela, mengucilkan, membentak dan lain sebagainya. Korban yang mendapat perilaku tersebut memiliki rasa takut, merasa pesimis, tidak menunjukan keaktifan dikelas, merasa ragu dengan kemampuannya, tidak mampu atau belum berani menyampaikan pendapat, sulit besosialisasi dan minder dengan keadaan fisik yang dimiliki. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh layanan konseling kelompok terhadap rasa percaya diri siswa korban bullying di SMP N 1 Klirong. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif eksperimen dengan subjek penelitian adalah 2 kelas, yaitu kelas IX G dan kelas IX H SMP N 1 Klirong. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan menggunakan skala likert. Dengan keseluruhan rseponden 65 anak, menggunakan teknik purposive random sampling, untuk pengolahan data menggunakan aplikasi SPSS 25. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik REBT. Analisisnya menggunakan uji validitas dan reabilitas, dan uji wilcoxon. Hasil dari penelitian ini adalah adanya perubahan terhadap rasa percaya diri siswa korban bullying, setelah diberikan treatmen berupa layanan konseling kelompok dengan menggunakan teknik REBT. Di ketahui pada uji Wilcoxon menunjukan bahwa nilai Asymp. Sig (2-tailed) bernilai 0,011. Nilai 0,011 lebih kecil dari < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis diterima. Artinya ada perbedaan mengenai rasa percaya diri siswa setelah diberi treatmen konseling kelompok dengan teknik REBT untuk hasil pre test dan post tesnya, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh layanan konseling kelompok dengan teknik REBT terhadap rasa percaya diri siswa korban bullying.
Kata Kunci : Konseling Kelompok, Rasa Percaya Diri Siswa Korban Bullying
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.26877/empati.v9i2.10053
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Indexing :
Program Studi Bimbingan dan Konseling
Universitas PGRI Semarang
Jl. Lontar No.1 - Sidodadi Timur, Dr. Cipto, Semarang
Dr. Dini Rakhmawati, M.Pd.
Email: [email protected]