LAKI-LAKI PEREMPUAN PADA PEMBELAJARAN JARAK JAUH SELAMA PANDEMI COVID-19

Nuraini Padmasari

Abstract


Abstrak Semenjak merebaknya pandemi yang ditimbulkan oleh virus Corona, banyak cara yang dilakukan oleh pemerintah untuk mencegah penyebarannya salah satunya pembelajaran jarak jauh yang dimana situasi ini dapet memicu terjadinya kecemasan pada mahasiswa. Tujuan penelitian Untuk mengetahui perbedaan tingkat kecemasan antara mahasiswa laki-laki dan perempuan Fakultas Kedokteran Umum pada pembelajaran jarak jauh selama masa pandemi Covid-19. Penelitan ini bersifat kuantitatif dengan pendekatan analitik cross sectional, alat ukur yang digunakan pada penelitian ini adalah menggunakan HARS. Dengan teknik yang digunakan adalah Cluster Sampling. didapatkan bahwa responden pada penelitian ini berjumlah 120 responden dengan tingkat kecemasan tidak ada kecemasan pada laki-laki sebanyak 23 orang (44.2%) dan pada perempuan kecemasan ringan sebanyak 22 orang (32.4%). Hasil dari penelitian ini Terdapat perbedaan yang bermakna secara statistik antara tingkat kecemasan laki-laki terhadap tingkat kecemasan perempuan dengan diperoleh nilai p-value =0.001.


Keywords


Kecemasan, Pembelajaran Jarak Jauh.

Full Text:

PDF

References


Agung, I. M. (2020). Memahami Pandemi Covid-19 Dalam Perspektif Psikologi Sosial. Psikobuletin:Buletin Ilmiah Psikologi, 1(2), 68–84. http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/Psikobuletin/article/view/9616/5058

Argaheni, N. B. (2020). Sistematik Review: Dampak Perkuliahan Daring Saat Pandemi COVID-19 Terhadap Mahasiswa Indonesia. PLACENTUM: Jurnal Ilmiah Kesehatan Dan Aplikasinya, 8(2), 99. https://doi.org/10.20961/placentum.v8i2.43008

Dong, L., & Bouey, J. (2020). Public Mental Health Crisis during COVID-19 Pandemic, China. Emerging Infectious Diseases, 26(7), 1616–1618. https://doi.org/10.3201/eid2607.202407

Firman, F., & Rahayu, S. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2(2), 81–89. https://doi.org/10.31605/ijes.v2i2.659

Kumbara, H., Metra, Y., & Ilham, Z. (2018). Analisis Tingkat Kecemasan (Anxiety) Dalam Menghadapi Pertandingan Atlet Sepak Bola Kabupaten Banyuasin Pada Porprov 2017 Hengki Kumbara 1 Yogi Metra 2 Zulpikar Ilham 3. Jurnal Ilmu Keolahragaan, 17(2), 28–35.

Sadikin, A., Hamidah, A., Pinang, K., Jl, M., Ma, J., Km, B., Indah, M., Jaluko, K., Kode, K. M., & Indonesia, P. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19 ( Online Learning in the Middle of the Covid-19 Pandemic ). 6(1), 214–224.

Temu, P., Nasional, I., & Terbuka, U. (2016). Prosiding temu ilmiah nasional guru (ting) viii. November, 411–419.

William. (2020). Pengaruh Kecemasan Pembelajaran Daring Masa Pandemi Terhadap Prestasi Belajar Siswa. 04(20).

Worldometer. (2021). https://www.worldometers.info/coronavirus/




DOI: https://doi.org/10.26877/empati.v9i2.11714

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Indexing :

          

     


Program Studi Bimbingan dan Konseling

Universitas PGRI Semarang
Jl. Lontar No.1 - Sidodadi Timur, Dr. Cipto, Semarang

Dr. Dini Rakhmawati, M.Pd.
Email: [email protected]

View Empati : Jurnal Bimbingan dan Konseling Stats