KESULITAN BELAJAR MEMBACA (DYSLEXIA) DAN ALTERNATIF PENANGANANNYA

Charity Wulandari Hasanah, Deasy Yunika Khairun, Meilla Dwi Nurmal

Abstract


Abstrak.Kesulitan belajar sering dijumpai salah satunya yaitu kesulitan belajar membaca. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kesulitan belajar membaca (disleksia) pada siswa di SMP Negeri 4 Kota Serang, mengetahui faktor dominan penyebab kesulitan belajar membaca (disleksia), dan memberikan rujukan alternatif layanan bimbingan dan konseling yang dapat diberikan oleh konselor atau guru BK. Pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus dilakukan pada 4 orang informan. Pengumpulan data diperoleh melalui observasi tak terstruktur dan melalui wawancara secara langsung, semi terstruktur, dan formal. Uji keabsahan data ditegakkan melalui metode triangulasi sumber data. Adapun, analisis data menggunakan teknik reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat siswa yang mengalami kesulitan belajar membaca (disleksia) di SMP Negeri 4 Kota Serang. Faktor dominan penyebab terjadinya kesulitan belajar membaca (disleksia) adalah faktor biologis dan faktor perilaku. Faktor biologis berkaitan dengan pengalaman akan masalah kesehatan yang dialami informan dan masalah kehamilan pada ibu informan. Faktor perilaku dikaitkan dengan adanya masalah terhadap lingkungan sosial dan stres sebagai implikasi dari kesulitan belajar yang dialami. Demikian, pendekatan Rational Emotive Behaviour Therapy (REBT) dan pemberian metode pembelajaran multi-sensory dapat dijadikan rujukan alternatif layanan bimbingan dan konseling.


Keywords


Kesulitan belajar membaca (disleksia), faktor penyebab, konseling, Rational Emotive Behaviour Therapy (REBT), Multisensori.

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, M. (2012). Anak Berkesulitan Belajar: Teori, Diagnosis, dan Remediasinya. . Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Amphur, M. (2017). Memantapkan Analisis Data Kualitatif Melalui Tahapan Koding . 1-17.

Firdausy , L., & Wijiastuti, A. (2018). Studi Deskriptif Penanganan Siswa Disleksia Di Sekolah Dasar Widya Wiyata Sidoarjo. 1-10.

Gladding, S. T. (2015). Konseling Profesi yang Menyeluruh. Jakarta : Pt. Indeks.

Hadi, S. (2016). Pemeriksaan Keabsahan Data Penelitian Kualitatif Pada Skripsi. Jurnal Ilmu Pendidikan , 74-79.

Karisma, D. A. (2012). Upaya Mengatasi Kesulitan Membaca Dengan Konseling Trait and Factor Pada Kelas 1 SD Negeri Kedung Mulyo Jakenan Pati Tahun Ajaran 2011/2012. Naskah Publikasi.Pdf.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jendral Guru dan Tenaga Kependidikan. (2016). Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling Sekolah Menengah Pertama (SMP). In Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling Sekolah Menengah Pertama (SMP (p. 144). Jakarta.

komalasari, G., Wahyuni, E., & Karsih. (2011). Teori dan Teknik Konseling. Jakarta: PT Indeks.

Komalasari, M. D. (2015). Metode Multisensori Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pada Peserta Didik Disleksia di Sekolah Dasar. Proseding Seminar Nasional PGSD UPY , 97-110.

Lesmana, J. M. (2011). Dasar-dasar Konseling. Jakarta: UI-Press.

Lidwina, S. (2012). Disleksia Berpengaruh Pada Kemampuan Membaca dan Menulis. Jurnal STIE Semarang, 9-17.

Loeziana. (2017). Urgensi Mengenal Ciri Disleksia . 42-58.

Mulyadi. (2010). Diagnosis dan Kesulitan Belajar (Bimbingan Terhadap Kesulitan Belajar Khusus). Yogyakarta: Nuha Litera.

Pautina, A. R. (2016). Efektivitas Konseling Kognitif Dalam Mengatasi Disleksia Pada Anak Kelompok B TK Damhil DWP UNG Kota Gorontalo Tahun Ajaran 2014/2015. Irfani, 146-158.

Rahardjo. (2010). Triangulasi Dalam Penelitian Kualitatif. 1-3.

Rahardjo. (2011). Metode Pengumpulan Data Penelitian Kualitatif. PPs. UIN Malang, 1-4.

Sakinatun, U. U. (2014, September). Bimbingan Belajar Untuk Siswa Berkesulitan Belajar Membaca Di SD Negeri Gembongan Kecamatan Sentolo Kabupaten Kulon Progo. Bimbingan Belajar Untuk Siswa Berkesulitan Belajar Membaca Di SD Negeri Gembongan Kecamatan Sentolo Kabupaten Kulon Progo. Yogyakarta, DI Yogyakarta, Indonesia.

Supriatna, A. (2018). Disleksia. Surabaya: CV. Cipta Media Edukasi.

Sutriani, E., & Octaviani, R. (2019). Analisis Data dan Pengecekan Keabsahan Data. Academia Edu, 1-22.




DOI: https://doi.org/10.26877/empati.v8i1.7580

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Indexing :

          

     


Program Studi Bimbingan dan Konseling

Universitas PGRI Semarang
Jl. Lontar No.1 - Sidodadi Timur, Dr. Cipto, Semarang

Dr. Dini Rakhmawati, M.Pd.
Email: [email protected]

View Empati : Jurnal Bimbingan dan Konseling Stats