Gambaran Stres Akademik Siswa SMA Negeri Selama Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ)
Abstract
Abstrak. Stres akademik merupakan suatu permasalahan dirasakan setiap pelajar. Pembelajaran jarak jauh berbasis e-learning tak jarang meyebabkan munculnya stressor baru dalam belajar, seperti koneksi internet, pemahaman materi, dan berbagai permasalahan tugas serta ulangan harian. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui gambaran stres akademik siswa SMA selama melaksanakan pembelajaran jarak jauh (PJJ). Pengumpulan data menggunakan skala Stres Akademik yang sudah diuji validitas dan reliabilitasnya. Penelitian ini berjenis kuantitatif deskriptif dengan sampel sebanyak 311 siswa dari dua SMA, yakni SMA Negeri 04 Semarang dan SMA Negeri 09 Semarang. Hasil penelitian menunjukan mayoritas siswa mengalami stres akademik tingkat sedang (M= 2,78) selama pembelajaran jarak jauh.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agolla & Ongori. (2009). An Assessment of Academic Stress Among Undergraduate Students: The Case of University Of Botswana. Educational Research and Review, 4(2), 63-70.
Alsulami, S., dkk. (2018). Perception of Academic Stress among Health Science Preparatory Program Students in Two Saudi Universities. Dovepress: Advances In Medical Education and Practice, 9, 159-164
Amiruddin, J. H., & Ambarini, T. K. (2014). Pengaruh Hardiness dan Coping Stress terhadap Tingkat Stres pada Kadet Akademi TNI-AL. Jurnal Psikologi Industri dan Organisasi, 3(2), 72-78.
Aza, I. N., Atmoko, A., & Hitipeuw, I. (2019). Kontribusi Dukungan Sosial, Self-Esteem, dan Resiliensi terhadap Stres Akademik Siswa SMA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 4(4), 491-498.
Azmy, A. N., Nurihsan, A. J., & Yudha, E. S. (2017). Deskripsi Gejala Stres Akademik dan Kecenderungan Pilihan Strategi Koping. Indonesian Journal of Educational Counseling, 1(2), 197-208.
Bariyyah, K & Leny, Latifah. (2015). Tingkat Stres Akademik Mahasiswa. Prosiding Konferensi Nasional: Mempersiapkan Kebangkitan Generasi Emas Indonesia, 270-283.
Barseli, M., Ifdil, I., & Nikmarijal, N. (2017). Konsep stres akademik siswa. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 5(3), 143-148.
Desmita. (2017). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Harahap, A. C. P., Harahap, D. P., & Harahap, S. R. (2020). Analisis Tingkat Stres Akademik pada Mahasiswa Selama Pembelajaran Jarak Jauh Dimasa Covid-19. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 3(1), 10-14.
Jusuf, Heni., Ahmad Sobari., & Mohamad Fathoni. (2020). Pengaruh Pembelajaran Jarak Jauh Bagi Siswa SMA di Era Covid-19. Jurnal Kajian Ilmiah (JKI), 1(1), 15-24.
Kemendikbud. (2016). Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling SMA. Jakarta: Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan.
Kemenkes RI. (2019). Situai Kesehatan Jiwa di Indonesia. Jakarta: Pusat Data dan Informasi Kementrian Kesehatan RI (Infodatin).
Mardapi, Djemari. (2008). Teknik Penyusunan Instrumen Tes dan Non Tes. Yogyakarta: Mitra Cendekia.
Marhamah, F., & binti Hamzah, H. (2017). The Relationship Between Social Support and Academic Stress among First Year Students at Syiah Kuala University. Psikoislamedia: Jurnal Psikologi, 1(1), 149-171
Mendikbud RI. (2020). Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19. 1-3.
Misra, R., & Castillo, L. G. (2004). Academic Stress among College Students: Comparison of American and International Students. International Journal of stress management, 11(2), 132-148.
Muhnia, M., Isnah, W. O. N., & Hapsah, H. (2019). Relationship Between Emotional Intelligence With Stress Level of First Year Student in Nursing Program Study Medical Faculty Hasanuddin University. Indonesian Contemporary Nursing Journal, 2(2), 1-10.
Olejnik & Holschuh. (2016). College Rules! How To Study, Survive, and Succeed in College (Ebook). United States: Ten Speed Press.
Purwati, M., & Rahmandani, A. (2018). Hubungan Antara Kelekatan pada Teman Sebaya dengan Stres Akademik pada Mahasiswa Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota Universitas Diponegoro Semarang. Empati, 7(2), 28-39.
Putri, R. M., dkk(2020). Hubungan Pembelajaran Jarak Jauh dan Gangguan Somatoform dengan Tingkat Stres. Perilaku dan Promosi Kesehatan: Indonesian Journal of Health Promotion and Behavior, 2(1), 38-45.
Putri, Saphira A., dkk (2016). Hubungan Adversity Quotient dengan Tingkat Stres Akademik pada Dokter Muda Fakultas Kedokteran Universitas Riau. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Riau, 3(2), 1-8.
Rahmawati, R. (2015). Hubungan Tingkat Kecerdasan Emosional Dengan Tingkat Stres Akademik Pada Remaja Menjelang Ujian Nasional (studi kasus di SMA Negeri 3 Lumajang). (Doctoral dissertation, Universitas Brawijaya).
Rahmawati, S.D. (2009). Kendala Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh melalui Internet pada Mahasiswa. (Doctoral dissertation. Univeritas Negeri Semarang).
Sari, W., Rifki, A. M., & Karmila, M. (2020). Analisis Kebijakan Pendidikan terkait Implementasi Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa Darurat Covid 19. Jurnal Mappesona, 2(2).
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Suseno, A., Hartati, S., & Astuti, T. P. (2013). Kecenderungan Perilaku Agresif Ditinjau Dari Stres Akademik Pada Siswa SMA Negeri 1 Pemalang. Empati, 2(3), 222-231.
Yeo, S. K., & Lee, W. K. (2017). The Relationship Between Adolescents’ Academic Stress, Impulsivity, Anxiety, and Skin Picking Behavior. Asian Journal of Psychiatry, 28, 111-114.
DOI: https://doi.org/10.26877/empati.v8i1.7909
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Indexing :
Program Studi Bimbingan dan Konseling
Universitas PGRI Semarang
Jl. Lontar No.1 - Sidodadi Timur, Dr. Cipto, Semarang
Dr. Dini Rakhmawati, M.Pd.
Email: [email protected]