Layanan Bimbingan dan Konseling pada saat Pandemi Covid-19 di SMK Negeri 3 Pati

Amanda Listiyani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui layanan bimbingan dan konseling pada saat pandemi covid-19 di SMK Negeri 3 Pati. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Data dalam penelitian ini didapat melalui wawancara dengan guru Bimbingan dan Konseling, program layanan Bimbingan dan Konseling, dan siswa di SMK Negeri 3 Pati. Teknik pemilihan informan menggunakan metode snowballing. Analisis data menggunakan model kualitatif dengan triangulasi sebagai metode pengujian keabsahan data. Layanan yang diberikan selama pandemic covid-19 di SMK Negeri 3 Pati yaitu layanan kalsikal dalam jaringan, konseling individu, dan kunjungan rumah. Hambatan yang dialami dalam pelaksanaan penelitian ini adalah jaringan yang tidak stabil. Solusi yang dilakukan dalam menghadapi hambatan tersebut yaitu guru bimbingan dan konseling memberikan layanan yang bervariatif serta memberikan semangat positif kepada siswa agar lebih antusias dan tidak bosan dalam mengikuti kegiatan layanan konseling.

Keywords


layanan konseling, pandemi covid-19

Full Text:

PDF

References


ABKIN, P. B. (2007). Naskah Akademik Penataan Profesionalisasi Konselor dalam Sistem Pendidikan Nasional.

Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 10(3), 282-289.

Duniawati, D. S., Muksin, U., & Lukman, D. (2020). Model Konseling Online Ibunda. Id. Irsyad: Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, dan Psikoterapi Islam, 8(1), 1-18.

Firman, F., & Rahayu, S. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2(2), 81-89.

Hazrullah, H., & Furqan, F. (2018). Kompetensi Profesional Guru Bimbingan Konseling Dalam Pemecahan Masalah Belajar Siswa Di Man Rukoh Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Didaktika: Media Ilmiah Pendidikan dan Pengajaran, 18(2), 245-258.

Imawanty, I., & Fransiska, A. B. (2019). Optimalisasi Asesmen dan Evaluasi Bimbingan dan Konseling dengan Memanfaatkan Aplikasi Formulir Daring Jotform. Konvensi Nasional Bimbingan dan Konseling XXI, 129-135.

Nugroho, G. B. (2020). Peran Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Pendampingan Belajar Siswa Selama Pembelajaran Online. Psiko Edukasi, 18(1), 73-83.

Prayitno, E. A., & Amti, E. (1999). Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.

Prayitno, E. A., & Amti, E. (2004). Dasar-dasar bimbingan dan konseling. Jakarta: Rineka Cipta.

Siahaan, M. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan. Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan, 20(2).

Moleong, Lexy J. 2009. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya

Sugiyono. (2014) Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Ulfa, M., & Awalya, A. (2016). Meningkatkan Motivasi Belajar melalui Layanan Informasi dengan Media Komik. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 5(1).




DOI: https://doi.org/10.26877/empati.v8i1.7975

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Indexing :

          

     


Program Studi Bimbingan dan Konseling

Universitas PGRI Semarang
Jl. Lontar No.1 - Sidodadi Timur, Dr. Cipto, Semarang

Dr. Dini Rakhmawati, M.Pd.
Email: [email protected]

View Empati : Jurnal Bimbingan dan Konseling Stats