KEMAMPUAN MAHASISWA DALAM MENYUSUN MEDIA PELAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING
Abstract
Abstract. Media Guidance and Counseling is needed in the delivery of services. The goal is to make services effective and more meaningful. Therefore, students need to get provisions in making guidance and counseling media. This study aims to determine the ability of students in the development of counseling service media. The results of his research show that the ability to develop media mastered by students is in the development of graphic media because it is more easy than other. The most widely used graphic media creation application is Canva. It is still necessary to strengthen the development of audio and audiovisual media among students.
Keywords: Media, Guidance and counseling services
Abstrak. Media Bimbingan dan Konseling dibutuhkan dalam pemberian layanan. Tujuannya adalah untuk membuat layanan menjadi efektif dan lebih bermakna. Oleh karena itu, mahasiswa perlu mendapatkan bekal dalam pembuatan media bimbingan dan konseling. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan mahasiswa dalam pengembangan media layanan BK. Hasil penelitiannya menunjukkan kemampuan pengembangan media yang dikuasai mahasiswa adalah dalam pengembangan media grafis dikarenakan proses produksinya lebih mudah. Aplikasi pembuatan media grafis yang banyak digunakan yaitu canva. Masih diperlukan adanya penguatan pengembangan media audio dan audiovisual di kalangan mahasiswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aghni, Rizki Ilyasa. (2018). Fungsi dan Jenis Media Pembelajaran dalam Pembelajaran Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia. Vol. XVI No. 1 Tahun 2018.
Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press.
Cecep Kustandi & Bambang Sutjipto. (2016). Media Pembelajaran Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia.
Creswell, J.W. (2008). Educational research: Planning, conductiong, and evaluating quantitative and qualitative research (3rd ed.). Upper Saddle River, NJ: Pearson Education, Inc.
Fadilah, Efi dkk. (2017). Podcast sebagai Alternatif Distribusi Konten Audio. Vol. 1 No. 1 Tahun 2017. Kajian Jurnalisme: Program Studi Jurnalistik, Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjajaran. E-ISSN: 2549-1946.
Jennah, Rodhatul. (2009). Media pembelajaran. Cetakan I. Banjarmasin: Antarasari Press.
Mirnayenti, Syahniar dan Alizamar. (2015). Efektivitas Layanan Informasi Menggunakan Media Animasi Meningkatkan Sikap Anti Bullying Peserta Didik. KONSELOR. Volume 4 Nomor 2
Pakpahan, Andrew Fernando. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran. Cetakan I. Medan: Yayasan Kita Menulis.
Prasetiawan, Hardi. (2017). Media Dalam Layanan Bimbingan dan Konseling. THE 5TH URECOL PROCEEDING UAD Yogyakarta
Rmg. (2013). Kominfo: Pengguna Internet di Indonesia 63 orang. https://kominfo.go.id/index.php/content/detail/3415/Kominfo+%3A+Pengguna+Internet+di+Indonesia+63+Juta+Orang/0/berita_satker
Rusman, dkk. (2011). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi mengembangkan profesionalitas Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Suprijanto. (2005). Pendidkan Orang Dewasa. Jakarta: Bumi Aksara.
Susilana, Rudi dan Cepi Ruyana. (2009). Media pembelajaran-Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan, dan Penilaian. Bandung: CV. Wacana Prima.
Umam, Kaiful. (2013). Penerapan Media Digital Dalam Pembelajaran Apresiasi Batik Kelas X SMA Negeri 1 Blega. Jurnal Pendidikan Seni Rupa Volume 01 Nomor 01 Tahun 2013,100-105
Widaryanto & Sulfemi, W.B. (2016). Korelasi Penguasaan TIK Guru dengan Kemampuan TIK Peserta Didik. Edutecno, 14. (1). 1-10.
DOI: https://doi.org/10.26877/empati.v8i1.9497
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Indexing :
Program Studi Bimbingan dan Konseling
Universitas PGRI Semarang
Jl. Lontar No.1 - Sidodadi Timur, Dr. Cipto, Semarang
Dr. Dini Rakhmawati, M.Pd.
Email: [email protected]