Peningkatan Kedisiplinan Belajar Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Pada Siswa Kelas X IIS Semester I SMAN 2 Pati

nur khikmah

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah ini adalah menjelaskan proses layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan kedisiplinan belajar pada siswa dan untuk mengetahui peningkatan kedisiplinan belajar melalui layanan bimbingan kelompok pada siswa kelas X IIS semester 1 SMA Negeri 2 Pati tahun 2015/2016. Penelitian ini dilaksanakan mulai bulan agustus sampai desember 2015, bertempat di SMA Negeri 2 Pati.Subyek penelitian adalah 8 siswa kelas X IIS. Prosedur penelitian menggunakan penelitian tindakan bimbingan konseling yang terdiri dari 2 siklus.Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu 1) perencanaan, 2) tindakan, 3) pengamatan, 4) refleksi, setiap siklus dilaksanakan 2 kali pertemuan.Data yang dikumpulkan dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Proses layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan kedisiplinan belajar pada siswa berhasil dengan kriteria layanan baik, (2) Adanya peningkatan kedisiplinan belajar dalam mengumpulkan?é?á tugas tepat waktu pada siswa berdasarkan hasil observasi dan wawancara guru mata pelajaran terdapat penurunan jumlah pelanggaran setelah BKp siklus I sebesar 32 dan setelah BKp siklus II sebesar nol atau tidak ada pelanggaran sama sekali. Hasil tes skala kedisiplinan belajar meningkat sebesar 24,14%. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa kedisiplinan belajar siswa dapat ditingkatkan melalui layanan bimbingan kelompok.

Kata kunci: Kedisiplinan Belajar, Bimbingan Kelompok.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26877/empati.v3i1%20April.987

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





Indexing :

          

     


Program Studi Bimbingan dan Konseling

Universitas PGRI Semarang
Jl. Lontar No.1 - Sidodadi Timur, Dr. Cipto, Semarang

Dr. Dini Rakhmawati, M.Pd.
Email: [email protected]

View Empati : Jurnal Bimbingan dan Konseling Stats