PERSPEKTIF PENALARAN OPERASI FORMAL-POST FORMAL MAHASISWA CALON GURU BIOLOGI DALAM PEMBELAJARAN PRAKTIKUM

Aa Juhanda, Nuryani Y Rustaman, Topik Hidayat, Ana Ratna Wulan

Abstract


Penelitan deskriptif ini bertujuan untuk mengetahui pandangan mahasiswa terkait praktikum penalaran operasi formal-post formal dalam mata kuliah praktikum yang sudah dilaksanakan. Subjek penelitian ini adalah 19 mahasiswa pendidikan biologi angkatan 2017/2018 pada semester 5 di UMMI yang sudah mengontrak mata kuliah praktikum Biologi Umum, Zoologi Invertebrata, dan Vertebrata. Instrumen yang digunakan meliputi lembar angket dan wawancara. Analisis data dilakukan menggunakan teknik persentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat kesenjangan antara tanggapan dosen dan mahasiswa terkait penalaran operasi formal-post formal. Mahasiswa beranggapan penalaran operasi formal-post formal hampir semuanya sudah dilatihkan dalam pembelajaran praktikum. Sementara itu, dosen beranggapan bahwa tidak semua penalaran operasi formal-post formal dilatihkan dalam pembelajaran praktikum. Oleh karena itu, pentingnya melatihkan kembali penalaran operasi formal-post formal secara optimal

Keywords


penalaran operasi formal-post formal; pembelajaran praktikum

Full Text:

PDF

References


Commons et al. (1982). Systematic and Metasystematic Reasoning: A Case for Levels of Reasoning beyond Piaget's Stage of Formal Operations. Child Development, 53 (4), 1058-1069.

Commons, M. L. & Richards, F. A. (2016). Systematic and Metasystenatic Reasoning: A Case for Levels of Reasoning beyond Piaget’s Stage of Formal Operation. Child Development, 53 (4), 1058-1069.

Commons, M. L. (2008). Introduction to the Model of Hierarchical Complexity and Its Relationship to Postformal Action. World Future, 64 (5-7), 305-320.

Dahar, R. W. (2006). Teori-Teori Belajar & Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.

Hokayem, H. (2016). Patterns of Reasoning about Ecological Systemic Reasoning for Early Elementary Students. Science Education International, 27 (1), 117-135.

Inhelder, B. & Piaget, J. (1958). The Growth of Logical Thinking: from Childhood to Adolescence. New York: Basic Books, Inc.

Lawson, A. E. (2000). Development and Validation of The Classroom Test of Formal Reasoning: Revised Edition. Arizona State University

Lee, C.-Q., & She, H.-C. (2010). Facilitating Students ‟Conceptual Change and Scientific Reasoning Involving the Unit of Combustion. Research Science Education, 40, 479-504.

Meilinda. (2018). Program Perkuliahan Perubahan Iklim dengan Model Pembelajaran Yoyo System Based Case untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Keterampilan Berpikir Sistem Mahasiswa. Disertasi Program Studi Pendidikan IPA SPS UPI Bandung: Tidak Diterbitkan.

Nickerson, R.S. (1985). The Teaching of Thinking. New Jersey: Lawrence Elbaum Associates Publishers.

Piaget, J. (1964). Cognitive Development in Children: Development and Learning. Journal of Research in Sciences Teaching, 2,176-186.

Rustaman, N.Y. (2010). Pendidikan Biologi dan Trend Penelitiannya. FMIPA UPI. [Online]. Tersedia: http://file.upi.edu/direktori/sps/prodi.pendidikan_ipa/ 195012311979032-nuryani_rustaman/pendidikan_biologi_dan_trend_ penelitiannya.pdf.

Rustaman, N. (2005). Strategi Belajar Mengajar Biologi. Malang: UM Press.

Trianto. (2011). Model-Model Pembelajar Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Valanides, N. (1996). Formal Reasoning and Science Teaching. Journal of School Science and Mathematics, 96 (2), 99-107.




DOI: https://doi.org/10.26877/jie.v1i1.7958

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Ilmiah Edukasia telah terindeks pada:

         

Creative Commons License

Jurnal Ilmiah Edukasia by LPP Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/jie.