PERSEPSI MAHASISWA CALON GURU BIOLOGI TENTANG PEMBELAJARAN MATERI EVOLUSI (STUDI KASUS MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI FKIP UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH BENGKULU)

Tomi Hidayat, Irwandi Irwandi, Defira Bella Harindra

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis calon guru biologi tentang pembelajaran evolusioner di SMA. Penelitian deskriptif ini dilakukan di Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Muhammadiyah Bengkulu pada bulan Oktober sampai dengan November 2019. Populasi adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Muhammadiyah Bengkulu pada semester lima tahun ajaran 2018/2019 yang mengambil mata kuliah evolusi pada dua kelas paralel. dengan total 47 mahasiswa. Pengambilan sampel menggunakan total sampling. Data merupakan hasil analisis makalah terakhir mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 100% mahasiswa menyatakan bahwa materi evolusi itu perlu dan penting untuk diajarkan kepada siswa SMA; dengan berbagai alasan. Untuk metode pengajaran evolusi, 75% mahasiswa menyarankan bahwa evolusi harus diajarkan dengan beberapa metode yang menarik. Lebih lanjut, mahasiswa (± 20%) juga berpendapat bahwa evolusi dapat diajarkan dengan menggunakan situs prasejarah, seperti Sangiran dan Trinil untuk memberikan pengalaman langsung kepada mereka.

Keywords


evolusi; materi dan pembelajaran; persepsi; preservis biologi

Full Text:

PDF

References


Afidah, M. (2012). Identifikasi Pola Miskonsepsi Mahamahasiswa pada Konsep Mekanisme Evolusi Menggunakan Certainty of Response Index (CRI). (Online), (https://www.unilak.ac.id/media/file/77802842250Artikel_MARATUL_AFIDAH.pdf), diakses pada 27 Januari 2017.

Alanindra, S., & P., Agustina. (2016). Persepsi Mahamahasiswa Calon Guru tentang Pemanfaatan Situs Sangiran sebagai Sumber Belajar Evolusi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains “Peningkatan Kualitas Pembelajaran Sains dan Kompetensi Guru melalui Penelitian & Pengembangan dalam Menghadapi Tantangan Abad 21”.

Amin, M. (2016). Perkembangan Biologi dan Tantangan Pembelajarannya. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek. ISSN: 2557-533X.

Dwiyantoro, S. (2012). Museum Sangiran: Historisitas dan Relevansinya sebagai Sumber Pembelajaran Sejarah. Skripsi tidak diterbitkan. Semarang: Program Studi Pendidikan Sejarah Jurusan Pendidikan IPS FKIP Universitas Jember.

Hadi, S. (1981). Metode Research. Yogyakarta: Yayasan Penelitian Fakultas Psikologi UGM.

Henuhili, V. dkk. (2012). Diktat Kuliah Evolusi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Biologi FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta.

Kose, E.O. (2010). Biology Students’ and Teachers’ Religious Beliefs and Attitudes Towards Theory of Evolution. H.U. Journal of Education, 38: 189-200.

Makkadafi, dkk. (2016). Pengembangan Modul Primata Berbasis Hasil Penelitian. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek. (Online), (https://publikasiilmiah.ums.ac.id/handle/11617/7991), diakses pada 2 Februari 2017.

Minarti, dkk. (2014). Profil Modul Evolusi untuk Melatih Berpikir Kritis Mahasiswa SMA Kelas XII. Bioedu Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi, 3 (1): 315-318.

Nelson, C.E. (2008). Teaching Evolution (and all of Biology) More Effectively: Strategies for Engagement, Critical Reasoning, and Confronting Misconceptions. Integrative and Comparative Biology, 48 (2): 213-225. DOI: 10.1093/icb/icn02.

Nuha, U., dkk. (2016). Pengembangan Buku Ajar Berbasis Penelitian Evolusi dan Filogenetik Molekuler untuk Matakuliah Evolusi di Universitas Jember. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1 (9): 1791-1796.

Nurhidayati, S., & Zulandri. (2012). Pengembangan Karakter Mahamahasiswa Menggunakan Metode Team Quiz disertai Penulisan Jurnal Belajar pada Matakuliah Evolusi. Jurnal Ilmiah IKIP Mataram, 2 (2): 552-558. (Online), (http://ejournal.pkpsmikipmataram.org/index.php/jiim/article/view/373), diakses pada 2 Februari 2017.

Pazza, R. & Penteado, P.R. (2010). Misconception about Evolution in Brazilian Freshmen Student. Evo Education Outreach, 3: 107-113. DOI. 10.1007/s12-052-009-0187-3.

Prastiwi, M.S. (2009). Implikasi Evaluasi Proses Kuliah Evolusi Manusia pada Domain Afektif Mahamahasiswa. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA, Fakultas MIPA Universitas Negeri Yogyakarta, 16 Mei 2009.

Sugiyono. (2006). Metode Penelitian Administrasi, Edisi Revisi. Bandung: Alfa Beta.

Supardi, A. (2006). Statistik. Bandung: Fak. Tarbiyah IAIN Sunan Gunung Jati.

Tidon, R. & Lewontin, R.C. (2004). Teaching Evolutionary Biology. Genetic and Molecular Biology, 27 (1): 124-130




DOI: https://doi.org/10.26877/jie.v1i1.7959

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Ilmiah Edukasia telah terindeks pada:

         

Creative Commons License

Jurnal Ilmiah Edukasia by LPP Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/jie.