PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN DI MI SABILUL ULUM MAYONG JEPARA PADA MASA DARURAT COVID 19

Filia Prima Artharina, Diana Endah Handayani

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana penggunaan media pembelajaran kelas IV di MI sabilul Ulum Jepara. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan media dapat meningkatkan respon belajar siswa kelaas IV MI Sabilul Ulum Jepara. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran MI sabilul Ulum dilaksanakan dengan luring dan daring. Perencanaan pembelajaran diawali dengan penyusunan RPP yang dilaksanakan dengan menetapkan/memilih tema,lalu mengkaji buku guru. Kendala dalam pemanfaatan media pembelajaran saat pandemic covid adalah tidak sesuai dengan perencanaan awal dan masih berbasis tugas dalam grup Whatsapp, sehingga pemanfaatan media pembelajaran belum dilaksanakan secara optimal. Pembelajaran daring di MI sabilul Ulum belum dapat menggunakan media pembelajaran sevara optimal, sedangkan untuk pembelajaran luring 90% siswa menyatakan sangat senang dalam belajar secara luring karena dengan adanya media pembelajaran Siswa dapat ikut berperan aktif dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang disampaikan adalah kepada seluruh guru dan pihak sekolah MI Sabilul Ulum hendaknya  lebih mengoptimalkan pembelajaran daring dengan mensinkronkan antara RPP dengan implementasi pembelajaran di kelas, dan memanfaatkan media pembelajaran selain itu pihak sekolah dapat mengadakan pelatihan mengenai media pembelajaran berbasis blanded learning.

Keywords


Media Pembelajaran; Masa darurat Covid 19

Full Text:

PDF

References


Arsyad, Azhar. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Budiman, Muhammad Arief. (2012). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi Dalam Kelas Bahasa Inggris. Prosiding sematik. Vol 2 No 1.

Daryanto. (2010). Media Pembelajaran Peranannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susanto, Ahmad. (2016). Teori Belajar Mengajar di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Grup.

Syarifudi, A. S. (2020). Implementasi Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sebagai Dampak Diterapkanya Social Distancing. Jurnal Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia, Volume 5 Nomor 1.

Moleong, Lexy J. (2000). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Wahyu Aji Fatma Dewi1. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Dari Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan Volume 2 Nomor Halaman 55-61 EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN. Universitas Kristen Satya Wacana.




DOI: https://doi.org/10.26877/jie.v1i1.7968

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Ilmiah Edukasia telah terindeks pada:

         

Creative Commons License

Jurnal Ilmiah Edukasia by LPP Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/jie.