PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLI PBOOK MAKER DENGAN METODE STORYTELLING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KESADARAN DIRI ANAK USIA 4 - 5 TAHUN

Siti Asiyah, Anita Chandra Dewi, Joko Sulianto

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana validitas Media Pembelajaran Flipbook Maker dengan Metode Storytelling untuk meningkatkan kemampuan kesadaran diri anak usia 4-5 Tahun?, (2) bagaimana kepraktisannya?, (3) bagaimana efektifitasnya?. Tujuan dari penelittian ini adalah (1) untuk mendriskripsikan validitas Media Pembelajaran Flipbook Maker dengan Metode Storytelling untuk meningkatkan kemampuan kesadaran diri anak usia 4-5 Tahun, (2) untuk mendiskripsikan kepraktisannya, (3) untuk    menganilisa keefktifannya. Jenis Penelitian ini adalah Research and Development yang mengacu pada ADDIE. Tahap validasi melibatkan 3 orang subjek (1 orang ahli materi, 1 orang ahli media dan 1 orang ahli bahasa ) dilibatkan untuk menilai kelayakan oleh para ahli menggunakan lembar validasi. Tahap uji coba dilakukan secara skala terbatas dengan subyek uji coba anak kelas A yang berjumlah 20 anak, dan uji lapangan melibatkan 5 guru TK M NU Masyithoh 05 Banyurip Alit Kota Pekalongan. Metode Pengumpulan data yang digunakan adalah angket, wawancara, non tes (observasi), dan dokumentasi. Analisis yang melalui uji normalitas, uji perbedaan dan uji N-gain dengan menggunakan aplikasi    SPSS versi 16.0Dari hasil penelitian ini menunjukan bahwa Media Pembelajaran Flipbook Maker dengan Metode Storytelling yang dikembangkan  sangat layak digunakan dan efektif untuk meningkatkan kemampuan kesadaran diri anak usia 4-5 Tahun.


Full Text:

PDF

References


Abdullah, Ramadhan, S., & Linda, R. (2020). Pengembangan E-Module Interaktif Chemistry

Magazine Berbasis Kvisoft Flipbook Maker Pada Materi Laju Reaksi. Jurnal Zarah, 8(1),

–13. DOI: https://doi.org/10.31629/zarah.v8i1.1352

Aisyah, N. (2020). The Importance of Tolerance ValueAs The Foundation of Early Chilhood in

Diversity Through Storytelling. Annual Conference on Islamic Early Childhood Education

(ACIECE), 3, 179-190. Retrieved from http://conference.uinsuka.ac.id/index.php/aciece/article/view/95

Andani, S., Santi, E., & Lestari, D. R. (2017). Storytelling Terhadap Perkembangan Sosial

Emosional (Keterampilan Sosial Dan Masalah Perilaku) Anak Usia 5-6 Tahun. Dunia

Keperawatan, 5(2), 137. https://doi.org/10.20527/dk.v5i2.4118

Anggraini, G. F., Pradini, S., Sasmiati, Haenilah, E. Y., & Wijayanti, D. K. (2020). Pengembangan

Kemampuan Berpikir Kritis Anak Usia Dini Melalui Storytelling Di Tk Amartani Bandar

Lampung. Jurnal Pengabdian Dharma Wacana, 1(1), 15–25. http://www.e-jurnal.dharmawacana.ac.id/index.php/jp/article/view/21

Ariani, L., & Hariyono, D. S. (2019). Storytelling sebagai Metode dalam Mengembangkan

Kemampuan Berbahasa pada Anak Prasekolah. Prosiding Seminar Nasional & Call Paper,

–44. http://fppsi.um.ac.id/wp-content/uploads/2019/07/5-STORYTELLING-SEBAGAIMETODE-DALAM-MENGEMBANGKAN-KEMAMPUAN-BERBAHASA-PADA-ANAKPRASEKOLAH-36-44.pdf

Asfar, A. M. irfan T. A. & andi muhammad iqbal. (2019). TEORI BEHAVIORISME ( Theory of

Behaviorism ). Researchgate, February, 0–32.

https://doi.org/10.13140/RG.2.2.34507.44324

Berlian, E., Hidayati, N., & Mariyanti, D. (2021). Pendidikan Seni Anak Usia Dini Melalui

Kegiatan Mendongeng Usia 4-6 Tahun. Jendela Anak. https://journal.stkipmbogor.ac.id/index.php/jendelaanak/article/view/70

Bermain, A. (2014). Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Dini Melalui Aktivitas Bermain.

Jurnal Ilmiah Guru Caraka Olah Pikir Edukatif,

(2).DOI: http://dx.doi.org/10.32678/as- sibyan.v1i01

Carolin, C. A., & Ekawati, Y. N. (2019). Pengaruh metode storytelling menggunakan media

wayang terhadap perilaku prososial pada anak usia dini di TK Aisyiyah III Kota Jambi.

Jurnal Psikologi Jambi, 04 No. 02(02), 70–79.

DOI: https://doi.org/10.22437/jpj.v5i02.10339

Dessy P. 2019: Optimalisasi Personal Awareness Anak Usia Dini Melalui “The 7 Habits” Jurnal

Warna Vol.3, No. 1, Juni 2019 p-ISSN: 2550-0058 e-ISSN: 2615-1642. (2019). 3(1), 15

DOI

>

Fauziah, S. I., Zanthy, L. S., & Kuswoyo, R. (2019). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran

Kontekstual Berbasis Multimedia Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis

Siswa Smp. Journal on Education, 01(02), 247–255.

http://www.jonedu.org/index.php/joe/article/view/53

Fitriasari, P., Fahriza Fuadiyah, N., Destinar, Misdalinda, Rohana, & Dwi Nopriyanti, T. (2021).

CommunityEducation Engagement Journal. 2(2), 11–20.

DOI: https://doi.org/10.25299/ceej.v2i2.6697

Fonda, A., & Sumargiyani, S. (2018). the Developing Math Electronic Module With Scientific

Approach Using Kvisoft Flipbook Maker Pro for Xi Grade of Senior High School Students.

Infinity Journal, 7(2), 109. https://doi.org/10.22460/infinity.v7i2.p109-122

Goldman, Ian. and Pabari, M. (2021). Goldman, Ian. and Pabari, M. (2021). No Pengembangan

Digital Story Telling Untuk Menumbuhkan Kebiasaan Anak Minum Air P ISSN

Pengembangan Digital StoryVol. 6 No. 1 Desember 20212(3), 279–286 No. 2(3), 279–

Doi: https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v6i1.1345

Goleman, D. 2007. Emotional Intelligence (terjemahan). Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Hanafi, 2017. Konsep Penelitian R&D Dalam Bidang Pendidikan, Saintifika

https://www.kompasiana.com/affah/5caa2e2ba8bc15049a7a5db2/menggalikesadaran-diri-anak-usia-dini

Handayani, D., Alperi, M., Ginting, S. M., & Rohiat, S. (2020). Pelatihan Pembuatan Buku

Digital Kvisoft Flipbook Maker Sebagai Media Pembelajaran Bagi Guru. Prosiding Seminar

…, 2020, 84–92. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/snppm/article/view/19625

Hidayatullah, M. S., & Lusia Rakhmawati. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran

Berbasis Flip Book Maker. Pendidikan Teknik Elektro, 5(1), 83–88.

Husada, S. P., Taufina, T., & Zikri, A. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Pembelajaran Tematik

dengan Menggunakan Metode Visual Storytelling di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2),

–425. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.373

Husain, I. A. (2020). Correlation Among Personality and Self-Concept to Story Telling Ability.

Jurnal Sultra Elementary School, 1(1), 9–23. https://doi.org/10.1234/jses.v1i1.2 Islamica:

Jurnal Kajian KeislamanVolume 4 No.2,

Juita.R.2012. Peningkatan Berhitung Permainan Anak Melalui Permainan Menakar Air Di Tk

Aisyiyah Koto Kaciak Maninjau, Jurnal Ilmiah Pesona PAUD, ejournal.unp.ac.id. DOI

: https://doi.org/10.24036/1656

Juliana, Mawardi, & Sutrisno. (n.d.). Usaha Guru Mengatasi Anak Pendiam Pada Pendidikan

Anak Usia Dini Di Sutitah Soedarso 3. Universitas

MuhammadiyahPontianak.DOI: http://dx.doi.org/10.29406/jepaud.v8i1.2182

Karmiyanti, R., D S, A. C., & Purwadi, P. (2019). Analisis Home Visit Terhadap Kepercayaan Diri

Anak Usia 4-5 Tahun Di Tk Aba 28 Semarang. PAUDIA Jurnal Penelitian Dalam Bidang

Pendidikan Anak Usia Dini, 8(1), 163–172. https://doi.org/10.26877/paudia.v8i1.4045

Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, hal. 407

Kuntilangensari.A.R. &Asmar.M (2021). Mengembangkan Kemampuan Aspek Nilai, Agama

Dan Moral Menggunakan Kombinasi Rostel King Untuk Anak Usia Dini E-Chief Journal

(Early Childhood and Family Parenting Journal) Vol. 1 No. 1 2021 Halaman: 6-11e (Vol. 2,

Issue 3) DOI: https://doi.org/10.20527/e-chief.v1i1.3213

Kurnia, R., Widyaningrum, R., & Ariani, D. (2019). Pengembangan Buku Pop Up Untuk Kegiatan

Bercerita Anak di PAUD Bougenville. Jurnal Pembelajaran Inovatif, 2(2), 116–122.

https://doi.org/10.21009/jpi.022.05

Maitrianti, C. (2021). Hubungan Antara Kecerdasan Intrapersonal Dengan Kecerdasan

Emosional. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 11(2), 291–

https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/mudarrisuna/article/view/8709

Mukhlis, A., & Mbelo, F. H. (2010). Analisis perkembangan sosial emosional anak usia dini pada

permainan tradisional. PRESCHOOL Jurnal Perkembangan Dan Pendidikan Anak Usia

Dini, 1, 11–28.DOI:https:// doi.org/ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/preschool

Mulyana, E. H., Gandana, G., & Muslim, M. Z. N. (2017). Kemampuan Anak Usia Dini

Mengelola Emosi Diri Pada Kelompok B Di Tk Pertiwi Dwp Kecamatan Tawang Kota

Tasikmalaya. Jurnal Paud Agapedia, 1(2), 214–232.

https://doi.org/10.17509/jpa.v1i2.9361

Mulyana.EH, 2017, Kemampuan Anak Usia Dini Mengelola Emosi Diri Pada Menakar Air Di Tk

Aisyiyah Koto Kaciak Maninjau, Jurnal Ilmiah Pesona PAUD, ejournal.unp.ac.id. DOI

: https://doi.org/10.24036/1656

Mulyaningsih, N. N., & Saraswati, D. L. (2017). Penerapan Media Pembelajaran Digital Book

Dengan Kvisoft Flipbook Maker. Jurnal Pendidikan Fisika, 5(1), 25.

https://doi.org/10.24127/jpf.v5i1.741

Ningsih, S. Y., & Mahyuddin, N. (2021). Desain E-Module Tematik Berbasis Kesantunan

Berbahasa Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak

Usia Dini, 6(1), 137–149. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1217

Ningtyas, D. P., & Risina, D. F. (2018). Pengembangan Permainan Sirkuit Mitigasi Bencana Gempa Bumi Untuk Meningkatkan Self Awareness Anak Usia Dini. Jurnal Caksana:

Pendidikan Anak Usia Dini, 1(02), 172–187. https://doi.org/10.31326/jcpaud.v1i02.198

Nisa, A. R., Patonah, P., Prihatiningrum, Y., & Rohita, R. (2021). Perkembangan Sosial

Emosional Anak Usia 4-5 Tahun: Tinjauan Pada Aspek Kesadaran Diri Anak. Jurnal Anak

Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 4(1), 1. https://doi.org/10.36722/jaudhi.v4i1.696

Nurzaman, I., Gandana, G., & Wahidah, A. S. (2020). Model Pembelajaran Interactive

Storytelling Berbasis Aplikasi Android Untuk Memfasilitasi Keterampilan Menyimak Anak

Usia Dini. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 11(2), 134–140.

https://doi.org/10.17509/cd.v11i2.28209

Panca, U., Bekasi, S., & Bks, K. (n.d.). The Effect of Storytelling Using Hijaiyah Letters on the

Development of Early Childhood Motivation at PAUD Al Mujannah Pakuhaji Tangerang.

–223 DOI: https://doi.org/10.37010/int.v2i2.420

Pebriana, P. H. (2017). Analisis Penggunaan Gadget terhadap Kemampua Interaksi Sosial pada

Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1.

https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.26

Pendidikan Anak Usia Dini Journal of Early Childhood Education Volume 2, Nomor 1,

DOI: http://dx.doi.org/10.32678/as- sibyan.v1i01

Pornamasari, E. I. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbantu Flipbook Maker

Dengan Model Pembelajaran Numbered Heads Together (Nht) Berbasis Teori Vygotsky

Materi Pokok Relasi Dan Fungsi. Aksioma, 7(1), 74.

https://doi.org/10.26877/aks.v7i1.1412

Pulungan, S. (2017). Pemanfaatan ICT dalam pembelajaran PAI QUERY: jurnal sistem

informasi. Sistem Informasi, 5341(April), 19–24.

Rachmawati, Y. (2003). MODUL 1 Perkembangan Sosial Emosional pada Anak Usia Taman

Kanak-kanak. 1–43.

Rahimah, F. Y., & Izzaty, R. E. (2018). Developing Picture Story Book Media for Building the SelfAwareness of Early Childhood Children. Jurnal Obsesi Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini,

(2), 219. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.102

Rambe, A. M., Sumadi, T., & Meilani, R. S. M. (2021). Peranan Storytelling dalam

Pengembangan Kemampuan Berbicara pada Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal

Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 2134–2145. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1121

Ratnasari, W., Yuniarni, D., & Lukmanulhakim. (2015). Pemahaman Orang Tua Terhadap

Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini Di Kecamatan Sengah Temila. 1–9.

https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/34742

Rosmayanti, R., Mulyana, E. H., & Elan, E. (2020). Pengembangan Instrumen Untuk Mengukur

Berpikir Konservasi Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Paud Agapedia, 3(2), 191–202.

https://doi.org/10.17509/jpa.v3i2.26681

Saputro, B. (2017). Manajemen Penelitian Pengembangan (Research & Development) bagi

Penyusun Tesis dan Disertasi. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53,

Issue 9). DOI::https://doi.org/books.google.co.id

Studi, P., Guru, P., Anak, P., Dini, U., & Maimunah, F. (2020). Peningkatan self awareness anak

usia dini tentang siaga bencana gunung api melalui outbound petualangan bara di tk

pertiwi lencoh kabupaten boyolali..DOI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/39363

Studi, P., Guru, P., Anak, P., Dini, U., & Maimunah, F. (2020). Peningkatan self awareness anak

usia dini tentang siaga bencana gunung api melalui outbound petualangan bara di tk

pertiwi lencoh kabupaten boyolali. DOI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/39363

Sugiyono, 2010 Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,

Sujiono, Y.N. (2013). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT

Sulaiman, U., Ardianti, N., & Selviana, S. (2019). Tingkat Pencapaian Pada Aspek

Perkembangan Anak Usia Dini 5-6 Tahun Berdasarkan Strandar Nasional Pendidikan Anak

Usia Dini. NANAEKE: Indonesian Journal of Early Childhood Education, 2(1), 52.

https://doi.org/10.24252/nananeke.v2i1.9385

Susilawati, W. O. (2021). Pengembangan E-Modul Pembelajaran Perkembangan Sosial Aud

Berbasis Karakter Menggunakan Software Flipbook Maker. Jurnal Inspiratif Pendidikan,

X(2), 1–18. http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/InspiratifPendidikan/article/view/23519

Sutama. I.W,2021, Pengembangan E-Modul “Bagaimana Merancang dan Melaksanakan

Pembelajaran untuk Memicu HOTS Anak Usia Dini melalui Open Ended Play” Berbasis

Ncesoft Flip Book Maker, SELING: Jurnal Program Studi PGRA Volume 7 Nomor 1

DOI: https://doi.org/10.29062/seling.v7i1.736

Tahir, M. Y., Rismayani, R., Sartika, I. D., & Hartika, A. S. (2019). Deteksi Dini Pencapaian

Perkembangan Anak Usia 4-5 Tahun Berdasarkan Standar Nasional Pendidikan.

NANAEKE: Indonesian Journal of Early Childhood Education, 2(1), 39.

https://doi.org/10.24252/nananeke.v2i1.9225

Tumbuan, F. H., Tulenan, V., Mamahit, D. J., Elektro, T., Sam, U., Manado, R., & Manado, J. K.

B. (2019). Augmented Reality Storytelling Cerita Anak “The Proud Deerâ€. Jurnal

Teknik Informatika, 14(4), 447–454. https://doi.org/10.35793/jti.14.4.2019.27642

Utaminingsih, S. (2010). Kebijakan Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan

Nasional dalam Perspektif Negara Hukum Kesejahteraan (Studi Kasus di Kota Tangerang

Selatan ). Proceedings Universitas Pamulang, 1(1)(4),59–79.

http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/Proceedings/article/view/2168

Wahyuningtyas, D. P. (2018). Optimalisasi Personal Awareness Anak Usia Dini Melalui “The 7

Habits.” Aṭfālunā: Journal of Islamic Early Childhood Education, 1(2), 36–46.

https://doi.org/10.32505/atfaluna.v1i2.861

Wulandari, R., Ichsan, B., & Romadhon, Y. A. (2017). Perbedaan Perkembangan Sosial Anak

Usia 3-6 Tahun Dengan Pendidikan Usia Dini Dan Tanpa Pendidikan Usia Dini Di

Kecamatan Peterongan Jombang. Biomedika, 8(1), 47–53.

https://doi.org/10.23917/biomedika.v8i1.2900

Yansyah, Y., Hamidah, J., & Ariani, L. (2021). Pengembangan Big Book Storytelling Dwibahasa

untuk Meningkatkan Literasi Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia

Dini, 6(3), 1449–1460. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1779

Zahro, M. F., Fiorentisa, I. F., & Fatini, A. (2020). Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini Melalui

Metode Bercerita dengan Boneka Tangan. PRESCHOOL: Jurnal Pendidikan Anak Usia

Dini, 1(1), 14–21. https://doi.org/10.35719/preschool.v1i1.2




DOI: https://doi.org/10.26877/jp3.v8i1.13181

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




JP3 (Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik) telah terindeks pada:

       

 

Creative Commons License

JP3 (Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik) by LPP Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.upgris.ac.id/index.php/jp3.