KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA SISWA KELAS IV SDN MOJODEMAK 01 KABUPATEN DEMAK

Reza Asri Lestari, Rahmat Rais, Siti Patonah

Abstract


Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah kemampuan berbicara siswa pada mata pelajaran bahasa indonesia masih tergolong rendah, di bawah KKM yang ditentukan yaitu 70. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan model role playing terhadap aspek kemampuan berbicara siswa kelas IV SDN Mojodemak 01. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan fokus penelitian satu kelas eksperimen yaitu menggunakan desain penelitian Pre- Experimental Design One-Group Pretest- Posttest Design. Jadi dapat disimpulkan bahwa model role playing mempunyai efek yang signifikan. Selain itu terdapat dari hasil tes kemampuan berbicara siswa setelah diberi perlakuan diperoleh sebesar 81,82%. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah supaya model pembelajaran role playing dapat menjadi salah satu referensi dan dapat digunakan guru dalam mengajar.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26877/jp3.v8i2.14396

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




JP3 (Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik) telah terindeks pada:

   

 

Creative Commons License

JP3 (Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik) by LPP Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.upgris.ac.id/index.php/jp3.