PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA YANG DITINJAU DARI POTENSI STEAM PADA MATERI EKOSISTEM DI SMA PGRI 2 KAYEN PATI

Siti Rohmah, Fenny Roshayanti

Abstract


Kurikulum merdeka merupakan kurikulum dengan pembelajaran intrakulikuler yang beragam dimana konten akan lebih optimal agar peserta didik memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi. Penerapan kurikulum merdeka dapat didukung dengan pendekatan STEAM untuk mempermudah pemahaman peserta didik secara menyeluruh. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan profil penerapan kurikulum merdeka yang ditinjau dari potensi STEAM pada materi ekosistem kelas X di SMA PGRI 2 Kayen Pati. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas X9 dan X11 serta guru biologi yang mengajar di kelas X9 dan X11. Pengambilan sampling  dengan teknik Pusposive Sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah lembar observasi, lembar wawancara, angket dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah metode yang dikemukakan oleh Miles Huberman dan teknik keabsahan data menggunakan triangulasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sekolah SMA PGRI 2 Kayen Pati telah menerapkan kurikulum merdeka berbasis pendekatan STEAM pada pembelajaran biologi materi ekosistem.


Keywords


Kurikulum Merdeka; Pembelajaran Biologi; STEAM

Full Text:

PDF

References


Adlina, N. (2022). Inovasi Pembelajaran di Masa Pandemi COVID-19 dengan Pendekatan STEAM di Era Society 5.0. JURNAL SYNTAX IMPERATIF : Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 2(6), 120. https://doi.org/10.36418/syntax-imperatif.v2i6.134

Angga, A., Suryana, C., Nurwahidah, I., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Komparasi Implementasi Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar Kabupaten Garut. Jurnal Basicedu, 6(4), 5877–5889. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3149

Anggraena, Y., Felicia, N., G, D. E., Pratiwi, I., Utama, B., Alhapip, L., & Widiaswati, D. (2021). Kajian Akademik Kurikulum Untuk Pemulihan Pembelajaran. In Pusat Kurikulum dan Pembelajaran Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. https://repositori.kemdikbud.go.id/20029/1/Buku Merdeka Belajar 2020.pdf

Hidayat, R., & Patras, Y. E. (2013). Evaluasi Sistem Pendidikan Nasional Indonesia. International Seminar on Quality and Affordable Education (ISQAE), 2, 79–88.

Huberman, M. B. M. & A. M. (2009). ANALISIS DATA KUALITATIF. Universitas Indonesia (UI-Press)

Hutabarat, H., Elindra, R., & Harahap, M. S. (2022). Analisis Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Di Sma Negeri Sekota Padangsidimpuan. Jurnal MathEdu (Mathematic Education Journal), 5(3), 58–69. http://journal.ipts.ac.id/index.php/

Irawan, B., Oprasmani, E., & Fernando, A. (2022). Pelatihan Penerapan Pendekatan STEAM dalam Pembelajaran Biologi bagi MGMP Biologi Kota Tanjungpinang. Jurnal Anugerah, 3(2), 69–75. https://doi.org/10.31629/anugerah.v3i2.3881

Lince, L. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka untuk Meningkatkan Motivasi Belajar pada Sekolah Menengah Kejuruan Pusat Keunggulan. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan IAIM Sinjai, 1(1), 38–49. https://doi.org/10.47435/sentikjar.v1i0.829

Naufal, M. A. (2022). investigasi persepsi mahasiswa calon guru matematika terhadap penerapan pembelajaran STEAM di sekolah. 11, 129–140.

Nikmatin Mabsutsah, & Yushardi, Y. (2022). Analisis Kebutuhan Guru terhadap E Module Berbasis STEAM dan Kurikulum Merdeka pada Materi Pemanasan Global. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(2), 205–213. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i2.588

Rahmadana, A., & Agnesa, O. S. (2022). Deskripsi Implementasi Steam (Science, Technology, Enginering, Art, Mathematic) dan Integrasi Aspek “Art” Steam pada Pembelajaran Biologi SMA. JOTE: Journal on Teacher Education, 4(1), 190–201.

Rifai, M. (2022). J m m (mudima). 2(8), 3469–3474.

Rosmana, P. S., Iskandar, S., Fatimah, F. S., Aprillionita, R., Arfaiza, S. A., & Hamidah, W. (2022). Penerapan Kurikulum Prototype pada Masa Pandemi Covid-19. Fondatia, 6(1), 62–75. https://doi.org/10.36088/fondatia.v6i1.1706

Santaria, R. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Proses Pengajaran bagi Guru dan Siswa Pendahuluan. 3(2), 289–295.

Santoso, G., Damayanti, A., Murod, M., & Imawati, S. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka melalui Literasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Pendidikan Transformatif (Jupetra), 02(01), 84–90. https://jupetra.org/index.php/jpt/article/view/127/35

Sartono, N., Suryanda, A., Ahmad, T. L. S., Zubaidah, Z., & Yulisnaeni, Y. (2020). Implemetasi STEAM dalam Pembelajaran Biologi: Upaya Pemberdayaan Guru Biologi Madrasah Aliyah DKI Jakarta. BAKTIMAS : Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(1), 7–14. https://doi.org/10.32672/btm.v2i1.2099

Siahaan, M. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan. 1(1), 1–3.




DOI: https://doi.org/10.26877/jp3.v9i2.17917

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JP3 (Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik) telah terindeks pada:

       

 

Creative Commons License

JP3 (Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik) by LPP Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.upgris.ac.id/index.php/jp3.