Upaya Peningkatan Hasil Belajar Dan Minat Belajar Melalui Model Examples Non Examples Pada Pembelajaran Daring Peserta Didik Kelas IV SD Negeri Keblukan Tahun Pelajaran 2020/2021
Abstract
Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, serta analisis dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Keblukan Kecamatan Kaloran Kabupaten Temanggung dengan subjek penelitian adalah 12 siswa yang terdiri dari 3 putra dan 9 putri. Data yang diambil berupa hasil tes akhir siklus, hasil observasi dan dokumentasi. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah apabila dalam kelas 85% atau lebih dari jumlah siswamemperoleh nilai rata-rata 75 dan rata-rata aktivitas siswa adalah 75% atau lebih dari jumlah siswa dalam kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui nilai peserta didik meningkat dari siklus I ke siklus II baik nilai rata-rata, ketuntasan klasikal, ketuntasan Peserta didik dan data Peserta didik yang tuntas maupun belum tuntas. Dengan nilai rata-rata pada siklus I yaitu 63,56 dan siklus II yaitu 83,9. Sedangkan persentase ketuntasan belajar pada siklus I yaitu 41% menjadi 83% pada siklus II dan meningkat pada siklus III menjadi 100%. Hasil dari minat peserta didik pada siklus 1 sebesar 49,78% meningkat pada siklus II sebesar 89,78%, dan meningkat kembali pada siklus III menjadi 93,5% sehingga dapat diartikan bahwa pembelajaran daring menggunakan model Examples non examples dapat meningkatkan hasil dan minat belajar siswa.
Kata Kunci: hasil belajar, minat belajar, Model Examples non Examples, Pembelajaran DaringFull Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.26877/jp3.v6i1.7283
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JP3 (Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik) telah terindeks pada:
JP3 (Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik) by LPP Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.upgris.ac.id/index.php/jp3.