Upaya Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Pada Peserta Didik Kelas II Dalam Pembelajaran Daring Tematik Melalui Media Belajar Power Point Interaktif

Novita Kumalasari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan media belajar power point interaktif dalam meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar Tematik peserta didik kelas II SD Kristen 03 Eben Haezer. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus, masing-masing siklus 1 kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah peserta didik kelas II SD Kristen 03 Eben Haezer Salatiga, tahun 2020/2021 yang berjumlah 26 peserta didik. Pelaksanaan tahap-tahap penelitian sedikit berbeda dari pembelajaran dalam kelas karena pembelajaran dilakukan secara daring atau peserta didik berada dirumah masing-masing. Penerapan media belajar power point untuk kelas II SD Kristen 03 dapat menigkatkan motivasi belajar peserta didik. Hal ini tampak pada hasil siklus I 75,18 dengan kategori cukup, kemudian di siklus II ada peningkatan motivasi belajar dengan hasil 80,0. Penerapan media belajar power point dapat meningkatkan juga hasil belajar peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian, pada siklus I diperoleh nilai rata-rata hasil belajar peserta didik 75,45 dengan kategori cukup. Sedangkan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata hasil belajar peserta didik 93,0  dengan katagori tinggi. Dengan demikian penelitian dapat disimpulkan bahwa media belajar power point dapat meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran daring pada pembelajaran Tematik.

 

Kata Kunci: Motivasi, Hasil Belajar, Power point interaktif

 

 

Abstract

This study purposes to know the implementation of interactive power point in increasing student’s motivation and the result of student’s learning in Tematik lesson in SD Kristen 03 Eben Haezer. This research is a Classroom Action Research (CAR) consists of two cycles. Each cycle once meeting. In each cycle consists of plan, action, observasion and reflection.The subject of this research is the two grade students of SD Kristen 03 Eben Haezer Salatiga, in academic year 2020/2021 consists of 26 students. The implementation of the stages of research is slightly different from classroom learning because online learning or students are at home.The implementation of interactive power point as learning media for class II in SD Kristen 03 Eben Haezer has increases student’s learning motivation. It can be showed by scoring 75,18 on cyclus I with sufficient category, then become 80.0 on cyclus II. The implementation of interactive power point as learning media for class II also increases the result of students’s learning process.Based on the research, the average point of sudent’s result learning is 75,45 in sufficient categoryon cyclus I. While on cyclus II, the average point of student’s result learning become 93,0 in high category. Thus the study can be concluded that learning media based on interactive power point can improve student’s motivation and student’s learning result in Tematik lesson on online learning.

 

Keywords: Learning motivation, result of learning, and interactive power point


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26877/jp3.v6i2.7313

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




JP3 (Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik) telah terindeks pada:

       

 

Creative Commons License

JP3 (Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik) by LPP Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.upgris.ac.id/index.php/jp3.