Penerapan Model Problem Based Learning dengan Media Daring Zoom Meet dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Gangguan Pada Organ Peredaran Darah Manusia di kelas 5 tema 4 SDN Pengkol 2 Sragen Tahun Pelajaran 2020/ 2021
Abstract
Latar belakang penelitian adalah adanya masalah yang dihadapi guru: (1)Rendahnya hasil belajar siswa dalam Tema 4 Sehat itu Penting, (2) siswa kurang aktif. Penyebabnya adalah Penggunaan metode/model pembelajaran yang kurang tepat. Rumusan Permasalahannya adalah Bagaimanakah penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dengan zoom meeting dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada Tema 4 Subtema 2 Kelas V SD Negeri Pengkol 2?
Penelitian ini bertujuan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas V SD Negeri Pengkol 2 yang berjumlah 11 siswa yang terdiri dari 7 laki-laki dan 4 perempuan.
Data hasil belajar pada siswa Kelas V diperoleh melalui Penilaian Pengetahuan dan Keterampilan, lembar observasi. Hasil penelitian dapat dilihat dari peningkatan yang signifikan dari kondisi siklus I, siklus II, siklus III. Hasil siklus I yang mencapai KKM sebanyak 36, 36% dengan rata-rata kelas 63,64 , siklus II KKM mencapai 90% dengan rata-rata kelas 90,90 dan siklus III KKM 100% dengan nilai rata-rata 94,55.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa dengan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatan hasil belajar siswa Kelas V SD Negeri Pengkol 2 Kecamatan Tanon Kabupaten Sragen
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.26877/jp3.v6i1.7337
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JP3 (Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik) telah terindeks pada:
JP3 (Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik) by LPP Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.upgris.ac.id/index.php/jp3.