Inovasi media pembelajaran matematika interaktif berbasis google sites pada materi statistika VIII SMP

Reki Krido Waseso, Putri Fitriasari, Asnurul Isroqmi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran matematika interaktif berbasis google sites pada materi statistika kelas VIII SMP yang valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Media diuji cobakan kepada peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 15 Palembang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, angket validasi, angket respon peserta didik, dan tes hasil belajar. Tingkat kevalidan setelah dinilai oleh tiga validator yakni dua dosen dan satu pendidik mendapatkan skor sebesar 94,7% sehingga dikategorikan sangat layak (valid). Tingkat kepraktisan setelah diuji cobakan kepada peserta didik mendapat skor jawaban “ya” sebesar 95,90% sehingga dikategorikan sangat praktis. Dan berdasarkan hasil tes belajar peserta didik setelah menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis google sites memperoleh skor sebesar 79,57 sehingga dikategorikan efektif.

Kata kunci: media pembelajaran interaktif; google sites; statistika


Full Text:

PDF

References


Adzkiya, Dilla Safira, dan Maman Suryaman. 2021. “Penggunaan Media Pembelajaran Google Site Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Kelas V SD.” Educate Jurnal Teknologi Pendidikan 6 (2): 1–7.

Akbar, Amin, dan Nia Noviani. 2019. “Tantangan Dan Solusi Dalam Perkembangan Teknologi Pendidikan Di Indonesia.” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang 2 (1): 18–25.

Annisa, Ayu Rizki, Aminuddin Prahatama Putra, dan Dharmono Dharmono. 2020. “Kepraktisan Media Pembelajaran Daya Antibakteri Ekstrak Buah Sawo Berbasis Macromedia Flash.” Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains 11 (1): 72.

Aswardi, Elfizon, dan Doly Andhika Putra. 2018. “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik Dan Elektronika Di SMK Muhammadiyah Padang,” no. Seminar Nasional Asosiasi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Indonesia: 1–6.

Darussalam, Andi. 2015. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Interaktif (Blog) Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Mata Pelajaran Pemasaran Online Sub Kompetensi Dasar Merancang Website (Studi Pada Siswa Kelas X Tata Niaga SMK Negeri 2 Nganjuk).” Jurnal Pendidikan Tata Niaga 3 (2): 1–7.

Dewi, Neni Citra. 2020. “Pengembangan E-Learning Berbasis Google Sites Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa.” Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan 10 (1): 210–16.

Fitriasari, P, D Octaria, and N Sari. 2020. “Creativity of Mathematics Education Students in Producing Instructional Media-Based on Macromedia Flash through Blended Learning Creativity of Mathematics Education Students in Producing Instructional Media-Based on Macromedia Flash through Blended Learni.” Journal of Physics: Conference Series.

Jubaidah, Siti, dan M. Rizki Zulkarnain. 2020. “Penggunaan Google Sites Pada Pembelajaran Matematika Materi Pola Bilangan SMP Kelas VIII SMPN 1 Astambul.” Lentera: Jurnal Pendidikan 15 (2): 68–73.

Karimah, Annisa, Rusdi Rusdi, dan M Fachruddin. 2017. “Efektifitas Media Pembelajaran Matematika Menggunakan Software Animasi Berbasis Multimedia Interaktif Model Tutorial Pada Materi Garis Dan Sudut Untuk Siswa SMP/Mts Kelas VII.” Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS) 1 (1): 9–13.

Kintoko, and Bakhtiar Rifai. 2017. “Problem-Based Interactive Media on Circle’S Tangent By Using Adobe Flash Cs6.” Daya Matematis: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika 5 (3): 399–407.

Kustandi, Cecep, dan Daddy Darmawan. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Lestari, Sudarsri. 2018. “Peran Teknologi Dalam Pendidikan Di Era Globalisasi.” Edureligia; Jurnal Pendidikan Agama Islam 2 (2): 94–100.

Pradilasari, Lia, Abdul Gani, dan Ibnu Khaldun. 2019. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Pada Materi Koloid Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa SMA.” Jurnal Pendidikan Sains Indonesia 7 (1): 9–15.

Samura, Asri Ode. 2015. “Penggunaan Media Dalam Pembelajaran Matematika Dan Manfaatnya.” Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika 4 (1): 69–79.

Simanjuntak, Harlen, Bakti toni Endaryono, dan Balyan. 2020. “Bakti Peran Teknologi Informasi Dalam Proses Kegiatan Belajar Mengajar Di Sekolah Dasar.” Inventa 4 (1): 1–10.

Taufiq, Irham, Istiqomah, dan Rikani. 2021. “Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Google Sites Pada Materi Sistem Persamaan Lnier Tiga Variabel ( SPLTV ).” Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika (6th SENATIK) Program Studi Pendidikan Matematika FPMIPATI-Universitas PGRI Semarang, 54–61.




DOI: https://doi.org/10.26877/aks.v13i2.12018

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika is licensed under a  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Indexed by:

    

 

                 

 

Copyright of AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

 

 

View Aksioma Stats