Analisis kemampuan literasi matematika dalam pemecahan masalah pisa konten quantity ditinjau dari gaya belajar siswa

Setyowati Setyowati

Abstract


Kemampuan literasi matematika siswa di Indonesia masih rendah. Salah satu faktor yang mempengaruhi capaian literasi matematika siswa adalah gaya belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan literasi siswa kelas VIII dalam memecahkan masalah PISA matematika yang dipelajari dari gaya belajar. Kemampuan literasi siswa dalam memecahkan soal PISA kuantitas konten pada gaya belajar visual, audiotorial dan kinestetik. Ada 3 dalam proses literasi matematika yaitu merumuskan situasi secara matematis, menggunakan konsep, fakta, tahapan prosedur dan penalaran matematika, penerapan, dan penerapan hasil matematika.Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 01 Gabus yang menggunakan tujuan teknik yang diperoleh 2 subjek visual, audiotorial, dan kinestetik yang terpilih dari angket gaya belajar. penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Instrumen dalam penelitian ini adalah angket gaya belajar, tes literasi matematika, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi pengumpulan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksa keabsahan data menggunakan triangulasi sumber.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Siswa visual memiliki kemampuan literasi matematika yang baik, mampu memenuhi indikator yang ada pada 3 tahapan proses literasi matematika pada soal level 2, 6 dan 4, (2) Siswa audiotorial memiliki kemampuan literasi matematika cukup baik , kurang mampu memenuhi beberapa indikator dari 3 tahapan proses literasi matematika pada level 2, 6, dan 4, (3) Siswa gaya kinestetik memiliki kemampuan literasi matematika kurang baik,

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26877/aks.v13i2.12253

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika is licensed under a  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Indexed by:

    

 

                 

 

Copyright of AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

 

 

View Aksioma Stats