PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS MACROMEDIA FLASH BERBANTU SOFTWARE CABRI 3D DENGAN PENDEKATAN BRAIN BASED LEARNING PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR

Try Yuni Palupi

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan media pembelajaran yang kurang menarik dan kurang inovatif. Dengan adanya media pembelajaran yang kreatif dan inovatif dapat menumbuhkan keaktifan dan ketertarikan siswa dalam pelajaran.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan multimedia interaktif berbasis Macromedia Flash berbantu software Cabri 3D dengan pendekatan Brain Based Learning yang layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran matematika pada materi bangun ruang sisi datar.
Jenis penelitian yang digunakan termasuk dalam penelitian Research and Development dengan menggunakan model prosedural dari ADDIE. Sebelum diujicobakan, terlebih dahulu dilakukan uji validasi oleh ahli media dan ahli materi. Selain itu digunakan juga angket tanggapan siswa mengenai media tersebut.
Hasil dari validasi ahli materi berkriteria sangat baik, ahli media berkriteria baik, dan angket siswa berkriteria sangat baik. Jadi multimedia interaktif tersebut valid untuk diujicobakan. Kemudian, hasil uji coba lapangan menunjukkan thitung > ttabel yaitu 2,68 > 1,67 maka, hipotesis H0 ditolak, kemudian dilihat dari hasil tes evaluasi nilai rata-rata pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol masing-masing adalah 85,2 dan 80,22.
Dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar peserta didik yang menggunakan multimedia interaktif berbasis Macromedia Flash berbantu software Cabri 3D dengan pendekatan Brain Based Learning pada materi bangun ruang sisi datar lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26877/aks.v7i2.1421

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika is licensed under a  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Indexed by:

    

 

                 

 

Copyright of AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

 

 

View Aksioma Stats