Deskripsi Learning Loss pada Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik SMK pasca COVID 19
Abstract
Setelah pandemi COVID-19 berakhir, hampir semua sekolah sudah mulai melakukan pembelajaran tatap muka kembali pasca pembelajaran jarak jauh sebelumnya. Banyak peserta didik mengalami learning loss yang diakibatkan oleh pembelajaran jarak jauh yang belum sesuai. Salah satu kemampuan akademis dalam menangani masalah matematika dilihat berdasarkan kemampuan peserta yang terganggu saat mengalami learning loss. Penelitian ini menggunakan standar kemampuan matematika berdasarkan pola bilangan dan rubrik dengan 4 indicator yaitu pengenalan masalah, perencanaan solusi, penyelesaian masalah yang berhasil, dan tinjauan retrospektif, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan learning loss yang dialami peserta didik SMK kelas X. Penelitian yang dilakukan menggunakan wawancara dan deskripsi kuantitatif. Kemampuan dalam memecahkan masalah matematika oleh peserta didik dievaluasi dan diurutkan tiga kategori yaitu tinggi, sedang, dan rendah. 4 peserta didik ditempatkan dalam kelompok tinggi, 28 peserta didik ditempatkan dalam kategori sedang, serta 2 peserta didik ditempatkan dalam kategori rendah. Ketidakberhasilan dalam belajar bukan hanya masalah bagi mereka yang berada dalam kelompok sosial ekonomi rendah, tetapi juga juga mempengaruhi peserta didik kelas menengah, dan bahkan dapat mempengaruhi mereka yang berada di tinggi. Peserta didik SMK menunjukkan kinerja yang hampir sama dengan yang diharapkan dalam hal kemampuan mereka dalam menangani masalah matematika, dan diharapkan para tenaga pendidik dapat mengatasi learning loss yang akan diderita oleh peserta didik mereka sebagai akibat dari mulainya kelas offline setelah COVID-19.
Full Text:
PDFReferences
Ambarwati, L., & Trisnawati, N. (2021). Keefektifan Pembelajaran Jarak Jauh bagi Siswa pada Mata Pelajaran Korespondensi. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 14(2), 158–170. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v14i1.39564
Azwar, S. (2012). Penyusunan Skala Psikologi. Pustaka Pelajar.
Bidzan-Bluma, I., & Lipowska, M. (2018). Physical activity and cognitive functioning of children: A systematic review. In International Journal of Environmental Research and Public Health (Vol. 15, Issue 4). MDPI AG. https://doi.org/10.3390/ijerph15040800
Firma Ningsih Dian Primasari, I. (2021). Kendala Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Secara Online Selama Masa Pandemik Covid-19 di Sekolah Dasar. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 5(1).
Harmey, S., & Moss, G. (2021). Learning disruption or learning loss: using evidence from unplanned closures to inform returning to school after COVID-19. In Educational Review. Routledge. https://doi.org/10.1080/00131911.2021.1966389
Juliya, M. , & H. Y. T. (2021). ANALISIS PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN DARING. Genta Mulia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, XII(1), 281–294.
Kementrian Kesehatan RI. (2020). Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Coronavirus Disease. Direktorat Jenderal Pencegahan Dan Pengendalian Penyakit, 1–135.
Lonn, S., & Teasley, S. D. (2009). Saving time or innovating practice: Investigating perceptions and uses of Learning Management Systems. Computers and Education, 53(3), 686–694. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2009.04.008
Mariam, S., Nurmala, N., Nurdianti, D., Rustyani, N., Desi, A., Hidayat, W., Siliwangi, I., Terusan, J., Sudirman, J., Tengah, C., Cimahi, K., & Barat, J. (2019). ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA MTsN DENGAN MENGGUNAKAN METODE OPEN ENDED DI BANDUNG BARAT. 3(1), 178–186.
Mawaddah, S., & Anisah, H. (2015). KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF (GENERATIVE LEARNING) DI SMP (Vol. 3, Issue 2).
Muthmainnah, A., & Rohmah, S. (2022). LEARNING LOSS: ANALISIS PEMBELAJARAN JARAK JAUH. Jurnal Kewarganegaraan, 6(1).
Noviantari, I. (2021). Analisis Learning Loss Kemampuan Literasi Statis Mahasiswa. In Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia (Vol. 06, Issue 03). https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr
Nurhasanah, D. S., & Luritawaty, I. P. (2021). Model Pembelajaran REACT Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. In PLUSMINUS: Jurnal Pendidikan Matematika (Vol. 1, Issue 1).
Putra, B. M. (n.d.). THE EFFECT OF LEARNING LOSS ON STUDENT’S COGNITIVE DEVELOPMENT DURING PANDEMIC OF COVID-19. https://www.researchgate.net/publication/357577206
Sofyana, L. , & R. A. (2019). Pembelajaran Daring Kombinasi berbasis Whatsapp pada Kelas Karyawan Prodi Teknik Informatika Universitas PGRI Madiun. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI), 8(1), 81.
Soland, J., Tarasawa, B., Johnson, A., Ruzek, E., Liu, J., Nwea, M. K., Angela, N., & Nwea, J. (n.d.). Projecting the potential impacts of COVID-19 school closures on academic achievement. https://doi.org/10.26300/cdrv-yw05
Sumarmo, U. (1994). Suatu Alternatif untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika pada Guru dan Siswa SMP.
Todd, A., & Romine, W. (2018). The learning loss effect in genetics: What ideas do students retain or lose after instruction? CBE Life Sciences Education, 17(4). https://doi.org/10.1187/cbe.16-10-0310
Yuliana. (2020). WELLNESS AND HEALTHY MAGAZINE Corona virus diseases (Covid. 2(1),
DOI: https://doi.org/10.26877/aks.v14i1.14964
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Indexed by:
Copyright of AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika