DESAIN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA PEMBELAJARAN STATISTIK MATEMATIKA
Abstract
Masalah yang ingin diteliti dalam penelitian ini adalah bagaimanakah rancangan pendekatan kontekstual pada pembelajaran statistik matematika? Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk merancang/mendesain pendekatan kontekstual pada pembelajaran statistik matematika. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development/R&D). Pada penelitian ini baru disajikan tahapan yang pertama yaitu perancangan model pembelajaran yaitu penyusunan kegiatan-kegiatan pembelajaran statistik matematika dengan menggunakan pendekatan kontekstual. Langkah-langkah pendekatan kontekstual pada pembelajaran Statistik Matematika ada tujuh prinsip yaitu 1) Konstruktivisme/Constructivism; 2) Menemukan/Inqury; 3) Bertanya/Questioning; 4) Masyarakat Belajar/ Learning Comunity; 5) Pemodelan/Modelling; 6) Refleksi/Reflection; dan 7) Penilaian Sebenarnya/Authentic Assesment. Setelah diadakan ujicoba, untuk mengetahui efektifitas pendekatan yang dihasilkan perlu dilakukan penerapan pendekatan di kelas.
Kata kunci: Pendekatan Kontekstual, Statistik Matematika
Full Text:
PDFReferences
Eka, Karunia Lestari dan Mokhammad Ridwan Yudhanegara. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Kerawang: Refika Aditama.
Nanang Hanafiah dan Cucu Suhana. (2012). Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama.
Hasibuan, Idrus. (2014). Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching And Learning). Jurnal Logaritma Vol. II No. 01, Januari 2014. http://jurnal.iainpadangsidimpuan.ac.id/index.php/LGR/article/download/214/195
Khotimah, Rita P dan Masduki. (2015). Desain Pembelajaran Persamaan Diferensial Melalui Pendekatan Kontekstual. Jurnal Varia Pendidikan Vol. 27 No. 1, hal 1-9 Juni 2015. http://jarlitbangnov,bappeda.jatengprov-go.id/index.php?ref=publication&mod=doc&id
Rahman, Auliya A, Armiati, dan Yusmet Rizal. (2012). Implementasi CTL Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 1 No. 1 Hal 24-29. http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/pmat/article/download/1139/831
Rusman. (2011). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Press.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Triyanto. (2007). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.
Ullya, Zulkardi dan Ratu Ilma I P. 2010. Desain Bahan Ajar Penjumlahan Pecahan Berbasis Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 23 Indralaya. Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 4 No. 2, Desember 2010. http://eprints.unsri.ac.id/846/1/7_ullya_86-96.pdf
DOI: https://doi.org/10.26877/aks.v8i1.1504
Refbacks
- There are currently no refbacks.
AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Indexed by:
Copyright of AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika