Pengaruh model tutor sebaya terhadap motivasi belajar dan kemampuan pemecahan masalah matematika sekolah dasar

Khansarana Anasthalia C

Abstract


Pemecahan masalah adalah proses daya pikir seseorang dengan adanya perlakuan melalui beberapa proses untuk menyelesaikan. masalah Penelitian ini memiliki tujuan agar dapat mengetahui apakah ada pengaruh dari model tutor sebaya terhadap motivasi yang memicu keinginan belajar serta kemampuan pola pikir pemecahan masalah pada jenjang siswa Sekolah Dasar tepatnya mengacu pada kelas IV. Penelitian ini terlaksana menggunakan komponen desain post-test only control group design yang mana termasuk kategori quasi experiment sebagai jenisnya. Sampel penelitian adalah siswa kelas IV SDN MUSTIKA JAYA V BEKASI yang dipilih melalui teknik stratified random sampling dengan jumlah siswa sebanyak 50 orang. Tes instrumen dan angket menjadi alat yang digunakan sebagai teknik pengumpulan data. Analisis data diujikan secara deskriptif melalui uji independent sample t-test. Adapun dengan adanya penelitian ini disarankan tenaga pendidik untuk mengaplikasikan model tutor sebaya pada pembelajaran matematika.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26877/aks.v14i3.16156

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika is licensed under a  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Indexed by:

    

 

                 

 

Copyright of AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

 

 

View Aksioma Stats