To make it easier to verify articles, prospective authors are requested to attach a cellphone number or contact our admin number when creating an account.
Pengaruh model tutor sebaya terhadap motivasi belajar dan kemampuan pemecahan masalah matematika sekolah dasar
Khansarana Anasthalia C
Abstract
Pemecahan masalah adalah proses daya pikir seseorang dengan adanya perlakuan melalui beberapa proses untuk menyelesaikan. masalah Penelitian ini memiliki tujuan agar dapat mengetahui apakah ada pengaruh dari model tutor sebaya terhadap motivasi yang memicu keinginan belajar serta kemampuan pola pikir pemecahan masalah pada jenjang siswa Sekolah Dasar tepatnya mengacu pada kelas IV. Penelitian ini terlaksana menggunakan komponen desain post-test only control group design yang mana termasuk kategori quasi experiment sebagai jenisnya. Sampel penelitian adalah siswa kelas IV SDN MUSTIKA JAYA V BEKASI yang dipilih melalui teknik stratified random sampling dengan jumlah siswa sebanyak 50 orang. Tes instrumen dan angket menjadi alat yang digunakan sebagai teknik pengumpulan data. Analisis data diujikan secara deskriptif melalui uji independent sample t-test. Adapun dengan adanya penelitian ini disarankan tenaga pendidik untuk mengaplikasikan model tutor sebaya pada pembelajaran matematika.