Pengaruh Kecemasan Matematika Terhadap Kemampuan Literasi Matematis dan Kemampuan Pemecahan Masalah

Elma Wahyuni

Abstract


Riset berikut merupakan studi sosiologi dengan pendekatan multi-metode yang bertujuan untuk mengeksplorasi dampak matematika terhadap pemahaman matematika dan stres terhadap kemampuan pemecahan masalah. Riset berikut dilakukan pada Tahun Pelajaran 2023 dengan sampel referensi yang dipilih menggunakan teknik cluster random sampling dengan margin of error sebesar 5%. Instrumen yang digunakan terdiri dari Kuesioner Kecemasan Matematis serta Tes Literasi Matematis dan Pemecahan Masalah. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode Structural Equation Modeling (SEM) dengan tingkat signifikansi sebesar 5%. Temuan riset berikut dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Terdapat korelasi negatif yang signifikan antara kecemasan matematika dan pemahaman matematika, ditunjukkan oleh skor CR -12.288≤-1.967 dengan signifikansi 0.000≤0.05. (2) Hubungan negatif juga terlihat antara kecemasan matematika dan kemampuan pemecahan masalah, dengan nilai C.R -8.384≤-1.967 dan tingkat signifikansi sebesar 0.017≤0.05. (3) Sebaliknya, terdapat hubungan positif yang signifikan antara pemahaman matematika dan kemampuan pemecahan masalah, dengan nilai C.R 21.293≥1.967 dan tingkat signifikansi 0.000≤0.05

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26877/aks.v15i1.17443

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika is licensed under a  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Indexed by:

    

 

                 

 

Copyright of AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

 

 

View Aksioma Stats