Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tutor Sebaya
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran kooperatif tipe tutor sebaya pada peserta didik kelas IX.2 SMP Negeri 3 Palembang. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (classroom action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah peserta didik kelas IX.2 SMP Negeri 3 Palembang. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analisis didapatkan bahwa hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan dari pra siklus, siklus I sampai siklus II yaitu, pra siklus (51,43%), siklus I (65,71%), dan siklus II (88,57%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa model pembelajaran kooperatif tipe tutor sebaya berpengaruh positif terhadap hasil belajar Peserta didik SMP Negeri 3 Palembang, serta metode pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran matematika.
Kata Kunci: Matematika, Kooperatif tipe Tutor Sebaya
Full Text:
PDFReferences
Depdikbud. 2004. Pedoman Perpustakaan Perguruan Tinggi. Jakarta : Departemen Pendidikan dan Kebudayaan
Ibrahim. 2009. Manajemen Peningkatan Mutu Sekolah Dasar: Dari Sentralisasi Menuju Desentralisasi. Indonesia, Jakarta: Bumi Aksara
Sagala, Syaiful. 2009. Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan. Bandung: Alfabeta
Sagala, Syaiful. 2010. Konsep dan Makna Pembelajaran. Alfabeta : Bandung
Siregar, Eveline dan Hartini Nara. 2010.Teori Belajar dan Pembelajaran.Bogor:Ghalia Indonesia
Sudjana, Nana. 1999. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Roesdakarya
Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif–Progresif : Konsep, Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP. Jakarta : Kencana Prenada Media Group
Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif- Progesif. Jakarta : Kencana.
Wina Sanjaya. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana Prenada Media.
DOI: https://doi.org/10.26877/aks.v9i2.2839
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Indexed by:
Copyright of AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika