Strategi pembelajaran elaborasi pada materi barisan dan deret bagi mahasiswa

Ranti Kurniasih, Erlyka Setyaningsih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh desain pembelajaran dengan strategi elaborasi dan cara menerapkan pembelajaran dengan strategi elaborasi pada konsep barisan dan deret bagi  mahasiswa semester I Program Studi Manajemen Perusahaan Universitas Muhammadiyah Ponorogo tahun ajaran 2019/2020. Dalam proses pembelajaran ini, mahasiswa diberi kesempatan untuk melakukan orientasi, interpretasi, dan memberikan kesimpulan dari pembelajaran yang telah dilakukan. Pada tahap orientasi antara dosen dengan mahasiswa aktif berkomunikasi dalam menentukan arah untuk menyelesaikan permasalahan yang dihadapi. Pada tahap interpretasi, mahasiswa mengkaji masalah yang diberikan melalui kegiatan analisis, diskusi, tanya jawab. Pada akhir pembelajaran, mahasiswa membuat kesimpulan dari apa yang telah mereka dapatkan selama pembelajaran.

Pembelajaran dengan strategi elaborasi yang dapat membangun pemahaman konsep konsep barisan dan deret pada mahasiswa semester I kelas B Program Studi Manajemen Perusahaan Universitas Muhammadiyah Ponorogo tahun ajaran 2019/2020 terdiri dari tahap: (1) memberikan orientasi tentang pembelajaran yang akan dilaksanakan, (2) menyampaikan topik dan tujuan pembelajaran, (3) dengan tanya jawab memberi motivasi dan apersepsi mahasiswa, (4) dosen melakukan orientasi kepada mahasiswa dengan memberikan permasalahan yang terkait pengenalan konsep barisan dan deret, (5) mahasiswa melakukan interpretasi dengan berdiskusi dengan temannya dalam menyelesaikan masalah yang diberikan, (6) mahasiswa mempresentasikan hasil kerja yang diperolehnya, (7) mahasiswa saling memberikan orientasi dengan melakukan tanya jawab berdasarkan hasil yang diperolehnya, (8) dosen memberikan orientasi kepada mahasiswa untuk mengklarifikasi masalah yang muncul, (9) mahasiswa membuat kesimpulan terhadap materi yang telah dipelajari, (10) mahasiswa mengerjakan tugas akhir yang diberikan.

Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa bentuk pembelajaran yang dikembangkan dalam penelitian ini berhasil sebagai bentuk pembelajaran yang dapat membangun kemampuan analisis matematika mahasiswa tentang barisan dan deret serta penerapannya dalam ekonomi dan bisnis


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Aqib. Z. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Widya.

Bartle, R.G & Sherbert, D.R. 2000. Introduction to Real Analysis. New York.

Bogdan, R.C & Biken, S.K. 1998. Qualitatif Research in Education : An Intruduction to Theori and Methods. Third Edition. Boston: Allyn and Baccon.

Borich, G.D. 1988. Effective Teaching Method. Columbus: Merril Publishing Company.

Brooks, J.G & Brooks,M.G.1993. In Searchof Understanding: The Chase for Contructivist Classroom. Alexandria: ASCD.

Budiningsih, C.A. 2008. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Dahar, R.W. 1988. Teori-Teori Belajar. Jakarta: Dirjen DIKTI.

Degeng. I.N.S. 1997. Strategi Pembelajaran Mengorganisasikan Isi dan Model Elaborasi. Malang: IKIP Malang.

Hadi, S. 2005. Pendidikan Matematika Realistik. Banjarmasin:Tulip

Hamalik. O. 2009. Pendekatan Baru Strategi Belajar Mengajar Berdasarkan CBSA. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Hopkins, D. 1985. A Teacher’s Guide to Classroom Research. London: Open University Press

Hudojo, H. 1988. Mengajar BelajarMatematika. Jakarta: Depdikbud P2LPTK.

Hudojo, H. 2001. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: UM Press.

Hudojo, H. 2003. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas negeri Malang

Hudojo, H. 2005. Kapita Selekta Pembelajaran Matematika. Malang: UM Press.

Iskandar, S.M. 2001. Penerapan Konstruktivisme Dalam Pembelajaran Kimia di SMU. Media Komunikasi Kimia. No.2 (5) hal 1-12

Iskandar, S.M. 2004. Strategi Pembelajaran Konstruktivistik dalam Kimia. Malang: FMIPA UM

Lawson, A.E. 1995. Science Teaching and The Development of Thingking. California: International Thomson Publishing.

Leithold, L. 1986. Kalkulus dan Ilmu Ukur Analitik, Jilid 1 edisi kelima. Alih bahasa: Drs. E. Hutahaean. Erlangga. Jakarta.

Lorsbach, A.W. 2002. The Learning Cycle as a tool for Planing Science Instruction. Online. http://www.Coe.ilstu.edu/scienceed/lorsbach/257lrcy.html

Machmud, T. 2001, Implementasi PAM untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Program Liniear, Tesis (tidak diterbitkan), Malang, PPS-UM.

Moleong. 2005. Metodologi Peneltian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Musser, GL. & Bruger, W.F. 1994. Mathematics for Elementary Teachers: A Contemporary Approach, Third Edition. New York: MacMillan Publishing Company, Inc.

Nasution, S. 1982. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar, Jakarta, Bina Aksara

NCTM,2000. Principles And Standards For School Mathematic, New York, the NCTM Inc.

Nur, M. 2001. Realistic Mathematics Education (Makalah pada Pelatihan Calon Pelatih SLTP tanggal 21 Juni s.d 6 Juli di Surabaya). Direktorat SLTP, Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah, Depdiknas, Jakarta.

Nurhadi. 2004. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK. Malang: UM Press.

Orton, A. 1992. Learning Mathematics: Issues, Theory, and Practice. Great Britain: Redwood Books.

Ormord. 2006. Strategi Pengajaran Pembelajaran Sains. http://www.bpkpenabur.or.id/jurnal/05/063-071.pdf, diakses 10 Juli 2009.

Purcell,V. 1999. Kalkulus dan Geometri Analitis, Jilid 1 edisi keempat. Alih bahasa: Drs. I Nyoman Susila, M.Sc, dkk. Erlangga. Jakarta.

Ruseffendi.E.T. 1980. Pengajaran Matematika Modern untuk Orang Tua Murid, Guru dan SPG, Bandung, Tarsito.

Sagala,S. 2008. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung, Alfabeta

Soebagio. 2001. Penggunaan Daur Belajar Untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran Konsep Sel Elektrolisis pada siswa Kelas II SMU Negeri 2 Jombang. Media Komunikasi Kimia. No.1 (5) hal (49-57)

Sunardi. 2000. Hubungan Antara Usia, Tingkat Berfikir dan Kemampuan Siswa dalam Geometri. Dalam prosiding Seminar Nasional Matematika. Surabaya: Institut Tehnologi Sepuluh November Surabaya.

Suparno,P. 1997. Filsafat Konstruktivisme dalam Pendidikan. Yogyakarta, Karnisius.

Wardani, I.G.A.K., dkk. 2003. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Pusat penerbitan Universitas Terbuka

Wena, M. 2008. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Malang, Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.26877/aks.v11i2.5819

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika is licensed under a  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Indexed by:

    

 

                 

 

Copyright of AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

 

 

View Aksioma Stats