Hubungan pembelajaran berbasis e-learning menggunakan aplikasi Google Classroom dengan prestasi belajar matematika
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan pembelajaran berbasis e-learning menggunakan aplikasi google classroom dengan prestasi belajar matematika siswa. Subyek penelitian adalah siswa kelas X TKR 5 SMK Muhammadiyah 3 Karanganyar tahun pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 38 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket dan dokumentasi. Pengujian data dilakukan dengan menggunakan instrumen angket penggunaan google classroom dan nilai ulangan harian. Pada analis data uji prasyarat untuk uji normalitas menggunkan metode kolmogorov-smirnov diperoleh hasil Lhitung = 0,933 dengan angka signifikan 5% maka berditribusi normal, uji homogenitas menggunakan uji F dengan hasil Fhitung = 2,290 dan Ftabel= 4,11, karena Fhitung < Ftabel maka homogen dan uji linieritas diperoleh Y= 37,878980495+ 0,960802642X yang berarti berarah positif. Pada pengujian hipotesis dimulai dari uji korelasional product moment diperoleh rxy = 0,4194 dan rtabel = 0,2709. Berdasarkan perhitungan dapat disimpulkan bahwa rhitung lebih besar dari rtabel yang berarti menandakan bahwa terdapat hubungan yang cukup antar variabel. Sedangkan dari uji koefisien determinasi nilai koefisien determinasi sebesar 0,1759. Artinya 17,59% prestasi belajar siswa terealisasi oleh variabel penggunaan google clssroom. Karena r ≠ 0 maka kesimpulan dalam penelitian ini adalah ada hubungan pembelajaran berbasis e-learning menggunakan aplikasi google classroom dengan prestasi belajar matematika siswa kelas X TKR 5 SMK Muhammadiyah 3 Karanganyar tahun pelajaran 2019/2020.
Kata Kunci: E-Learning; Google Classroom; Prestasi belajar
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsini. 2013. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Budiyono. 2017. Statistika Untuk Penelitian. Surakarta: UNS Press.
Depdiknas. 2003. Undang-undang RI nomor 20 tentang sistem pendidikan nasional. Jakarta: Depdiknas
Ernawati. 2018. Pengaruh Penggunaan Google Classroom Terhadap Kualitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI di MAN 1 Kota Tanggerang. Skripsi. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah
Farahsanti, Isna., dan Exacta, Annisa Prima. 2016. Pendekatan Pembelajaran Kognitif dengan Media Flash Swishmax pada Pembelajaran Matematika SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika. 2(2).
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
Refbacks
- pembelajaran matematika menggunakan google classroom
- pembelajaran matematika menggunakan google classroom
- pembelajaran matematika menggunakan google classroom
- pembelajaran matematika menggunakan google classroom
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Indexed by:
Copyright of AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika