Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi segiempat dan segitiga
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa materi segiempat dan segitiga berdasarkan tahapan Polya. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII J SMPN 1 Kotabaru Tahun Ajaran 2019/2020, yang dikelompokan menjadi 3 kategori yakni tinggi dengan Skor ≥ Mean + 1 SD, kategori sedang M – 1 SD ≤ Skor < M + 1 SD, dan kategori rendah dengan Skor < M – 1 SD. instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kategori kemampuan tinggi sudah mampu memecahkan masalah yang diberikan, tetapi kurang teliti dalam menuliskan kesimpulan dari solusi yang diinginkan serta kurang teliti dalam menuliskan satuan. Siswa kategori kemampuan sedang belum mampu memecahkan masalah yang diberikan karena hanya mampu memahami masalah dan merencanakan penyelesaian, siswa mengalami kesulitan dalam melakukan proses perhitungan/komputasi serta kurang teliti saat mengerjakan. Siswa kategori kemampuan rendah belum mampu memecahkan masalah yang diberikan karena siswa mengalami kesulitan dalam memahami masalah, sehingga tidak mampu melakukan tahapan selanjutnya.
Full Text:
PDFReferences
Agustina, T. (2018). Analisis Kesalahan Dalam Mengerjakan Soal Cerita Tentang Keliling Dan Luas Bangun Datar. Jurnal Ibtida’i, 5(1), 115–132. Diakses dari http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/ibtidai/article/view/1325
Amaliah, F., & Sutirna. (2019). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Materi Luas dan Volume Kubus Balok. Sesiomadika 2019, Diselenggarakan oleh Prodi Pendidikan Matematika, UNSIKA, 16 Desember 2019 (hal. 194–199). Karawang: UNSIKA. Diakses dari https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2389
Arikunto, S. (2018). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara.
Atiqoh, K. S. N. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Pada Materi Pokok Bangun Ruang Sisi Datar. ALGORITMA Journal of Mathematics Education, 1(1), 63–73. Diakses dari http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/algoritma/article/view/11687
Fauziyyah, D. (2017). Analisis Kesulitan Siswa Kelas V dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah. Membangun Generasi Emas 2045 Yang Berkarakter Dan Melek IT Dan Pelatihan Berpikir Suprarasional, Diselenggarakan oleh FPMIPA, UPI, 20-21 Desember (hal. 119–129). Sumedang: UPI Sumedang Press. Diakses dari https://play.google.com/books/reader?id=h09KDwAAQBAJ&hl=id&printsec=frontcover&pg=GBS.PP1
Irawan, I. P. E., Suharta, I. G. P., & Suparta, I. N. (2016). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika: Pengetahuan Awal, Apresiasi Matematika, Dan Kecerdasan Logis Matematis. Preranan MIPA dan Pendidikan MIPA yang Inovatif dan Bermuatan Kearifan Lokal dalam Memperkuat Jati Diri dan Daya Saing Bngsa, Diselenggarakan oleh FMIPA, Undiksha, Agustus 2016 (hal. 69–73). Singaradja: Undiksha Press. Diakses dari https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/semnasmipa/article/view/10185
Kemendikbud. (2014). Permendikbud No. 58 Tahun 2014. Kurikulum 2013 SMP.
Mairing, J. P. (2017). Thinking Process of Naive Problem Solvers to Solve Mathematical Problems. International Education Studies, 10(1), 1-11. https://doi.org/10.5539/ies.v10n1p1
Mairing, Jackson Pasini, and Henry Aritonang. 2018. “Penyelesaian Masalah Matematika Berakhir Terbuka Pada Siswa SMA.” FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika 4(1):61. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/fbc/article/view/2469/2405
NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. The National Council of Teachers of Mathematics, Inc.
Permatawati, Lathifah, and Karyati. 2019. “Pengaruh Pendekatan Model - Eliciting Activities Pembelajaran Matematika SMA Berorientasi Pada Kemampuan Penalaran, Pemecahan Masalah, Dan Self - Efficacy (Thesis).” Universitas Negeri Yogyakarta.
Polya, G. (1973). How to Solve IT. A New Aspect of Mathematical Method. Princeton University Press.
Putra, H. D., Thahiram, N. F., Ganiati, M., & Nuryana, D. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi Bangun Ruang. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 6(2), 82-90. https://doi.org/10.25273/jipm.v6i2.2007
Roebyanto, Gunawan, and Sri Harmini. 2017. Pemecahan Masalah Matematika Untuk PGSD. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Ruhyana. (2016). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Computech & Bisnis, 10(2), 106–118. Diakses dari http://jurnal.stmik-mi.ac.id/index.php/jcb/article/view/151
Saputri, R. A. (2019). Analisis Pemecahan Masalah Soal Cerita Materi Perbandingan Ditinjau Dari Aspek Merencanakan Polya. Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan, 3(1), 21–38. Diakses dari http://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/wacanaakademika/article/download/3267/2335
Sihombing, M. K. S., & Lintang, S. (2016). Menggunakan Strategi Pengambilan Sudut Pandang Yang Berbeda. Reforming Pedagogy, Diselenggarakan oleh FKIP, USD, 24 Novemper 2016 (hal. 241–247). Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma Press. Diakses dari https://www.usd.ac.id/seminar/snrp2016/
Sumiati, A., & Agustini, Y. (2020). Analisis Kesulitan Menyelesaikan Soal Segiempat dan Segitiga Siswa SMP Kelas VIII di Cianjur. Jurnal Pendidikan Matematika, 04(01), 321–330. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i1.184
Trisniawati. (2017). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Tingkat Sekolah Dasar di Kotamadya Yogyakarta. SCIENCE TECH: Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi, 3(1), 1–10. https://doi.org/10.30738/SCIENCE TECH.V3I1.1135
DOI: https://doi.org/10.26877/aks.v12i1.7202
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Indexed by:
Copyright of AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika