PENGARUH MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION PADA KONSEP PENCEMARAN TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH

Lesy Luzyawati

Abstract


ABSTRACT

The study aims to determine the effect of Problem Based Instruction learning model on the concept of pollution to the problem solving ability of high school students. This research is a kind of quantitative research. Population in this research is student of class X SMA Negeri 1 Lohbener. Cluster random sampling technique was taken by two classes and obtained by X-MIPA 4 students as experiment class by using Problem Based Instruction and X-MIPA 2 as control class by using discussion method. The instrument used is in the form of five essay questions in accordance with the problem-solving indicator that is restricted to the C3-C5 cognitive domain that has been tested for its validity and reliability. After a different treatment, each posttest is given. Based on the result of the research, the average value of experimental class is 72.25 and the control class average 58.95. Then by using t test, obtained tcount = 4.092> ttabel = 1.680. Based on hypothesis testing can be stated that Ho is rejected. So that the problem-based instruction model influences student's problem solving abilities. Keywords: pollution, problem based instruction, and problem solving ability.  

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Problem Based Instruction pada konsep pencemaran terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa SMA. Bentuk penelitian eksperimen berdesain postest only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Lohbener. Teknik pengambilan sampel secara cluster random sampling diambil dua kelas dan didapatkan siswa kelas X–MIPA 4 sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Instruction. Instrumen yang digunakan adalah berupa lima soal essai sesuai dengan indikator pemecahan masalah yang dibatasi pada ranah kognitif C3-C5 yang telah diuji validitas dan reabilitasnya. Setelah dilakukan perlakuan yang berbeda, masing-masing diberikan posttes. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 72,25 dan rata-rata kelas kontrol 58,95. Kemudian dengan menggunakan uji t, diperoleh thitung=4,092 > ttabel=1,680, maka H0diterima. Disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Instruction berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa.

 

Kata Kunci: pencemaran, problem based instruction, dan kemampuan pemecahan masalah.

Full Text:

pdf PDF


DOI: https://doi.org/10.26877/bioma.v7i1.2540

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


slot gacor thailand situs toto

situs judi bola

macau303

togel 4d

slot toto

Fenomena Scatter Hitam Kenapa Banyak Yang Mencarinya Bongkar Rahasia Scatter Hitam Auto Hadiah Besar Trik Ampuh Memancing Scatter Hitam Dengan Mudah Scatter Hitam Muncul Tanda Hoki Sedang Memihak Cara Jitu Menangkap Scatter Hitam Dengan Tepat Kenapa Scatter Hitam Disebut Kunci Kemenangan Besar Prediksi Scatter Hitam Hari Ini Wajib Coba Scatter Hitam Sudah Turun Saatnya Panennya Besar Fakta Menarik Tentang Scatter Hitam Yang Harus Diketahui Sensasi Scatter Hitam Apa Benar Bisa Bikin Saldo Meledak Sensasi Baru Mahjong Ways 2 Dengan Trik Menang Terbukti Bongkar Rahasia Mahjong Ways 2 Bisa Jadi Jalan Ninja Auto Profit Main Mahjong Ways 2 Dengan Cara Unik Dijamin Seru Dan Menguntungkan Metode Baru Di Mahjong Ways 2 Yang Bisa Bikin Pengguna Untung Besar Temukan Cara Main Mahjong Ways 2 Yang Bikin Saldo Naik Cepat Petir Zeus Di Gates Of Olympus Bisa Jadi Kunci Kejutan Besar Temukan Trik Rahasia Gates Of Olympus Untuk Hasil Maksimal Modus Baru Di Gates Of Olympus Bisa Bikin Hasil Lebih Mantap Cara Main Gates Of Olympus Yang Bisa Bikin Hasil Lebih Epic Fenomena Gates Of Olympus Dengan Polanya Yang Lagi Viral