EFEKTIFITAS PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERVISI ?óÔé¼?ØREST?óÔé¼?Ø (RELIGION, ENVIRONMENT, SCIENCE, AND TECHNOLOGY) DAN BERPENDEKATAN BIOENTREPRENEURSHIP TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA BIOLOGI

Eko Retno Mulyaningrum

Abstract


THE EFFECTIVENESS OF DEVELOPING REST (RELIGION, ENVIRONMENT, SOCIETY, TECHNOLOGY) LESSON PLAN AND BIOENTREPRENEURSHIP APPROACH TO THE BIOLOGY STUDENTS?óÔé¼Ôäó LEARNING OUTCOME

ABSTRACT

The aim of this study was to develop an instructional instrument for Biology based on Religion, Environment, Society, and Technology (REST). It employed a bioentrepreneurship approach, discribed students?óÔé¼Ôäó learning outcome while they attending in the subject of enviromental pollutions, which was a part of the enviromental science. The subjects for this research were the second semester students at PGRI Semarang University, Biology Education Department. This research used a Research & Development method. The learning outcomes of the subjects in the experimental group on the materials given were higher than those in the control group. The REST-based instructional instrument, helped by the bioentrepreneurship approach, consisted of lesson plan, lectured contracts, modules,?é?á students?óÔé¼Ôäó work sheets, and instrument evaluation could be applied for pollution material, subject of environmental knowledge.

?é?á

Keywords: Instructional instrument, REST (Religion, Environment, Science and Technology), Bioentrepreneurship, Environmental Knowledge.

?é?á

ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan dan menguji efektivitas produk perangkat pembelajaran terhadap prestasi belajar mahasiswa melalui pembelajaran bervisi REST (Religion, Environment, Science, and Technology). Penelitian ini menggunakan pendekatan Bioentrepreneurship untuk mengetahui hasil pembelajaran mahasiswa dalam materi pencemaran lingkungan pada perkuliahan Pengetahuan Lingkungan. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa semester II Jurusan Pendidikan Biologi Universitas PGRI Semarang. Metode penelitiannya menggunakan Research & Development. Hasil pembelajaran di kelompok eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok kontrol. Kesimpulannya adalah bahwa perangkat pembelajaran berbasis REST dan berpendekatan bioentrepreneurship, terdiri dari rencana pembelajaran, bahan ajar, lembar kegiatan mahasiswa, dan soal evaluasi efektif untuk digunakan pada perkuliahan Pengetahuan Lingkungan materi Pencemaran Lingkungan.

?é?á

Kata kunci: Perangkat pembelajaran, REST (Religion, Environment, Science and Technology), Bioentrepreneurship, Pengetahuan Lingkungan

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26877/bioma.v3i2,%20Oktober.641

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


slot gacor thailand situs toto

situs judi bola

macau303

togel 4d

slot toto

Fenomena Scatter Hitam Kenapa Banyak Yang Mencarinya Bongkar Rahasia Scatter Hitam Auto Hadiah Besar Trik Ampuh Memancing Scatter Hitam Dengan Mudah Scatter Hitam Muncul Tanda Hoki Sedang Memihak Cara Jitu Menangkap Scatter Hitam Dengan Tepat Kenapa Scatter Hitam Disebut Kunci Kemenangan Besar Prediksi Scatter Hitam Hari Ini Wajib Coba Scatter Hitam Sudah Turun Saatnya Panennya Besar Fakta Menarik Tentang Scatter Hitam Yang Harus Diketahui Sensasi Scatter Hitam Apa Benar Bisa Bikin Saldo Meledak Sensasi Baru Mahjong Ways 2 Dengan Trik Menang Terbukti Bongkar Rahasia Mahjong Ways 2 Bisa Jadi Jalan Ninja Auto Profit Main Mahjong Ways 2 Dengan Cara Unik Dijamin Seru Dan Menguntungkan Metode Baru Di Mahjong Ways 2 Yang Bisa Bikin Pengguna Untung Besar Temukan Cara Main Mahjong Ways 2 Yang Bikin Saldo Naik Cepat Petir Zeus Di Gates Of Olympus Bisa Jadi Kunci Kejutan Besar Temukan Trik Rahasia Gates Of Olympus Untuk Hasil Maksimal Modus Baru Di Gates Of Olympus Bisa Bikin Hasil Lebih Mantap Cara Main Gates Of Olympus Yang Bisa Bikin Hasil Lebih Epic Fenomena Gates Of Olympus Dengan Polanya Yang Lagi Viral