PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DAN GROUP INVESTIGATION (GI) PADA MATERI POKOK EKOSISTEM DITINJAU DARI SIKAP PEDULI LINGKUNGAN SISWA

Lussana Rossita Dewi

Abstract


STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) and GROUP INVESTIGATION (GI) LEARNINGS in ECOSYSTEM SUBJECT EVALUATED FROM ENVIRONMENTAL ATTITUDE

?é?á

ABSTRACT

The aims of this research are to know : (1) The difference of student?óÔé¼Ôäós achievement learn on ecosystem subject between student who learn with cooperative method learning STAD and student who learn with cooperative learning GI, (2) The effect of low, middle, and high environmental attitude towards the student?óÔé¼Ôäós achievement learn on ecosystem subject, (3) The interaction between usage of cooperative method learning STAD and GI with environmental attitude towards the student?óÔé¼Ôäós achievement learn in ecosystem subject. This research?óÔé¼Ôäós subjects were students of class 10th in SMAN 3 Sukoharjo

This research used factorial design 2x3 anava with different cell frequency. According to the result of this research, it shows that: (1) Usage STAD learning?óÔé¼Ôäós method produces better student?óÔé¼Ôäós achievement learn than GI learning?óÔé¼Ôäós method. (2) Environmental attitude influence the student?óÔé¼Ôäós achievement learn. (3) There is no interaction between the use of learning method and environmental attitude towards the student?óÔé¼Ôäós achievement learn.

Key word : STAD, GI, environmental attitude

?é?á

ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) perbedaan prestasi siswa belajar pada subjek ekosistem antara siswa yang belajar dengan metode pembelajaran kooperatif STAD dan siswa yang belajar dengan pembelajaran kooperatif GI, (2) Pengaruh rendah, menengah, dan sikap lingkungan yang tinggi terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekosistem, (3) interaksi antara penggunaan metode pembelajaran kooperatif STAD dan GI dengan sikap lingkungan terhadap prestasi siswa pelajari dalam pelajaran ekosistem. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 3 Sukoharjo.

Penelitian ini menggunakan desain faktorial 2x3 anava dengan frekuensi sel yang berbeda. Berdasarkan hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa: (1) Penggunaan metode pembelajaran STAD yang menghasilkan prestasi belajar siswa lebih baik kita belajar dari metode pembelajaran GI itu. (2) sikap lingkungan mempengaruhi prestasi siswa belajar. (3) Tidak ada interaksi antara penggunaan metode pembelajaran dan sikap lingkungan terhadap prestasi siswa belajar.

Kata kunci: STAD, GI, sikap lingkungan


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26877/bioma.v3i1,%20April.654

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


slot gacor thailand situs toto

situs judi bola

macau303

togel 4d

slot toto

Fenomena Scatter Hitam Kenapa Banyak Yang Mencarinya Bongkar Rahasia Scatter Hitam Auto Hadiah Besar Trik Ampuh Memancing Scatter Hitam Dengan Mudah Scatter Hitam Muncul Tanda Hoki Sedang Memihak Cara Jitu Menangkap Scatter Hitam Dengan Tepat Kenapa Scatter Hitam Disebut Kunci Kemenangan Besar Prediksi Scatter Hitam Hari Ini Wajib Coba Scatter Hitam Sudah Turun Saatnya Panennya Besar Fakta Menarik Tentang Scatter Hitam Yang Harus Diketahui Sensasi Scatter Hitam Apa Benar Bisa Bikin Saldo Meledak Sensasi Baru Mahjong Ways 2 Dengan Trik Menang Terbukti Bongkar Rahasia Mahjong Ways 2 Bisa Jadi Jalan Ninja Auto Profit Main Mahjong Ways 2 Dengan Cara Unik Dijamin Seru Dan Menguntungkan Metode Baru Di Mahjong Ways 2 Yang Bisa Bikin Pengguna Untung Besar Temukan Cara Main Mahjong Ways 2 Yang Bikin Saldo Naik Cepat Petir Zeus Di Gates Of Olympus Bisa Jadi Kunci Kejutan Besar Temukan Trik Rahasia Gates Of Olympus Untuk Hasil Maksimal Modus Baru Di Gates Of Olympus Bisa Bikin Hasil Lebih Mantap Cara Main Gates Of Olympus Yang Bisa Bikin Hasil Lebih Epic Fenomena Gates Of Olympus Dengan Polanya Yang Lagi Viral