Hubungan kemampuan awal, pemahaman konsep, dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran daring di SMAN Sumatera Selatan
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan kemampuan awal, pemahaman konsep dan hasil belajar siswa kelas XI dalam pembelajaran daring di SMAN Sumatera Selatan. Penelitian deskriptif kuantitatif ini menggunakan uji Pearson product moment. Subjek penelitian yang digunakan berjumlah 74 orang siswa diseluruh kelas XI Science. Instrumen penelitian yang digunakan berupa wawancara dan lembar tes. Data dianalisis menggunakan uji normalitas dan uji korelasi Pearson. Hasil penelitian menunjukkan (1) terdapat hubungan yang signifikan antara kemampuan awal terhadap hasil belajar siswa dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan koefisien korelasi sebesar 0,884 > 0,05 (2) terdapat hubungan yang signifikan antara pemahaman konsep terhadap hasil belajar siswa dengan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05 dan koefisien korelasi sebesar 0,648 > 0,05 (3) Terdapat hubungan yang signifikan antara kemampuan awal dan pemahaman konsep secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05.
Kata kunci: hasil belajar; kemampuan awal; dan pemahaman konsep
ABSTRACT
Relationship analysis of prior knowledge, concept understanding, and the result of student study in online learning at SMAN South Sumatera
This study aims to analyze the relationship between prior knowledge, concept understanding and the result of student study grade of XI in online learning at SMAN South Sumatera. This quantitative descriptive research uses the Pearson product moment test. The sample used amounted to 74 students throughout grade of XI science. The research instrument used in the form of interviews and test sheets. Data were analyzed using normality test and correlation test. The results showed (1) there was a significant relationship between prior knowledge to the result of student study with a significant value of 0.000 < 0.05 and a correlation coefficient of 0.884 > 0.05 (2) there was a significant relationship between conceptual understanding and the result of student study with a significant value of 0.000 < 0.05 and a correlation coefficient of 0.648 > 0.05 (3) There is a significant relationship between prior knowledge and understanding of concepts together on the result of student study with a significance value of 0.000 < 0.05.
Keywords: the result of student study; prior knowledge, and concept understanding
Full Text:
PDFReferences
Ahmad, F. (2017). Pengaruh model pembelajaran dan kemampuan awal terhadap hasil belajar peserta didik dalam materi kimia Kelas XI IPA SMA 4 Makassar. Chemistry Education Review (CER), 1(1), 84. https://doi.org/10.26858/cer.v0i0.3882
Barron, B., & Chen, M. (2008). Teaching for meaningful learning: A review of research on inquiry-based and cooperative learning. In Powerful Learning: What We Know About Teaching for Understanding.
Fakhrah, F., Muhibbuddin, M., & Sarong, M. A. (2017). Peningkatan pemahaman konsep siswa materi pengklasifikasian Phylum Arthropoda melalui model pembelajaran langsung (direct instruction). BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan, 2(2), 93. https://doi.org/10.22373/biotik.v2i2.241
Hasrida, H. & Salempa, P. (2018). Pengaruh model pembelajaran dan kemampuan awal terhadap pemahaman konsep dan motivasi belajar peserta didik Kelas X SMA Negeri 1 Maniangpajo (Studi pada materi pokok larutan elektrolit dan nonelektrolit) [Universitas Negeri Makassar]. In Chemistry Education Review (CER) (Issue 1). https://doi.org/10.26858/cer.v0i1.5611
Herlina, H., & Loisa, J. (2020). Persepsi kemampuan pemahaman konsep matematika pada pembelajaran e-learning terhadap prestasi belajar. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 189. https://doi.org/10.36709/jpm.v11i2.12183
Hevriansyah, P., & Megawanti, P. (2017). Pengaruh kemampuan awal terhadap hasil belajar matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 2(1), 37. https://doi.org/10.30998/jkpm.v2i1.1893
Muhammad Yaumi. (2017). Prinsip-prinsip Desain Pembelajaran. Kencana Prenada Media Grup.
Purwati, S. (2017). Pengaruh kemampuan awal terhadap pemahaman konsep usaha dan energi. Prosiding SNFA (Seminar Nasional Fisika Dan Aplikasinya), 1, 100. https://doi.org/10.20961/prosidingsnfa.v1i0.4522
Shidik, M. A. (2019). Pengaruh kemampuan awal terhadap hasil belajar IPA Biologi peserta didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Kaledupa Kabupaten Wakatobi. Bio-Edu: Jurnal Pendidikan Biologi, 4(2), 79–86. https://doi.org/10.32938/jbe.v4i2.395
Sofyana, L., & Rozaq, A. (2019). Pembelajaran daring kombinasi berbasis whatsapp pada kelas karyawan Prodi Teknik Informatika Universitas Pgri Madiun. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI), 8(1), 81. https://doi.org/10.23887/janapati.v8i1.17204
Sugiyono. (2009). Statistik untuk Penelitian Kuantitatif. CV. Alfabeta.
Syah, R. H. (2020). Dampak Covid-19 pada pendidikan di Indonesia: Sekolah, keterampilan, dan proses pembelajaran. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(5), 396. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15314
DOI: https://doi.org/10.26877/bioma.v11i1.8425
Refbacks
- There are currently no refbacks.
toto macau
Toto Togel