ANALISIS PENGARUH TAYANGAN LAPTOP SI UNYIL TERHADAP KARAKTER ANAK SEKOLAH DASAR
Abstract
Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh dari tayangan Laptop Si Unyil terhadap karakter anak sekolah dasar. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan wawancara, pengamatan, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, diperoleh kesimpulan bahwa: (1) Adanya nilai karkter yang terkandung dalam tayangan Laptop Si Unyil (2) Adanya capaian implementasi nilai karaker siswa kelas V SD Negeri Brebes 01 setelah menonton Laptop Si Unyil episode “Merdeka dari Kita”. (3) Tayangan Laptop Si Unyil tidak hanya memberikan informasi yang bisa menambah wawasan anak-anak khususnya anak usia sekolah dasar, namun juga dapat memberi rasa senang karena terdapat aspek hiburan di dalam tayangan tersebut. Aspek hiburan yang dimaksudkan adalah karakter-karakter boneka Unyil dan teman-temannya yang diparodikan secara menarik dan tidak membosankan. Sesuai dengan hasil wawancara dengan guru kelas V SD Negeri Brebes 01, Ibu Sri Ariyani, S. Pd.SD. tayangan Laptop Si Unyil sangat layak ditonton oleh anak-anak.
Kata Kunci: Pengaruh, Laptop Si Unyil, Nilai KarakterFull Text:
PDFReferences
Abdullah, A., & Puspitasari, L. (2018). Media Televisi Di Era Internet. ProTVF, 2(1), 101.
Adi, Badjuri. (2010). Jurnalistik Televisi. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Anitah, Sri. (2012). Media Pembelajaran. Surakarta: Yuma Pustaka.
Annisa, F. (2019). Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Disiplin Pada Siswa Sekolah Dasar. Perspektif Pendidikan Dan Keguruan, 10(1), 69–74.
Ardianto & Erdinaya. (2004). Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Balitbang, Puskur. (2010). Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa Pedoman Sekolah. Jakarta: Kemdiknas Balitbang Puskur.
Damaledo, Yandri Daniel. (2014). Efek Media Program Acara Laptop Si Unyil di Trans 7 pada Siswa Sekolah Dasar (Studi Deskriptif Kualitatif Efek Media Program Acara Laptop Si Unyil Di Trans 7 Ditinjau Dari Sisi Edukasi Pada Siswa SD N Kledokan). Skripsi. Yogyakarta : Universitas Atma Jaya Yogyakarta.
Daryanto dan Suryatri Darmiyatun. (2013). Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Gaya Media.
Depdiknas. (2003). Undang-Undang RI No. 20. Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Hamzah, N. H., Khomaeny, E. F. F., & Ulfa, M. (2021). Tontonan anak di Televisi: Paradoks dan Kontestasi Nilai Tontonan Anak di Media Televisi Nasional. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1883–1893.
Imanda, T. (2014). Si Unyil Anak Indonesia. Antropologi Indonesia, 0(75), 44–53.
Indrastoeti, J. (2016). Penanaman Nilai-Nilai Karakter Melalui Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar. Proasding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan Inovasi Pembelajaran Berbasis Karakter Dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean, 284–292.
Iswantiningtyas, V., & Wulansari, W. (2018). Pentingnya Penilaian Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Proceedings of The ICECRS, 1(3), 197–204.
Kartono, Kartini. (1989). Psikologi Abnormal dan Abnormalitas Seksual. Bandung: PT. Mandar Maju.
Kuswita, H. (2014). Perencanaan dan Produksi Program Televisi Pendidikan di Televisi Edukasi. Komunikologi, 11.
Mahardini. (2010). Program Acara Anak Laptop Si Unyil Di Trans 7. Jurnal Capture, 2 (1).
Moelong, Lexy J. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). Bandung: Remaja Rosdakarya.
Samani, Muchlas, Hariyanto. (2013). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. (2014). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Alfabeta.
Sugiyono. (2015). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Alfabeta.
Wibowo, A. (2013). Pendidikan Karakter Berbasis Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Yayasan Pengembangan Media Anak. (2002). Kampanye TV Sehat. Pikiran Rakyat. http://www.pikiran-rakyat.com/index.php?mib=beritadetail&id=13602.
Gronlund, N.E. & Linn, R.L. (1990). Measurement and evaluation in teaching. (6thed.). New York: Macmillan.
Kho, T.H., Yeo, S.M., & Lim, J. (2009). The Singapore Model Method for Learning Mathematics. Singapore: EPB Pan Pacific.
Rahmawati, U., & Suryanto, S. (2014). Pengembangan model pembelajaran matematika berbasis masalah untuk siswa SMP. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(1), 88-97. Retrieved from http://journal.uny.ac.id/index.php/jrpm/article/view/2667
Retnawati, H. (2014). Teori respon butir dan penerapannya. Yogyakarta: Nuha Medika.
Simpol, N.S.H., Shahrill, M., Li, H.C., & Prahmana, R.C.I. (2017). Implementing thinking aloud pair and Pólya problem solving strategies in fractions. Journal of Physics Conference Series, 943(1), 012013.
Suyanto, S (2009). Keberhasilan sekolah dalam ujian nasional ditinjau dari organisasi belajar. Disertasi, tidak dipublikasikan. Universitas Negeri Jakarta.
DOI: https://doi.org/10.26877/cm.v2i1.18539
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Cerdas Mendidik
Copyright of Jurnal Cerdas Mendidik
Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas PGRI Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 - Dr. Cipto Semarang
Dr. Siti Patonah, M.Pd.
Phone. +62 81326274259
Email: [email protected]